Sukses

8 Tips Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil

Saat ibu hamil mengalami perut kembung, waktu istirahatnya akan terganggu dan daya tahan tubuh bisa turun. Ketahui cara yang tepat untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Perut kembung merupakan keluhan yang sering dialami ibu hamil. Hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri yang dapat mengganggu aktivitas ibu. Oleh sebab itu perlu diketahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Terbentuknya gas normal terjadi pada semua orang, termasuk ibu yang sedang mengandung. Pada ibu hamil, keluhan ini sering kali muncul dalam bentuk gas yang terasa seperti berputar-putar di dalam perut dan disebut perut kembung.

Penyebab perut kembung saat hamil

Penyebab wanita di masa kehamilan rentan mengalami perut kembung bisa bermacam-macam. Berikut ini adalah di antaranya:

  • Peningkatan hormon progesteron

Hormon progesteron ini menyebabkan otot tubuh mengalami relaksasi, termasuk otot pencernaan. Sehingga, proses pencernaan pun akan menjadi lebih lambat dan waktu yang dibutuhkan untuk proses pencernaan meningkat hingga 30 persen. Kondisi ini akan meningkatkan produksi gas dan menyebabkan perut kembung.

  • Pembesaran rahim

Semakin bertambahnya usia kehamilan juga dapat memicu timbulnya perut kembung pada ibu hamil. Hal ini bisa terjadi karena peningkatan tekanan pada rongga perut akibat pembesaran rahim berdampak pada melambatnya pencernaan, sehingga memperbanyak gas yang terbentuk.

  • Asupan makanan yang tidak tepat

Beberapa makanan juga dapat memicu terbentuknya gas saat kehamilan. Selain itu, vitamin hamil (terutama yang mengandung zat besi) juga dapat menyebabkan konstipasi yang berkontribusi terhadap produksi gas dalam perut ibu hamil.

Mengatasi perut kembung pada ibu hamil

Perut kembung pada ibu hamil tak boleh dibiarkan. Sebab, kondisi yang tidak nyaman juga akan mempengaruhi pertumbuhan janin. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat hamil untuk mengatasi perut kembung:

  • Minum banyak air

Minum air sebanyak 8–10 gelas setiap hari dapat mengurangi risiko konstipasi yang menyebabkan perut kembung. Hindari juga mengonsumsi alkohol dan soda yang dapat menyebabkan peningkatan gas pada pencernaan.

  • Makan perlahan dan sering

Makan dalam jumlah sedikit namun lebih sering akan lebih baik dibandingkan dengan langsung dalam jumlah besar yang dapat membebankan pencernaan untuk bekerja lebih keras dan berpengaruh terhadap pembentukan gas.

Selain itu, makanlah dengan pelan dan stabil. Jika terlalu cepat, udara yang masuk ke pencernaan akan lebih banyak, sehingga berdampak pada perut kembung.

  • Hindari konsumsi makanan bergas

Jauhkan makanan yang menimbulkan peningkatan gas pada pencernaan. Beberapa bahan makanan yang disebut-sebut sebagai pemicu produksi gas adalah kubis, brokoli, asparagus, gandum, dan kentang.

  • Konsumsi makanan sehat

Pilihlah makanan yang mengandung serat dan hindari makanan berminyak. Serat menyerap air di saluran pencernaan, berperan melunakkan kotoran dan memperlancar pembuangan feses. Buah-buahan seperti pisang dan sayuran mengandung serat tinggi dapat menjadi pilihan menu sehari-hari ibu hamil.

Sementara itu, makanan berminyak juga harus dihindari karena dapat memperlambat proses pencernaan yang berdampak pada perut kembung.

  • Minum air jahe hangat

Jahe memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah dapat mengatasi perut kembung. Selain itu, minuman jahe sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar ibu hamil tak mudah sakit. Tak perlu khawatir, jahe tidak memiliki dampak apapun, sehingga aman bagi ibu dan janin.

  • Kelola stres

Kecemasan dan stres dapat meningkatkan jumlah udara yang tertelan hingga menyebabkan perut kembung. Hilangkan stres sebisa mungkin. Luangkan waktu sejenak untuk tenang dan lakukan pengaturan napas serta relaksasi.

  • Lakukan pijatan ringan pada perut

Pijatan ringan dengan menggunakan minyak telon dapat membantu meringankan rasa nyeri dan membuat sistem pencernaan ibu hamil bekerja lebih aktif, sehingga perut kembung berangsur reda. Efek hangat dari minyak telon ini juga dapat menimbulkan rasa nyaman.

  • Gunakan pakaian longgar

Jangan salah, pakaian ketat ternyata dapat menjadi pemicu timbulnya perut kembung. Oleh sebab itu, gunakan pakaian longgar agar terhindar dari keluhan perut kembung dan Anda pun tetap merasa nyaman.

Kondisi perut kembung dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Untuk mencegahnya, aktivitas fisik seperti olahraga atau sekadar berjalan kaki sebaiknya dijadikan rutinitas sehari-hari. Selain menjaga fisik dan mental sehat, aktivitas fisik juga membantu mencegah konstipasi dan mempercepat pencernaan.

Lakukan jalan kaki setidaknya 30 menit setiap harinya dan pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda sebelum memulai olahraga di masa kehamilan.

Perut kembung adalah keluhan yang wajar dialami ibu hamil. Meski demikian, Anda perlu lebih waspada dengan bahaya yang mengintai akibat perut kembung tersebut. Lakukan berbagai tips di atas untuk mengatasinya. Apabila Anda mengalami nyeri berat lebih dari 30 menit atau konstipasi lebih dari satu minggu, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar