Sukses

5 Kejutan Ini Bisa Anda Temui Saat Hamil

Tak cuma perubahan perut dan berat badan, ada juga kejutan lainnya yang muncul pada tubuh Anda saat hamil. Mau tahu? Simak selengkapnya!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi pasangan yang baru menikah, memiliki anak merupakan salah satu tujuan utama. Jika Anda tengah hamil, selamat! Saat hamil, akan ada banyak perubahan pada tubuh, seperti perut yang membesar, berat badan meningkat, serta munculnya stretch mark. Namun, tak hanya itu saja, ada juga “kejutan” lain yang Anda temui saat hamil, yang ternyata bisa membuat penampilan Anda makin menarik!

Mual, muntah, berat badan naik, sensitif, hingga cepat lelah merupakan keluhan yang sering dirasakan ibu hamil. Namun, faktanya pada saat hamil bukan hanya keluhan yang Anda dapat, tapi juga ada beberapa kejutan lain yang terjadi pada tubuh. Ada yang bikin Anda makin cantik, tapi ada juga yang menyebalkan, sih. Ini dia!

1. Rambut tebal dan berkilau

Menurut pakar dari Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery, Dendy Engelman, MD, seperti dilansir dari Reader's Digest mengatakan, saat Anda hamil, rambut akan semakin tebal dan berkilau dari sebelumnya. Hal itu disebabkan oleh hormon-hormon kehamilan yang memperlambat kerontokan rambut.

Selain itu, sebanyak 95 persen rambut juga akan tumbuh selama masa kehamilan. Namun sayangnya, saat Anda telah melewati proses persalinan, rambut-rambut itu juga akan mulai rontok. Tentunya Anda tak mau kan punya rambut bagus hanya saat hamil? Agar kerontokan rambut pascapersalinan tidak terlampau banyak, konsumsilah suplemen yang mengandung biotin, vitamin C, dan campuran asam amino untuk membantu rambut Anda lebih kuat dan sehat.

2. Tumbuh rambut di bagian tubuh lain

Sayangnya, rambut tebal dan berkilau di kepala juga datang bersama tumbuhnya rambut halus di beberapa bagian tubuh. Ada yang mengalaminya di perut, wajah, punggung, hingga puting—yang jumlahnya kadang tak sedikit. Meski demikian, jangan langsung panik dan atur janji dengan salon waxing langganan. Pasalnya, rambut halus tersebut akan rontok dengan sendirinya saat 6 bulan setelah Anda melahirkan.

3. Jerawat kehamilan

Tak hanya saat kehamilan, kemunculan jerawat pada dasarnya adalah sesuatu yang tidak diinginkan. Meski demikian, penting untuk diketahui saat Anda hamil, kulit akan lebih ekstra memproduksi minyak, sehingga jerawat pun bermunculan di wajah. Untuk itu, bersihkan wajah dua kali lebih sering ketimbang saat belum hamil dan jangan lupa untuk menggunakan produk kecantikan yang non-comedogenic.

Walaupun rasanya gemas ingin menghilangkan jerawat tersebut, hindari menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide dan asam salisilat saat Anda hamil. Obat-obatan seperti accutane, retin-a, dan tetrasiklin juga sebaiknya dihindari.

Bersabarlah sampai proses persalinan selesai, baru Anda bisa mengoleskan obat jerawat. Jika jerawat masih saja membandel setelah melahirkan dan sangat mengganggu penampilan Anda, lebih baik segera konsultasikan masalah tersebut ke dokter.

4. Pipi kemerahan

Saat hamil, kemungkinan Anda jadi bisa menghemat stok perlengkapan makeup, terutama perona pipi karena pipi Anda sudah memerah sendirinya. Namun, jangan senang dulu! Itu karena pipi Anda sedang meradang akibat adanya pembengkakan pembuluh darah di dekat permukaan kulit.

Belum diketahui secara pasti mengapa pembengkakan pembuluh darah tersebut terjadi, tapi kemungkinan ini disebabkan oleh stres saat hamil. Jangan berusaha untuk mengobatinya sendiri. Lebih baik konsultasikan kepada dokter agar bisa diberikan terapi yang sesuai untuk menghilangkan keluhan tersebut.

5. Daging tumbuh berukuran kecil

Meski terdengar menyeramkan, daging tumbuh berukuran kecil atau polip kecil ini tidak berbahaya. Hormon kehamilan yang “ajaib” itu memang bisa memunculkan apa saja pada kulit Anda saat masa kehamilan berlangsung. Dokter pun bisa menghilangkannya dengan mudah saat Anda selesai melahirkan.

Selain lima hal di atas, sebenarnya masih ada lagi hal lain yang bisa dirasakan ibu hamil. Salah satu yang paling umum adalah pregnancy mask atau melasma. Melasma ditandai dengan bercak gelap di kulit dahi, bibir atas, ataupun pipi.

Kondisi tersebut muncul karena adanya peningkatan melanin berlebih yang memengaruhi sebanyak 75 persen ibu hamil. Umumnya, kondisi ini dialami oleh wanita keturunan Asia atau Afrika. Karena tidak banyak produk pemutih kulit yang boleh digunakan wanita saat hamil, gunakanlah tabir surya agar kondisi tersebut tidak bertambah parah saat Anda berada di luar rumah. Kondisi ini pun akan memudar setelah melahirkan.

Nah, itu dia berbagai “kejutan” yang akan Anda tamui saat hamil. Ada perubahan yang mengganggu penampilan, tapi banyak juga nantinya akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Apa pun kondisinya, Anda tetap harus bersyukur karena hamil merupakan salah satu anugerah terindah yang bisa dialami oleh seorang wanita. Jaga terus kesehatan diri dan janin dalam kandungan semaksimal mungkin, ya!

[RN/ RVS]

1 Komentar