Sukses

Ini Dia Manfaat Telur dan Alpukat untuk Kesehatan Otak

Tak hanya lezat dan bisa diolah jadi apa saja, ternyata telur dan alpukat juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan otak.

Klikdokter.com, Jakarta Dilansir dari Express UK, demensia telah memengaruhi setidaknya 850.000 orang di Inggris. Berkaca pada angka tersebut, berbagai upaya pencegahan pun kini gencar dilakukan. Salah satu cara terbaik untuk memeranginya adalah dengan mengonsumsi bahan makanan alami yang bisa memelihara kesehatan otak, yaitu telur dan alpukat.

Telur dan alpukat untuk kesehatan otak

Seorang profesor di bidang Kinesiologi dan Kesehatan Masyarakat dari University of Illinois, Naiman Khan, meneliti 60 orang dewasa berusia antara 25-45 tahun. Mereka yang secara rutin mengonsumsi makanan bernutrisi seperti telur dan alpukat rupanya memiliki tingkat lutein yang setara dengan orang-orang yang berusia jauh lebih muda.

Tingginya kadar lutein pada telur dan alpukat sangat berkaitan dengan risiko terkena demensia. Semakin tinggi kadar lutein pada makanan Anda, semakin rendah risiko  Anda terkena gangguan fungsi otak tersebut.

Sebab, ketika orang bertambah tua sudah pasti terjadi penurunan fungsi otak. Hal ini bahkan mulai terjadi di usia 30-an. Penelitian pun dilakukan oleh University of Illinois untuk melihat sejauh mana asupan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Bila benar lutein menunjukkan manfaatnya untuk memperlambat penurunan fungsi otak, maka para peneliti tersebut akan menyarankan masyarakat untuk banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan lutein seperti telur dan alpukat, sebelum berusia lanjut.

Manfaat lutein pada telur dan alpukat

Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan lutein bukan tanpa alasan. Karena tubuh manusia tidak memproduksi lutein sendiri dan hanya didapat dari apa yang Anda konsumsi tiap harinya.

Lutein pun akan terakumulasi di dalam jaringan otak dan mata, sehingga membantu lansia dalam berpikir, mengingat, serta mengerjakan suatu hal layaknya di usia muda.

Tak hanya baik untuk membantu menjaga kesehatan otak, siapa sangka ternyata telur juga bisa membuat penampilan Anda terlihat awet muda?

Dilansir dari American Scientist, sekelompok ilmuwan asal Belanda melaporkan bahwa 87 persen wanita berusia 35-40 tahun yang rutin mengonsumsi telur setiap hari memiliki bintik-bintik penuaan yang jauh lebih sedikit ketimbang yang tidak mengonsumsi telur.

Manfaat itu juga tidak hanya dirasakan oleh wanita. Pada pria, telur dapat menghilangkan keriput di sekitar mata.

Lalu bagaimana dengan alpukat? Buah lezat berkolesterol baik ini juga mampu mengatasi demensia dan katarak. Sebab, alpukat memiliki kandungan lutein yang melimpah.

"Alpukat mengandung kadar lutein yang cukup tinggi, yakni 80 gram. Sementara rata-rata suplemen hanya memberikan 10 mg lutein," jelas dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter. Faktanya, lutein memang dapat mencegah kebutaan akibat katarak dan kerusakan retina mata.

Nah bagi Anda yang ingin merasakan manfaat keduanya sekaligus, Anda bisa membuat roti lapis dengan isi telur dan alpukat yang diberikan bumbu sedikit garam serta lada hitam. Jadikan makanan sehat tersebut sebagai menu sarapan agar Anda siap berkutat dengan segala kegiatan yang membutuhkan kinerja otak secara optimal.

Selain rutin mengonsumsi telur dan alpukat, hindari pula kegiatan yang bisa membuat otak Anda tidak sehat dan meningkatkan risiko terkena gangguan fungsi otak, di hari tua, seperti:

  • Begadang yang menyebabkan Anda kurang tidur
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji
  • Tidak aktif bergerak
  • Sering merokok

Dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan lutein seperti telur dan alpukat serta menjauhkan beragam kebiasaan buruk, Anda akan terhindar dari risiko terkena demensia ataupun gangguan fungsi otak lainnya. Bertambahnya usia bukan berarti pasrah terhadap menurunnya kesehatan otak. Yuk, perbanyak makan telur dan alpukat!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar