Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatDiabetesAmankah Konsumsi Kecap Manis untuk Diabetes?
Diabetes

Amankah Konsumsi Kecap Manis untuk Diabetes?

Nimas Mita Etika, 11 Jan 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penderita diabetes harus mengonsumsi makanan rendah gula. Namun, jika ingin makan kecap manis, apakah boleh?

Amankah Konsumsi Kecap Manis untuk Diabetes?

Menjalankan pola makan sehat adalah satu hal penting yang harus dilakukan orang dengan diabetes. Diabetesi dianjurkan untuk membatasi makanan atau minuman manis yang mengandung kadar gula tinggi.

Namun, bagaimana dengan kecap manis yang sudah mendarah daging untuk masyarakat Indonesia? Kecap manis tentu mengandung gula, lantas bolehkah dikonsumsi oleh orang dengan diabetes?

Kecap Manis untuk Penyandang Diabetes, Amankah?

Sebenarnya, apapun yang mengandung gula dan kalori akan memengaruhi kondisi diabetes. Karena itu, lebih aman untuk tidak mengonsumsi kecap dengan kadar gula yang tinggi.

Pasalnya, menurut dokter spesialis yang tergabung dalam Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), asupan gula penyandang diabetes tidak boleh lebih dari 5% dari kebutuhan kalorinya setiap hari.

Tentu, kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tapi sebagai bayangan, batas aman asupan gula untuk diabetes maksimal 25 gram, atau setara dengan 2-2,5 sendok makan per hari.

Batasan asupan gula itu termasuk semua makanan, minuman, dan berbagai bumbu yang mengandung gula, termasuk kecap manis.

Lantas, apakah boleh untuk orang dengan diabetes makan makanan yang berbumbu kecap manis? Jawabannya boleh saja asalkan kamu bisa memastikan bahwa kandungan gula dari kecap manis yang dikonsumsi serta makanan dan minuman yang dikonsumsi di hari itu tidak lebih dari 5% kebutuhan kalori.

Karena terkadang ada diabetesi yang bingung dan ragu dengan gula di dalam kecap, banyak yang berusaha menghindarinya. Padahal, penyandang diabetes bisa saja menikmati makanan yang berkecap dengan tenang.

Supaya lebih yakin dan tenang lagi, kamu bisa memilih jenis kecap manis yang rendah gula. Kamu bisa mengecek label kemasan kecap yang bertuliskan less sugar dan melihat nilai gulanya di bagian informasi gizi.

Kecap Less Sugar Cenderung Lebih Aman untuk Diabetes 

Kecap manis yang rendah gula bisa jadi solusi bagi penyandang diabetes yang ingin tetap menikmati hidangan lezat tapi sehat. Salah satu produk yang bisa kamu coba yaitu Bango Kecap Manis Less Sugar.

Bango Kecap Manis Less Sugar memiliki kandungan gula 45% lebih rendah, sehingga relatif aman untuk orang dengan diabetes, tidak membuat kadar glukosa melonjak tajam.

Selain itu, Bango Kecap Manis Less Sugar juga 50% lebih rendah natrium alias garam. Asupan garam atau natrium yang terlalu banyak juga bisa menimbulkan risiko berbagai penyakit jantung pada penyandang diabetes.

Terakhir, bukan cuma enak, Bango Kecap Manis Less Sugar lebih rendah kalori, sehingga kamu bisa lebih mudah mengendalikan asupan kalori harianmu. Kamu dapat menikmati hidangan enak dengan #BangoinAja #BangoLessSugar.

Namun, kamu juga harus menghindari berbagai makanan manis lainnya. Ingat, yang terpenting adalah pengelolaan makan, pilih jenis makanan dengan tepat, masak dengan cara sehat, dan patuhi batasan porsinya.

Bila kamu punya pertanyaan lebih lanjut soal mengendalikan penyakit diabetes atau penerapan pola makan yang baik untuk jaga gula darah, segera konsultasi ke dokter. Kamu bisa konsultasi dokter online 24 jam dengan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Jangan sampai diabetes tak terkendali, yuk, #JagaSehatmu selalu!

Kencing Manispenderita diabetesDiabetesKecap Manis

Konsultasi Dokter Terkait