Sukses

Ini Dia Manfaat Minum Air Kelapa Saat Car Free Day

Selain air putih, minum air kelapa saat beraktivitas di car free day juga menyehatkan. Tak percaya? Simak manfaatnya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Meski lelah, nyatanya beraktivitas fisik saat car free day mampu membuat Anda ketagihan untuk kembali lagi tiap minggunya. Terkurasnya cairan tubuh akibat aktivitas fisik akhirnya mewajibkan Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan cara banyak minum air putih. Tak jarang juga Anda merasa bosan dengan air putih dan ingin mencari alternatif minuman lain. Coba, deh, air kelapa!

Pilih kelapa yang mana dulu, tua atau muda?

Air kelapa dipercaya membawa manfaat untuk menghilangkan dahaga sekaligus menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun, mana yang lebih baik, air kelapa muda atau kelapa tua?

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, kelapa muda memiliki lebih banyak air ketimbang kelapa tua. Rasanya pun lebih manis. Dalam secangkir air kelapa muda terdapat 46 kalori, 3 gram serat, dan kandungan elektrolit yang tinggi, terutama kalium. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung vitamin C dan zat besi.

Sedangkan pada kelapa tua, airnya cenderung lebih tawar, tetapi memiliki daging yang amat banyak. Itu sebabnya kelapa tua sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan santan untuk bahan masakan. Kandungan gizinya juga tak kalah kaya ketimbang kelapa muda. Sebab, daging kelapa tua mengandung karbohidrat, lemak, dan serat yang tinggi.

Lalu, manakah yang sebaiknya Anda konsumsi saat berolahraga saat car free day? Jika Anda berfokus untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, konsumsilah air kelapa muda. Lagipula, Anda akan lebih mudah menemukan orang yang berjualan air kelapa muda ketimbang penjual kelapa tua. Atau, belilah air kelapa muda kemasan yang lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana. Namun, bila Anda ingin berfokus pada isi ulang tenaga, yang otomatis memerlukan kalori lebih banyak, maka mengonsumsi daging kelapa tua adalah jawabannya.

1 dari 2 halaman

Ini dia manfaat air kelapa

Air kelapa yang dikonsumsi sebagai pengganti atau variasi air putih saat berolahraga memiliki banyak manfaat. Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, berikut ini adalah manfaatnya:

1. Mencegah dehidrasi

Saat Anda berolahraga, cairan elektrolit akan hilang dari tubuh. Karena itu, minum air kelapa sangat membantu Anda dalam mengganti cairan yang hilang tersebut. Kandungan yang ada di dalam air kelapa pun disinyalir lebih efektif mencegah dehidrasi ketimbang minuman isotonik atau minuman energi kemasan. Pasalnya, air kelapa mengandung 61 mg kalium dan 1,3 gram gula alami dalam setiap 200 ml. Di sisi lain, minuman isotonik atau energi hanya mengandung setengah dari kalium air kelapa dan pemanis buatannya 5 kali lebih banyak.

2. Menghilangkan rasa mabuk akibat alkohol (hangover)

Mungkin saat akhir pekan Anda menghabiskan waktu berpesta dengan teman-teman Anda, yang dihiasi dengan minuman beralkohol. Tak jarang hal ini membuat Anda mabuk dan tak enak badan, seperti pusing, mual, dan kembung saat bangun tidur keesokan harinya.

Jika Sabtu malam Anda berpesta dan ingin kembali segar dan bisa berolahraga di Minggu pagi saat car free day tanpa didera hangover, segera minum air kelapa. Alasannya karena air kelapa bisa meredakan rasa tak nyaman karena mabuk sekaligus bisa mengganti elektrolit yang hilang jika malamnya Anda muntah akibat hangover.

3. Mengendalikan tekanan darah

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam “West Indian Medical Journal”, penderita tekanan darah tinggi akan memiliki tekanan darah yang normal setelah mereka rutin minum air kelapa.

4. Membantu diet Anda

Selain ingin mendapatkan tubuh yang bugar, mungkin tujuan Anda berolahraga saat car free day adalah menurunkan berat badan. Nah, ketimbang Anda membeli minuman bersoda atau minuman manis lainnya yang bisa merusak program diet Anda, lebih baik konsumsilah air kelapa. Sebab, air kelapa hanya mengandung 46 kalori!

5. Menyehatkan kulit

Saat Anda berolahraga di luar ruangan, kerusakan kulit akibat sinar matahari menjadi salah satu ancaman selain dehidrasi. Selain menggunakan tabir surya, minum air kelapa bisa menjadi upaya pencegahan yang baik, karena air kelapa mengandung banyak vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit.

Meski diprioritaskan, tapi memenuhi kebutuhan cairan tubuh tak melulu harus dari air putih. Pilihan air kelapa karena banyak manfaat kesehatan di dalamnya, yang salah satunya dapat mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang keluar ketika berolahraga saat car free day. Salam sehat dan selamat berakhir pekan!

[RN/ RVS}

0 Komentar

Belum ada komentar