Sukses

Catat! Ini Cara Mudah untuk Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit berbahaya yang harus dihindari. Bagaimana cara mencegah batu ginjal? Simak tips mudah untuk mencegah batu ginjal di sini.

Batu ginjal merupakan hasil endapan mineral yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat memicu rasa nyeri hebat ketika melewati saluran kencing.

Apabila pernah mengalami batu ginjal, terdapat 5 persen kemungkinan penyakit tersebut akan kambuh kembali dalam waktu 10 tahun ke depan.

Sebetulnya, belum ada cara pasti untuk mencegah batu ginjal. Kombinasi pola makan sehat, perubahan gaya hidup, serta mengonsumsi beberapa obat mampu menurunkan risiko batu ginjal.

Selain itu, beberapa cara ini dapat dilakukan untuk membantu mencegah batu ginjal.

 

1 dari 5 halaman

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah batu ginjal.

Apabila tidak mengonsumsi cukup cairan, maka jumlah air kencing yang dikeluarkan tubuh juga akan berkurang. Artinya, urine atau air kencing jadi lebih pekat dan lebih sulit untuk melarutkan garam yang menimbulkan batu ginjal.

Lemonade dan jus jeruk merupakan dua pilihan minuman yang baik untuk mencegah batu ginjal karena kandungan sitratnya.

Kandungan sitrat dari buah-buahan tersebut menyebabkan tingkat keasaman air seni berkurang, sehingga urine menjadi lebih basa dan mampu mencegah pembentukan kristal di ginjal.

Artikel Lainnya: Batu Ginjal Penyakit Kambuhan, Mitos atau Fakta?

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Jenis batu ginjal yang umum ditemui adalah batu kalsium oksalat. Karena jenis batu ginjal tersebut, beberapa orang sering salah paham. Mereka justru menghindari konsumsi kalsium.

Padahal, diet rendah kalsium malah dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal dan osteoporosis. Guna mencegah batu ginjal, Anda bisa memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi keju dan susu rendah lemak.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen kalsium. Suplemen kalsium dapat dikonsumsi orang berusia 51 tahun ke atas, namun tergantung petunjuk dan dosis anjuran dokter

2 dari 5 halaman

3. Mengurangi Konsumsi Garam

Sering mengonsumsi makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Untuk mengurangi konsumsi garam, bacalah label di kemasan makanan dengan benar. Kurangi konsumsi makanan kaleng dan makanan yang mengandung banyak MSG, sodium nitrat, dan sodium bikarbonat atau baking soda.

4. Mengurangi Makanan Kaya Oksalat

Sebagian batu ginjal terbuat dari oksalat, yaitu komponen alami pada makanan yang mengikat kalsium dalam urine dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Mengurangi beberapa makanan dan minuman kaya oksalat dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Makanan kaya oksalat contohnya, seperti bayam, cokelat, ubi, kopi, kacang, dan produk kedelai.

Artikel Lainnya: Jus Jeruk Dapat Mencegah Batu Ginjal!

3 dari 5 halaman

5. Mengurangi Konsumsi Protein Hewani

Protein hewani bersifat asam dan dapat meningkatkan keasaman urine. Dampaknya, protein tersebut mampu memicu asam urat dan batu ginjal kalsium oksalat. Batasi konsumsi daging sapi, produk unggas, ikan, dan daging babi.

6. Mengurangi Suplemen Vitamin C

Terlalu banyak konsumsi suplemen vitamin C dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal, terutama pada pria.

Anda disarankan mendapatkan vitamin C dari asupan makanan, misalnya dari buah dan sayur. Jika ingin mengonsumsi vitamin C, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

7. Tinjau Ulang Obat-Obatan yang Anda Konsumsi

Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka waktu panjang mampu meningkatkan risiko batu ginjal.

Beberapa obat-obatan, seperti golongan dekongestan, diuretic, inhibitor protease, antikejang, steroid, obat kemoterapi, dan urikosurik dapat memicu batu ginjal.

Jangan mengonsumsi berbagai golongan obat tersebut tanpa resep dan sepengetahuan dokter.

Sebelum mengonsumsi obat tersebut dalam jangka waktu lama, sebaiknya tanyakan kepada dokter terkait risiko batu ginjal.

Artikel Lainnya: Deretan Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

4 dari 5 halaman

8. Konsultasi ke Dokter untuk Obat dan Pencegahan Batu Ginjal

Apabila Anda rentan atau berisiko mengalami batu ginjal, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan berkonsultasi kepada dokter.

Terdapat beberapa obat-obatan yang dapat mengontrol seberapa banyak kadar komponen batu ginjal di dalam urine. Tipe obat tersebut akan bergantung pada tipe batu ginjal yang dimiliki.

Contohnya, batu ginjal dari endapan kalsium dapat diobati dengan diuretic tiazid. Sementara itu, batu ginjal akibat endapan asam urat dapat diobati dengan allopurinol. Obat allopurinol juga dapat mengurangi asam urat dalam darah maupun urine.

Demikian beberapa pencegahan batu ginjal. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap harinya dan mengubah pola makan sesuai kondisi kesehatan masing-masing.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT) 

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. 9 Ways to Prevent Kidney Stones.

Harvard Health Publishing. Diakses 2021. 5 steps for preventing kidney stones.

0 Komentar

Belum ada komentar