Sukses

Makanan Enak untuk Jaga Kesehatan Jantung Anak

Makanan yang tepat dapat membantu memelihara kesehatan jantung anak. Apa saja makanan yang termasuk dalam kelompok ini? Cari tahu di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung kerap dianggap sebagai penyakit orang tua. Padahal, penyakit mematikan ini merupakan penyakit “pembunuh” yang paling mengintai segala lapisan masyarakat, tak peduli usia dan jenis kelaminnya. Ini berarti, penyakit jantung juga bisa menyerang anak Anda. Atas dasar itu, para orang tua sebaiknya selalu berupaya sekuat tenaga untuk menjaga kesehatan jantung anak sedini mungkin.

Salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk hal itu adalah memberikan anak beragam makanan yang terbukti mampu memelihara kesehatan jantung.

Apa saja makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung anak?

1. Oatmeal

Oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus mencegah pembuluh darah jantung tersumbat.

Jika si Kecil menolak untuk mengonsumsi bubur oatmeal yang terlihat pucat dan tak menarik, cobalah untuk mencampurkannya dengan potongan buah yang memiliki warna cerah, seperti aneka berry (ungu dan merah), pisang, alpukat, atau parutan cokelat hitam.

Selain menambah warna, mengubah bentuk, dan meningkatkan cita rasa, campuran tersebut juga membuat oatmeal semakin kaya akan kandungan serat, asam lemak omega-3, asam folat, dan kalium, yang kesemuanya baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Ikan salmon

Bila Anak ingin makan sesuatu yang berbentuk daging, ada baiknya bila Anda memilih ikan salmon. Itu karena ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, terutama pada jantung.

Menurut American Heart Association, ikan salmon dapat dikonsumsi sebanyak dua kali seminggu. Agar lebih sehat, pastikan ikan salmon tidak diolah dengan cara deep fry (digoreng dengan banyak minyak), tetapi dikukus, direbus, atau dipanggang.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung senyawa flavonoid (polifenol) yang bisa menstabilkan tekanan darah, dan menghindarkan buah hati Anda dari pembekuan darah nantinya.

Memang, cokelat hitam terasa lebih pahit. Namun, agar si Kecil tak menolaknya, Anda bisa memberikan secara bertahap. Misalnya, dari persenan kakao yang rendah terlebih dahulu, lalu yang persenannya sedang, hingga yang mengandung 60-70 persen kakao di dalamnya.

Perhatikan fakta nutrisi pada kemasan

Sering-seringlah membaca label nutrition facts pada makanan atau minuman kemasan yang Anda beli untuk si kecil. Tak ada salahnya juga untuk mengajarkan anak membaca label tersebut.

Setidaknya, ketahui dulu hal sederhana mengenai porsi. Bila disebutkan porsinya untuk beberapa orang, maka jangan berikan semuanya untuk anak meski dirinya memiliki nafsu makan yang tinggi.

Tak jarang orang tua ingin anaknya terlihat gemuk sebagai tanda bahwa dirinya sehat. Padahal, hal yang paling penting adalah berat badan ideal, bukan gemuk yang terkesan lucu dan menggemaskan.

Jangan lupa juga untuk menanamkan sejak dini kepada si Kecil bahwa minuman terbaik adalah air putih, bukan yang lainnya. Agar di kemudian hari, mereka memiliki pola pikir bahwa tak ada minuman lain yang sebaik air putih.

Seperti itulah kira-kira cara memelihara kesehatan jantung anak melalui makanan sehat. Sebagai orang tua, Anda juga bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter dan mencatat segala asupan yang perlu diberikan kepada buah hati agar kondisi kesehatannya terus terjaga dengan baik.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar