Sukses

Aktivitas Akhir Pekan yang Asyik untuk Ayah dan Anak

Akhir pekan tiba. Saatnya menikmati waktu bersama keluarga. Ada beberapa aktivitas akhir pekan asyik yang bisa dilakukan ayah dan anak.

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi seorang ayah membuat Anda tak dapat selalu menghabiskan cukup waktu bersama si Kecil di rumah. Agar anak tak “kehilangan” sosok ayah, Anda wajib menyempatkan waktu untuk melakukan aktivitas akhir pekan bersamanya.

Di akhir pekan, pastikan Anda mengontrol kualitas waktu yang dimiliki bersama anak. Akan tetapi, itu semua tergantung pada kepribadian dan usianya. Sebagai ayah, Anda harus bisa memilih aktivitas yang tepat untuk dilakukan bersama anak.

Berikut beberapa pilihan aktivitas sederhana, tidak mahal, saling menguntungkan, dan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak Anda:

1. Bermain video game

Sebagai upaya menghabiskan waktu bersama si Kecil, tak ada salahnya jika Anda bermain video game bersamanya di akhir pekan. Jika si Kecil menikmati dan memainkan game yang sesuai dengan usia maupun tingkat kedewasaannya, bermain video game bersama bisa memberi Anda kesempatan untuk berbagi dalam kegiatan yang dia sukai.

Ditambah lagi, bermain dengan anak adalah cara yang baik untuk memantau game yang ia mainkan. Anda juga bisa mengontrol jumlah waktu yang dihabiskannya untuk bermain video game. Anda pun dapat menjaga koordinasi tangan-mata secara tajam, serta mengajarinya cara bermain yang adil.

2. Menonton film bersama

Menonton film bersama di rumah adalah plihan tepat untuk aktivitas asyik bersama anak. Tak perlu ke bioskop, Anda bisa membeli DVD dan menontonnya bersama di rumah.

Kegiatan menonton bersama tergolong mudah dan murah, sekaligus bisa membuat Anda menjelaskan maksud baik dari film yang ditonton bersama anak. Secara keseluruhan, hal ini sangat menyenangkan dan memungkinkan Anda untuk mengontrol konten yang dilihatnya.

3. Mengunjungi kebun binatang

Mengunjungi kebun binatang merupakan kegiatan positif dan edukatif. Di kebun binatang, Anda bisa mengajarkan si Kecil untuk menghargai kehidupan hewan, sekaligus memperkenalkan jenis-jenis hewan.

Selain itu, kebersamaan Anda dengan anak akan semakin terasah. Ini karena di kebun binatang Anda tidak boleh melepaskan pandangan sedikit pun dari si Kecil.

4. Menonton pertandingan olahraga

Ini mungkin salah satu kegiatan ayah dan anak yang paling populer. Dalam aktivitas ini, Anda bisa memberikan contoh soal antusiasme dan sportivitas. Membawa anak Anda langsung ke arena pertandingan adalah inisiatif yang bagus, tapi jika menonton lewat televisi juga tidak masalah.

5. Bersepeda

Bersepeda santai, apalagi menjauhi lalu lintas kota yang padat, dapat menjalin ikatan dengan anak saat Anda menikmati pemandangan sekitar. Ini bisa dilakukan di sekeliling komplek rumah, atau tempat lain yang disetujui anak. Selain mempererat ikatan ayah dan anak, aktivitas ini juga bagus untuk kesehatan Anda berdua.

6. Memasak

Bagi ayah yang suka dan bisa memasak, kegiatan ini bisa dilakukan bersama anak. Anda dapat bereksperimen dan belajar bersama. Memasak makanan adalah sesuatu yang benar-benar menyenangkan jika Anda dan si Kecil benar-benar menikmatinya.

Selain itu, Anak Anda akan segera menyadari bahwa makanan yang rasanya enak dapat dibuat dengan bahan-bahan yang sehat. Ini adalah kebiasaan lain yang bisa dia kembangkan lebih lanjut saat dewasa.

7. Memainkan permainan olahraga

Dengan melakukan hal ini bersama, apalagi jika di lua ruangan, Anda bisa memberikannya sebuah pelajaran mengenai sportivitas, koordinasi, disiplin, dan kerja tim.

Ini bukan tentang menang atau kalah, tapi tentang mengajarkan keterampilan yang disebutkan di atas sambil berolahraga. Anda bisa mengajaknya bermain bulu tangkis, sepak bola, dan tangkap bola.

Itu adalah beberapa aktivitas asyik yang bisa dilakukan bersama anak di akhir pekan. Jika Anda melakukan aktivitas akhir pekan secara rutin, ikatan emosional dengan anak pasti akan terjalin lebih erat lagi. Selamat berakhir pekan!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar