Sukses

Lansia Mau Panjang Umur? Yuk Rajin Bersih-Bersih Rumah!

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk selalu sehat, bugar, dan panjang umur, salah satunya dengan bersih-bersih rumah!

Klikdokter.com, Jakarta Mengerjakan pekerjaan rumah sebetulnya tak melulu urusan wanita, pria pun bisa turut serta. Jika Anda pikir bersih-bersih rumah adalah pekerjaan yang membosankan dan melelahkan—terlebih jika Anda tak punya pembantu rumah tangga—ada satu hasil penelitian yang bisa bikin Anda lebih termotivasi. Dikatakan, bersih-bersih rumah bisa bikin tubuh sehat dan panjang umur, lho!

Ada banyak cara untuk sehat dan panjang umur. Seperti hasil penelitian yang dipublikasikan di “Journal of the American Geriatrics Society”, bahkan latihan fisik yang tak membuat Anda banjir keringat dapat bermanfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitan yang melibatkan 6.000 wanita berusia 65-99 tahun, 30 menit latihan fisik ringan—seperti menjalankan tugas atau aktivitas sehari-hari dan bersih-bersih rumah—dikaitkan dengan menurunkan risiko kematian.

“Paradigma harus diubah ketika kita berpikir mengenai tubuh yang harus tetap aktif,” kata Andrea LaCroix, profesor kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat dari Universitas San Diego, Amerika Serikat, yang juga merupakan penulis senior penelitian tersebut.

Gerak tubuh ringan pun sama berartinya

Olahraga dengan intensitas sedang, seperti bersepeda santai atau jalan cepat, dikaitkan dengan pengurangan risiko yang lebih besar. Para penulis mengatakan bahwa meningkatkan aktivitas fisik ringan dan sedang bisa hampir sama efektifnya dengan latihan intens dalam mencegah penyakit dan memperpanjang usia.

Pada penelitian ini, para peneliti meminta partisipan untuk menggunakan akselerometer untuk melacak aktivitas mereka selama seminggu sebelum mereka memulai aktivitas. Mereka pun dipantau selama kurang lebih 3 tahun lamanya.

Berdasarkan data dari akselerometer tersebut, para peneliti menemukan bukti bahwa mereka yang melakukan aktivitas fisik ringan paling tidak selama 30 menit per hari, mengalami penurunan risiko kematian sebanyak 12 persen dibandingkan dengan mereka yang beraktivitas kurang dari 30 menit. Sedangkan mereka yang beraktivitas fisik selama 1 jam mengalami penurunan risiko kematian lebih signifikan, yaitu 39 persen.

Aktivitas ringan yang dimaksud pada penelitian ini adalah aktivitas yang tidak melibatkan duduk-duduk malas, seperti berjalan mengambil surat di kotak pos, berjalan-jalan di lingkungan rumah, atau sekadar mencuci pakaian. Aktivitas-aktivitas tersebut mencakup lebih dari 55 persen aktivitas harian para partisipan lansia. Temuan ini tentu saja merupakan kabar baik, apalagi jika selama ini Anda selalu “dicekoki” bahwa aktivitas ringan tersebut tak berdampak apa-apa bagi tubuh. Hasil penelitian ini cukup solid, bahwa latihan fisik bisa menurunkan risiko kematian 3 tahun ke depan bagi lansia wanita.

1 dari 3 halaman

Meski demikian, lansia tetap perlu latihan fisik secara rutin

Penelitian ini memang tidak menunjukkan hubungan sebab akibat antara tingkat aktivitas dan risiko kematian, hanya sebuah asosiasi. Namun, kaitan tersebut terlihat pada semua tipe wanita pada penelitian. Termasuk pada semua ras dan etnis, mereka yang obesitas dan tidak, wanita dengan kemampuan fungsional yang tinggi dan rendah, serta wanita yang lebih tua atau lebih muda dari 80 tahun.

Saat usia bertambah, Anda menghabiskan lebih banyak energi dalam melakukan aktivitas yang sama dibanding ketika masih muda, sehingga Anda tidak butuh berolahraga sebanyak atau sama intensnya untuk membakar kalori dalam jumlah yang sama atau meningkatkan detak jantung. Prof. Andrea mengatakan, setiap usia membutuhkan jumlah dan intensitas latihan fisik yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang sama.

Meski demikian, Anda yang berusia di atas 65 tahun tetap dianjurkan untuk berlatih fisik seperti usia yang lebih muda, yaitu paling tidak 150 menit melakukan aktivitas fisik skala moderat hingga berat per minggu. Dengan adanya beberapa analisis dari berbagai studi yang mana orang dewasa melaporkan tingkat aktivitas fisiknya, ada indikasi bahwa dewasa tua atau lansia harus melakukan latihan fisik moderat hingga berat untuk mengurangi risiko kematian dini.

2 dari 3 halaman

Manfaat lain membersihkan rumah

Bukan hanya tempat untuk istirahat, rumah juga tempat berkumpulnya semua anggota keluarga. Karena itu, menjaga kebersihan rumah harus menjadi prioritas. Jika menurut penelitian di atas aktivitas harian di rumah seperti bersih-bersih rumah bisa berdampak baik terhadap kesehatan. Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, bersih-bersih rumah pun menyimpan berbagai manfaat, khususnya dalam menangkal penyakit.

1. Menghalau penyebaran penyakit

Rumah yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang kuman, debu, tungau, dander hewan (sel kulit mati hewan yang mengelupas, bakteri, dan jamur. Membersihkan kamar mandi, kamar tidur, dapur, tempat cuci piring, lantai, dan dinding rumah dapat melindungi Anda dari kuman-kuman berbahaya.

2. Mencegah berkumpulnya tikus dan serangga

Tikus dan serangga kerap ditemukan di lingkungan yang kotor dan tidak rapi. Mereka pun dapat menyebarkan penyakit, bakteri, kuman, dan memicu alergi. Dengan membersihkan rumah, menutup makanan setelah makanan, dan membuang sampah setiap hari dapat menghindarkan Anda dari bersarangnya tikus dan serangga di rumah.

3. Mengurangi risiko alergi dan kambuhnya asma

Rumah yang tidak dibersihkan banyak ditemukan tungau debu rumah yang dapat menimbulkan alergi dan serangan asma pada penderitanya. Tungau dapat ditemukan di kasur, bantal, guling, sofa, karpet, dan gorden. Oleh karena itu, bersihkan dan jemur peralatan tidur, gorden, dan karpet rumah minimal tiga minggu sekali. Pastikan pula ruangan memiliki ventilasi yang baik sehingga sinar matahari dapat masuk.

4. Meminimalkan stres

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan di “British Journal of Sport Medicine”, melakukan aktivitas fisik seperti bersih-bersih selama 20 menit dapat mengurangi kecemasan dan stres sebanyak 20 persen.

Ada banyak sekali cara untuk sehat. Selain dengan pola makan bergizi seimbang, lakukan aktivitas fisik secara rutin. Bahkan, aktivitas harian seperti bersih-bersih rumah juga dapat menyumbang manfaat untuk tubuh, yang menurut hasil penelitian bisa bikin Anda panjang umur. Karenanya, yuk lebih aktif bergerak dan jangan malas untuk bersih-bersih rumah!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar