Sukses

Aktivitas Fisik Ini Cocok bagi Anda yang Tak Sempat Olahraga

Bagi Anda yang tak punya cukup waktu untuk olahraga, berikut ini ide aktivitas fisik yang bisa dilakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Keterbatasan waktu menjadi salah satu kendala dalam melakukan aktivitas fisik. Sebab, sering kali pekerjaan memakan waktu yang cukup panjang, sehingga membuat Anda tidak memiliki kesempatan untuk menjaga kesehatan. Pada akhirnya, kondisi tersebut bisa menjadi alasan utama untuk tidak olahraga.

Tak heran, orang cenderung menggunakan beragam alasan – seperti kerja, keluarga atau pun tidak cukup punya waktu – untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Padahal, beraktivitas fisik sangat penting untuk menunjang kinerja dan performa sehari-hari.

Ide aktivitas fisik

Sesibuk apa pun Anda dalam bekerja, setidaknya luangkan waktu untuk berolahraga meski hanya 15-30 menit dalam sehari. Adapun berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan saat Anda memiliki keterbatasan waktu ataupun tidak memiliki waktu dalam kesehariannya, yaitu:

a. Joging di sekitar rumah

Lakukan aktivitas sederhana di pagi hari pada saat Anda bagun tidur, seperti berjalan ataupun joging kecil mengellilingi taman atau kompleks rumah, dengan intensitas interval yang di tentukan.

Misalnya, Anda bisa berjalan selama 2 menit (terhitung pemanasan pada otot kaki anda), kemudian berlari kecil ataupun joging selama 2- 5 menit. Selingi dengan berlari cepat selama 1 menit, lalu turun bertahap ke joging selama 2 menit dan terakhir berjalan sebagai penutup selama 2 menit.

b. Olahraga singkat sambil menunggu sarapan

Sembari menu sarapan dihidangkan di meja atau giliran mandi, Anda dapat melakukan olahraga fisik sederhana, seperti jumping jack (lompat dan tepuk tangan secara bersamaan selama 2 menit). Lalu push up (sekuatnya ataupun sebanyaknya dalam waktu satu menit).

Lanjutkan kemudian dengan squat ataupun sit up (dalam waktu yang sama selama satu menit). Masing masing dilakukan dengan pengulangan 2 kali setiap harinya. Aktivitas ini cukup untuk membakar lemak dan menciptakan energi positif sebelum Anda mulai bekerja setiap harinya.

c. Berjalan kaki menuju halte atau kantor

Cobalah untuk menyisipkan olahraga di setiap kegiatan yang Anda lakukan. Seperti halnya berjalan menuju angkutan, berjalan menuju kantor, atau pun bersepeda juga bisa.

d. Bekerja dengan berdiri

Lakukan aktivitas di sela-sela kerja Anda seperti berdiri pada saat melakukan kegiatan yang biasa dilakukan dengan duduk, seperti halnya mengetik dan menulis. Dengan berdiri, Anda juga dapat meningkatkan kinerja dan efektivitas dalam pekerjaan.

e. Gunakan tangga saat beraktivitas di gedung

Biasakan untuk menggunakan tangga dibandingkan menggunakan eskalator ataupun lift. Cara ini cukup efektif untuk membakar kalori dalam waktu yang singkat.

Selain menjalankan beberapa aktivitas sederhana di atas untuk menjalankan kegiatan sehari-hari, yang tidak kalah penting adalah menerapkan pola makan yang sehat. Waktu tidur yang cukup juga menjadi komponen utama yang Anda butuhkan untuk dapat bergerak aktif.

Dengan melakukan berbagai aktivitas fisik di atas, meski Anda tak punya cukup waktu untuk olahraga, tubuh Anda bisa tetap bugar dan sehat. Tapi ingat, tetap imbangi dengan asupan yang bergizi tinggi dan minum air yang cukup, ya.

 

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar