Sukses

Bernyanyi Bisa Merangsang Otak Penderita Alzheimer

Tak hanya meredakan stres, bernyanyi ternyata juga bisa merangsang otak penderita Alzheimer. Simak fakta medisnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Bernyanyi merupakan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Di samping itu, bernyanyi juga praktis dan dapat dilakukan di mana saja ― mulai dari tempat karaoke, kamar mandi, hingga di atas kendaraan. Bernyanyi juga dinilai bisa membantu mengembalikan kondisi tubuh yang lemas. Bahkan, terdapat penelitian yang juga menyebutkan bahwa bernyanyi juga bermanfaat untuk merangsang otak para penderita Alzheimer!

Bernyanyi dan kemampuan kognitif

Dilansir dari Independet UK, sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa bernyanyi secara berkelompok mampu meningkatkan kemampuan kognitif penderita demensia secara signifikan.

Sebelum berkesimpulan demikian, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian, Linda Maguire. mengamati pasien dengan gangguan ingatan yang bergabung dengan grup vokal. Pasien tersebut datang latihan tiga kali seminggu. Sebagian dari mereka diajak untuk bernyanyi, sementara sisanya hanya mendengarkan.

Perlu diketahui, sebelum tersebut bergabung dengan kelompok bernyanyi, para penderita Alzheimer itu menjalani tes terlebih dahulu kemampuan kognitif dan kepuasaan hidupnya. Hal ini dilakukan agar bisa dibandingkan dengan hasil yang dicapai setelah beberapa bulan latihan bernyanyi.

Kemudian, setelah empat bulan berlatih, para pasien Alzheimer yang aktif bernyanyi menunjukkan perubahan kemampuan kognitif yang signifikan. Sebaliknya, mereka yang hanya mendengarkan tidak mengalami perubahan yang berarti.

Sehubungan dengan hasil tersebut, para peneliti mengungkap bahwa pasien Alzheimer yang menjadi partisipan menyanyikan lagu-lagu yang akrab di telinga mereka masing-masing. Diketahui bahwa para peserta yang usianya belum terlampau tua umumnya memilih lagu-lagu era ’90-an untuk dinyanyikan bersama.

Hasil dari penelitian tersebut tentu membawa angin segar bagi para penderita Alzheimer, sekaligus keluarga yang merawatnya. Sebab, bernyanyi merupakan terapi paling murah dan menyenangkan untuk merangsang otak penderita Alzheimer.

Manfaat bernanyi lainnya

Tak sekadar membantu memperbaiki kedaan otak penderita Alzheimer, dr. Andika Widyatama dari KlikDokter mengatakan bahwa bernyanyi juga punya segudang manfaat berikut ini:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian menyimpulkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh. Ini artinya, dengan bernanyi, risiko Anda terserang berbagai penyakit infeksi juga bisa diperkecil.

  • Mengusir stres

Bernyanyi membuat tubuh Anda akan melepaskan sejumlah hormon endorfin dan oksitosin. Kedua hormon tersebut berperan dalam memperbaiki mood, meredakan perasaan cemas, serta meringankan stres yang sedang Anda alami.

  • Sirkulasi darah lebih optimal

Berdasarkan penjelasan dr. Andika, bernyanyi serupa dengan olahraga aerobik. Dengan kata lain, bernyanyi mampu meningkatkan kadar oksigen di dalam darah, serta memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

Bernyanyi ternyata tak hanya bermanfaat untuk merangsang kemampuan otak penderita Alzheimer, tapi juga bisa memicu banyak manfaat sehat untuk orang pada umumnya. Jadi, masih ragukah Anda untuk melakukan aktivitas menyenangkan yang satu ini?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar