Kesehatan Anak

Makanan Enak untuk Jaga Kesehatan Jantung Anak

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 23 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kesehatan jantung perlu dijaga sejak dini, salah satunya lewat asupan sehat. Yuk, intip apa saja makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung anak!

Makanan Enak untuk Jaga Kesehatan Jantung Anak

Selama ini, penyakit jantung sering dianggap sebagai penyakit orang tua. Padahal, penyakit mematikan ini dapat menyerang sebagian besar lapisan masyarakat, tak terkecuali anak-anak.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan sejak dini. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung anak adalah melalui makanan. Pastikan Anda memenuhi asupan makanan untuk kesehatan jantung anak berikut ini:

1. Sayuran Hijau

Sayuran sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan seluruh tubuh. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, dan sawi sudah terkenal tinggi kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Secara khusus, sayuran hijau adalah sumber vitamin K yang baik, yang akan membantu melindungi pembuluh darah arteri Anda dan meningkatkan pembekuan darah.

Selain itu, sayuran tersebut tinggi akan nitrat yang telah terbukti untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Pilihan Minuman untuk Jaga Kesehatan Jantung Anda

Meski begitu, makanan sehat ini memang tak akan dengan mudah masuk ke dalam daftar makanan favorit si Kecil.

Namun, ada berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk mengakalinya, misalnya saja dengan mengkreasikan sayuran hijau bersama makanan lain yang tentunya menyehatkan dan disukai anak.

2. Biji-bijian Utuh

Makanan untuk kesehatan jantung anak berikutnya adalah biji-bijian utuh. Jenis biji-bijian yang sebaiknya dibiasakan untuk anak konsumsi, termasuk gandum utuh, beras merah, gandum, gandum hitam, barley, soba, dan quinoa.

Ketimbang biji-bijian olahan, biji-bijian ini memiliki serat yang lebih tinggi. Serat ini dapat membantu mengurangi kolesterol LDL yang jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Oatmeal

Sama dengan biji-bijian utuh lainnya, oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus mencegah pembuluh darah jantung tersumbat.

Akan tetapi, tampilan makanan yang sehat untuk jantung anak ini memang terlihat pucat dan tidak menarik sehingga wajar ketika si Kecil menolak untuk mengonsumsinya.

Untuk mengatasi hal tersebut cobalah untuk mencampurkan bubur oatmeal dengan potongan buah yang memiliki warna cerah, seperti aneka beri, pisang, alpukat, atau parutan cokelat hitam.

Selain menambah warna, mengubah bentuk, dan meningkatkan cita rasa, campuran tersebut juga membuat oatmeal semakin kaya akan kandungan serat, asam lemak omega-3, asam folat, dan kalium.

Seluruh kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah anak Anda.

Artikel Lainnya: Ingin Jantung Sehat? Ikuti Gaya Hidup Ini!

4. Buah Beri

Buah-buah beri, seperti stroberi, bluberi, beri hitam, dan raspberry penuh dengan nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan seperti anthocyanin menjadikan beri sebagai makanan untuk kesehatan jantung anak. Pasalnya, antioksidan ini dapat melindungi dari stres oksidatif dan inflamasi yang berkontribusi membentuk penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian, orang dewasa yang mengonsumsi minuman dari buah stroberi yang beku selama 8 minggu mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL) sebesar 11 persen.

Penelitian yang lain menemukan, mengonsumsi bluberi setiap hari mampu meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. Sel inilah yang membantu mengatur tekanan darah dan pembekuan darah.

5. Alpukat

Makanan untuk kesehatan jantung anak selanjutnya adalah alpukat. Hal ini tidak mengherankan mengingat alpukat dikenal memiliki sederet manfaat sehat untuk kesehatan.

Bagi kesehatan jantung, alpukat adalah sumber lemak monounsaturated yang baik. Selain itu, terdapat bukti bahwa buah ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Alpukat juga kaya akan kalium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Faktanya, sebutir alpukat dapat memberikan sebanyak 975 mg kalium atau sekitar 28 persen dari jumlah yang dibutuhkan per harinya.

Artikel Lainnya: Durasi Olahraga yang Tepat, Bikin Jantung Makin Sehat

6. Dark Chocolate (Cokelat Hitam)

Cokelat hitam mengandung senyawa flavonoid (polifenol) yang bisa menstabilkan tekanan darah, dan menghindarkan buah hati Anda dari pembekuan darah nantinya.

Memang, makanan yang sehat untuk jantung anak ini terasa lebih pahit jika dibandingkan dengan cokelat yang banyak dijual di pasaran. Nah, agar si Kecil tidak menolaknya, Anda bisa memberikannya secara bertahap.

Misalnya, sebagai permulaan berikan cokelat hitam dengan persenan kakao yang rendah terlebih dahulu, lalu yang persenannya sedang, hingga yang mengandung 60-70 persen kakao di dalamnya.

7. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, yakni salmon, makarel, sarden, dan tuna penuh dengan asam lemak omega-3. Kandungan inilah yang menjadikan ikan berlemak sebagai makanan untuk kesehatan jantung anak.

Jenis-jenis ikan di atas dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan total kolesterol, trigliserida darah, dan gula darah puasa. Bila tidak suka dengan ikan, minyak ikan dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan asam lemak omega-3.

Itulah beberapa pilihan makanan untuk kesehatan jantung anak. Pilihan makanan yang baik adalah makanan yang dapat diolah sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan bahan-bahan terbaik dan menghindari bahan tambahan, misalnya pengawet.

Selain itu, ingatlah bahwa prinsip dasar untuk memilih makanan yang baik untuk kesehatan anak, khususnya jantung adalah dengan memberikan contoh dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat sejak dini. Semoga bermanfaat!

[WA]

JantungAnak

Konsultasi Dokter Terkait