Sukses

5 Fakta Kesehatan yang Tak Lagi Bisa Anda Percaya

Seiring kemajuan zaman, Anda tidak bisa lagi percaya pada 5 fakta kesehatan di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Dunia medis semakin maju seiring berkembangnya zaman. Kondisi sekitar turut menjadi alasan penting mengapa fakta terbaru soal kesehatan semakin muncul ke permukaan. Tak sedikit pula fakta kesehatan yang tidak bisa Anda percaya saat ini, karena keadaan yang memang berubah.

Selama para peneliti terus mencari kebenaran akan suatu hal, Anda pasti akan menemukan berbagai perubahan, tak terkecuali di bidang medis dan kesehatan. Dilansir dari Reader’s Digest, ini 5 fakta kesehatan yang tak bisa lagi Anda percaya pada saat ini:

1. Vaksin berbahaya

Banyak yang bilang bahwa vaksin dapat memengaruhi kesehatan manusia, salah satunya menyebabkan autis. Faktanya, hal tersebut hanyalah mitos. Dengan kata lain, vaksin tidak menyebabkan autisme dan tak membuat Anda terinfeksi penyakit-penyakit tertentu.

Hal tersebut juga berlaku untuk suntikan flu. Apa yang disuntikkan adalah virus mati, jadi mustahil untuk terkena penyakit dari vaksin tersebut. Bahkan, vaksin yang mengandung virus hidup seperti vaksin MMR (campak, gondok, dan rubella) menggunakan bentuk mikroorganisme yang lemah sehingga aman bagi kebanyakan orang.

2. Hanya anak-anak yang bisa kena asma

Menurut data yang dipaparkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), asma justru lebih sering terjadi pada orang dewasa. Lembaga tersebut mengatakan bahwa sekitar 20 juta orang dewasa di Amerika mengidap asma, dimana kasus asma yang terjadi pada anak hanya sekitar 6 juta.

3. Anda bisa mendapatkan energi utuh dari protein

Protein mengisi dan menyediakan pasokan kalori yang stabil dan lambat terbakar. Namun, terlalu banyak pasokan protein (kalori) juga dapat meningkatkan keasaman dalam tubuh, menyebabkan terjadinya peradangan.

4. Kopi bikin dehidrasi

Kopi memang bisa bikin dehidrasi, akibat kandungan kafein yang ada di dalamnya. Namun, kopi bukanlah satu-satunya minuman yang bisa menyebabkan tubuh Anda kekurangan cairan. Minuman kafein jenis lain, misalnya teh, juga bisa menyebabkan dehidrasi.

5. Makan telur meningkatkan kolesterol

Kuning telur bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh hanya jika diolah dengan cara digoreng dan dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Jika Anda makan kuning telur rebus pada porsi yang tepat, yang didapat justru beragam manfaat sehat. Ini karena kuning telur mengandung banyak kandungan gizi, termasuk vitamin A, D, E, dan K, kalsium, zat besi, serta kolin.

Mulai saat ini, jangan pernah lagi menelan segala informasi yang Anda dapatkan di mana pun secara mentah-mentah. Lakukanlah riset lebih lanjut, dengan bertanya pada orang yang lebih ahli atau membaca berbagai sumber terpercaya yang berbeda-beda. Dengan begini, diharapkan Anda bisa mendapatkan fakta kesehatan yang sebenar-benarnya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar