Sukses

Anda Sering Beser di Malam Hari? Ini Dia Penanganannya

Sering beser di malam hari tentu bisa bikin kesal dan mengganggu kualitas tidur. Simak terus dan cari tahu cara penanganannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Jika Anda sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil pada malam hari, itu tandanya Anda mengalami beser. Ketika ini terjadi, tentunya bisa bikin kesal karena Anda mau tak mau harus bangun, dan ini bisa memengaruhi kualitas tidur. Lantas, jika Anda memang sering beser di malam hari, bagaimana penanganannya?

Beser adalah kondisi seseorang buang air kecil dalam jeda waktu yang tidak terlalu lama. Dalam waktu tidur yang berkisar antara 6-8 jam, biasanya orang yang mengalami beser bisa bolak-balik ke kamar mandi sebanyak lebih dari dua kali.

Biasanya, penyebab utama beser adalah terlalu banyak minum yang dilakukan sebelum tidur. Ini tentu saja bisa membuat kandung penuh, dan ini harus dikeluarkan karena kandung kemih hanya bisa menahan cairan sebanyak 450 ml.

Sering beser? Segera tangani dengan melakukan ini

Demi kualitas tidur yang lebih baik, tentunya beser harus ditangani. Salah satu cara penanganan yang mudah adalah dengan membatasi minum Anda sebelum tidur.

"Jika Anda tahu bahwa Anda mudah buang air kecil pada saat malam hari, salah satu caranya adalah membatasi minum sesaat sebelum tidur. Selain itu, perhatikan juga waktu antara minum dan saat Anda hendak tidur,” kata dr. Devia Irine dari KlikDokter.

Apa yang dikatakan oleh dr. Devia ini juga diamini oleh Health Cleveland Clinic, Amerika Serikat. Dianjurkan, sebisa mungkin batasi asupan cairan dua jam sebelum tidur. Minum terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan dorongan untuk buang air kecil di malam hari setelah Anda tertidur.

Selain itu, ada juga beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Buat tubuh tetap hangat

Dalam kasus ini, beser mungkin melanda orang-orang yang tidur di kamar dengan pendingin ruangan atau AC. Gunakan selimut agar suhu tubuh tetap hangat dan tidak timbul keinginan untuk buang air kecil. Ditambahkan oleh dr. Devia, jika selimut kurang, tambahkan juga dengan pemakaian kaus kaki saat tidur.

2. Hindari kafein dan alkohol

Dilansir dari WebMD, Anda harus menghindari minuman yang berpotensi mengiritasi kandung kemih, termasuk di dalamnya kopi dan alkohol. Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, kopi cenderung membuat seseorang mudah buang air kecil karena sifatnya diuretik.

3. Lakukan senam kegel

Senam kegel dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar kandung kemih dan uretra untuk melatih otot panggul. Coba lakukan selama 5 menit, 3 kali sehari, dan rasakan perbedaannya dalam pengendalian kandung kemih.

4. Modifikasi diet

Anda harus menghindari makanan yang tampaknya mengiritasi kandung kemih Anda atau bertindak sebagai diuretik. Minuman atau makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah minuman berkarbonasi, produk yang berbasis tomat, cokelat, pemanis buatan, termasuk makanan pedas yang dikonsumsi sebelum tidur. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat untuk mencegah terjadinya sembelit, karena sembelit dapat memperparah gejala sindrom kandung kemih yang terlalu aktif.

Jika Anda mulai merasa terganggu dengan seringnya beser di malam hari, coba langkah-langkah penanganan yang disebutkan di atas. Jika keluhan beser semakin memburuk, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi keluhan beser tersebut merupakan suatu tanda adanya penyakit yang bersarang di tubuh.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar