Sukses

Anda Sering Beser di Malam Hari? Ini Dia Penanganannya

Sering beser di malam hari tentu bisa bikin kesal dan mengganggu kualitas tidur. Simak terus dan cari tahu cara penanganannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Sering buang air kecil pada malam hari memang mengganggu. Kondisi yang disebut sebagai nokturia ini dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda, karena Anda harus bangun dari tidur untuk pergi ke kamar mandi.

Pada saat Anda tidur, tubuh akan memproduksi lebih sedikit urine yang lebih terkonsentrasi. Hal ini akan membuat kebanyakan orang tidak perlu bangun pada malam hari untuk buang air kecil dan dapat tidur tanpa terganggu selama 6 hingga 8 jam. 

Namun, jika Anda terbangun dua kali atau lebih setiap malam untuk buang air kecil, itu berarti Anda mengalami nokturia.

Karena dapat sangat mengganggu tidur, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sering buang air kecil pada malam hari.

1 dari 7 halaman

1. Buat Tubuh Tetap Hangat

Sering buang air kecil pada malam hari mungkin melanda orang-orang yang tidur di kamar dengan pendingin ruangan atau AC. 

Sebaiknya gunakan selimut agar suhu tubuh tetap hangat dan tidak timbul keinginan untuk buang air kecil. Jika penggunaan selimut kurang, Anda dapat menambahkan pemakaian kaus kaki saat tidur.

Artikel lainnya: Penyebab Mengompol pada Orang Dewasa

2 dari 7 halaman

2. Hindari Kafein dan Alkohol

Untuk mengatasi beser pada malam, caranya bisa dengan menghindari konsumsi kafein dan alkohol. 

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau minuman beralkohol akan cenderung membuat mudah buang air kecil karena bersifat diuretik.

3 dari 7 halaman

3. Lakukan Senam Kegel

Senam Kegel dapat dilakukan untuk memperkuat otot-otot di sekitar kandung kemih dan uretra untuk melatih otot panggul. 

Cobalah untuk melakukannya selama 5 menit, 3 kali sehari, dan rasakan perbedaannya dalam pengendalian kandung kemih.

4 dari 7 halaman

4. Modifikasi Diet

Salah satu cara mengatasi sering buang air kecil pada malam hari adalah dengan memperhatikan asupan makanan Anda. 

Ya, ada makanan yang dapat mengiritasi kandung kemih atau bertindak sebagai diuretik yang harus dihindari. Contohnya produk berbasis tomat, cokelat, pemanis buatan, termasuk makanan pedas yang dikonsumsi sebelum tidur. 

Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat guna mencegah terjadinya sembelit. Pasalnya, sembelit dapat memperparah gejala sindrom kandung kemih yang terlalu aktif.

Artikel lainnya: Udara Dingin Bikin Sering Beser, Apa Penyebabnya?

5 dari 7 halaman

5. Batasi Asupan Cairan

Jika Anda tahu bahwa Anda mudah buang air kecil pada malam hari, sebaiknya batasi minum sesaat sebelum tidur. Selain itu, perhatikan juga waktu antara minum dan saat Anda ingin tidur. 

Dianjurkan untuk membatasi asupan cairan dua jam sebelum tidur, karena minum terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan dorongan untuk buang air kecil di malam hari. 

6 dari 7 halaman

6. Periksakan Diri ke Dokter

Jika cara-cara di atas tidak dapat mengatasi keluhan sering buang air kecil di malam hari, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Hal ini karena terdapat banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan sering buang air kecil di malam hari. 

Misalnya infeksi atau pembesaran prostat, tumor pada kandung kemih, diabetes, infeksi ginjal, obstructive sleep apnea, dan lainnya. 

Demikian beberapa cara mengatasi sering buang air kecil pada malam hari. Jika keluhan makin mengganggu Anda atau tambah memburuk, segera periksakan diri ke dokter. 

Jangan menundanya karena mungkin hal tersebut disebabkan oleh penyakit yang berbahaya.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, Anda bisa chat dokter melalui fitur Live Chat dan aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar