Sukses

4 Manfaat Sehat Sinar Matahari Saat Car Free Day

Apa saja manfaat kesehatan yang didapat lewat paparan sinar matahari saat olahraga di car free day? Cari tahu di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Paparan sinar matahari pagi yang terjadi ketika Anda berolahraga di car free day tentu terasa hangat dan membuat lebih semangat. Faktanya, sinar matahari pagi adalah energi dari alam yang tidak terbatas alias tidak pernah habis hingga akhir zaman nanti.

Menurut dr. Irma Rismayanty, paparan sinar matahari pagi dapat meningkatkan pengeluaran hormon serotonin yang berada di otak. Tak hanya itu, sinar matahari pagi juga bisa mendatangkan beragam manfaat berikut ini:

1. Baik untuk kesehatan mental

Jarang terpapar sinar matahari pagi dikaitkan dengan penurunan kadar serotonin, yang dapat menyebabkan depresi berat. Efek serotonin dipicu oleh sinar matahari yang masuk melalui mata, yakni area khusus di retina. Jadi, bangun siang dan cuaca mendung dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan mental.

“Orang yang tidak pernah terpapar sinar matahari pagi akan mengalami depresi yang disebut dengan Seasonal Affective Disorder (SAD),” ujar dr. Irma.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Paparan radiasi ultraviolet B pada sinar matahari memicu kulit seseorang untuk menciptakan vitamin D. Tentu, hal ini mampu memainkan peran besar dalam kesehatan tulang. Tingkat vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan rakhitis pada anak-anak dan penyakit yang merusak tulang seperti osteoporosis dan osteomalasia.

“Vitamin D diperlukan tubuh untuk membantu menyerap mineral, seperti kalsium, untuk membangun gigi dan tulang yang kuat. Selain itu, vitamin D juga berfungsi sebagai hormon penting untuk melaksanakan banyak pekerjaan lain dalam tubuh, termasuk kesehatan sistem kekebalan tubuh, produksi insulin dan pengaturan pertumbuhan sel,” tutur dr. Irma.

3. Mencegah kanker

Sinar matahari berlebih memang dapat berkontribusi pada kanker kulit, namun paparan sinar matahari secukupnya memiliki manfaat sebaliknya, yaitu mencegah kanker.

Menurut para peneliti, mereka yang tinggal di daerah yang kurang sinar matahari berpotensi lebih tinggi untuk mengalami kanker usus besar, Limfoma Hodgkin, kanker ovarium, kanker pankreas, dan kanker prostat.

4. Obat kulit mujarab

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), paparan sinar matahari pagi dapat membantu mengobati beberapa masalah kulit. Dokter telah merekomendasikan paparan radiasi UV untuk mengobati psorias, eksim, penyakit kuning, dan jerawat.

Sinar matahari pagi, yang terpapar langsung pada lengan, tangan, dan wajah tanpa adanya lapisan sunscreen atau tertutup baju selama 5–15 menit selama 2–3 kali dalam seminggu bisa mendatangkan manfaat di atas. Namun, apabila intensitas paparan sinar matahari melebihi anjuran tersebut, bukan tak mungkin efek negatif yang justru akan terjadi.

“Hindari terkena sinar matahari antara pukul 10.00–16.00 karena membuat Anda terkena sunburn atau kulit terbakar. Orang dengan kulit terang akan lebih mudah tekena efek tersebut dibandingkan dengan orang yang berkulit gelap,” ujar dr. Irma.

Jadi, sudahkah Anda mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup saat car free day? Ingatlah untuk tidak terlalu berlebihan dalam hal terpapar sinar matahari. Dan, jika Anda ingin keluar rumah pada jam yang harus dihindari, jangan lupa gunakan sunscreen guna menghindari sunburn dan efek negatif lain dari sinar matahari.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar