Sukses

5 Tips untuk Sperma Lebih Sehat

Sperma yang sehat mampu meningkatkan kualitas hidup Anda. Simak tips untuk mendapatkannya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Kualitas sperma yang baik tentu merupakan idaman semua kaum pria, apalagi yang sedang berencana untuk memiliki anak bersama pasangan. Namun, tak sedikit pria yang mengalami penurunan kualitas sperma karena berbagai sebab, mulai dari gaya hidup tak sehat hingga adanya kondisi tertentu. Sebelum buru-buru menemui dokter, ada beberapa tips bagi para pria yang menginginkan kualitas sperma lebih sehat.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons), dari KlikDokter, usia yang bertambah dapat menjadi faktor menurunnya kualitas sperma. Selain usia, faktor lainnya seperti konsumsi makanan dengan gizi yang kurang mumpuni, stres, obesitas, obat-obatan, kebiasaan merokok, dan paparan pestisida juga dapat memengaruhi kualitas sperma.

Indikator sperma yang sehat

Perlu dicatat bahwa kesehatan sperma bukan cuma soal membuahi hingga terjadi kehamilan saja, tapi juga menyangkut kesehatan bayi kelak. Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi agar sperma bisa dikatakan sehat.

Berikut ini adalah beberapa unsur yang bisa menunjukkan bahwa kualitas sperma bisa dikatakan sehat:

  • Kuantitas (volume)

Jumlah sperma yang sehat adalah sekitar 15 juta atau lebih untuk setiap mililiter (mL) air mani. Semakin banyak yang Anda miliki, semakin mungkin salah satunya akan berhasil melalui sistem reproduksi wanita ke sel telur.

  • Gerakan (motilitas)

Tidak semua sperma bergerak secara efektif atau bahkan tidak bergerak sama sekali. Hanya sekitar 40 persen atau lebih dari sperma yang perlu menjadi “penggerak” agar Anda menjadi subur.

  • Bentuk (morfologi)

Sperma yang sehat memiliki bentuk yang ideal dengan komposisi kepala bulat dan ekor panjang yang kuat.

1 dari 2 halaman

Lakukan tips ini agar sperma lebih sehat

Lantas, bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas sperma. Dilansir dari Healthline, ada beberapa tips yang bisa segera Anda terapkan.

  1. Makan makanan sehat

Mempertimbangkan asupan tubuh adalah faktor penting demi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, termasuk kualitas sperma. Ingat, Anda adalah apa yang Anda makan. Penuhi asupan menu harian Anda dengan sayur, buah, daging tanpa lemak, dan makanan sehat lainnya. Asupan vitamin B12 (daging, ikan, susu), vitamin C (jeruk, tomat, bayam), dan kandungan bergizi lainnya bisa berdampak positif terhadap kualitas sperma.

  1. Olahraga teratur

Olahraga dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma Anda hanya dalam beberapa minggu. Coba lakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki selama 12 menit, lakukan beberapa rangkaian push-up, atau aktivitas lain yang menuntut pergerakan tubuh. Hormon endorfin dan aliran darah yang baik karena rutin berolahraga dapat meningkatkan dorongan seksual Anda.

Tak perlu olahraga berat, lakukanlah dalam batas normal. Aktivitas fisik yang intens, terutama dari bersepeda, joging, atau mendaki gunung dikaitkan dengan penurunan kualitas semen. Ini karena ada kemungkinan cedera yang terjadi dekat area vital Anda.

  1. Pilih celana dalam yang nyaman dipakai

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa pria yang mengenakan celana dalam longgar memiliki 17 persen lebih banyak sperma dibandingkan dengan pria yang mengenakan celana dalam ketat. Meski begitu, hasil ini tidak sepenuhnya konklusif karena penelitian tersebut tidak mengukur faktor lain yang turut memengaruhi jumlah sperma, misalnya jenis celana. Intinya, gunakan celana yang nyaman.

  1. Batasi konsumi kafein dan alkohol

Minum lebih dari tiga cangkir minuman berkafein setiap hari, baik dari kopi, teh, minuman berenergi, atau minuman bersoda, dapat menurunkan kualitas sperma. Catat, batas harian kafein yang aman adalah dua cangkir gelas per hari.

Awasi pula konsumsi alkohol Anda. Ada studi yang menemukan bahwa mengonsumsi lima atau lebih gelas alkohol per minggu bisa mengakibatkan jumlah dan motilitas sperma yang lebih rendah. Batasi konsumsi alkohol sebanyak kurang dari empat gelas atau yang lebih baik lagi berhenti meminumnya.

  1. Jaga diri dari paparan kimia berbahaya

Berbagai bahan kimia yang dapat mengganggu hormon dapat bersembunyi di mana saja, mulai di tempat kerja, udara, bahkan dalam berbagai produk perawatan pribadi yang Anda gunakan sehari-hari.

Jika Anda termasuk pelaku gaya hidup tak sehat, cobalah lakukan lima tips untuk sperma lebih sehat yang disebutkan di atas sembari memperbaiki gaya hidup Anda. Jika tak juga berhasil, ada baiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter agar bisa ditangani dengan segera.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar