Sukses

Tips Mudah Atasi Jet Lag Saat Traveling

Anda yang gemar traveling wajib tahu cara mengatasi jet lag dengan cepat dan mudah. Berikut ini adalah kiatnya.

Klikdokter.com, Jakarta Bisa dibilang traveling sudah menjadi gaya hidup tersendiri untuk masyarakat masa kini. Ke luar kota atau bahkan ke luar negeri minimal dilakukan setahun sekali untuk menyegarkan pikiran atau sekadar mengoleksi foto dan video bagus untuk dipamerkan di media sosial. Anda juga hobi traveling? Hati-hati, jangan sampai terkena jet lag.

Terlalu lama berada di pesawat dan perbedaan waktu antara negara asal dan negara tujuan bisa saja menyebabkan Anda mengalami jet lag. Belum lagi, gangguan tidur dan guncangan saat di perjalanan, juga turut membuat Anda kelelahan. Meski traveling mengasyikkan, kedua hal ini tak bisa dihindari.

Atasi dengan cara ini!

Dilansir dari Real Simple, semakin jauh Anda bepergian, semakin besar pula kemungkinan Anda untuk terkena jet lag. Misalkan, Anda bepergian dari New York ke London yang memiliki selisih waktu 5 jam. Artinya, ada kemungkinan bahwa Anda bisa mengalami jet lag selama lima hari.

Nah, untuk mempercepat masa pemulihan dari jet lag, atasilah dengan cara-cara berikut ini.

1. Tetap berolahraga saat traveling

Tahan dulu keinginan Anda untuk langsung tidur saat bertemu dengan kasur di penginapan. Merebahkan diri tidak akan membantu Anda untuk menghilangkan jet lag. Seorang travel editor bernama Amelia Mularz mengatakan, jet lag bisa dihilangkan dengan berolahraga.

Anda bisa melakukan joging, berenang, atau pergi ke pusat kebugaran di penginapan jika tersedia. Intinya, lakukanlah aktivitas fisik yang bermanfaat untuk memompa darah Anda kembali dan bisa mengembalikan energi Anda.

2. Hindari konsumsi kafein

Saat Anda sampai di tempat tujuan dan melihat suatu kafe unik yang aroma kopinya tercium, pastinya Anda tergoda untuk segera mengunjungi tempat itu. Meski demikian, urungkanlah dulu niat Anda. Sebab, kafein dapat membuat Anda dehidrasi, terutama enam jam sebelum tidur.

Memang benar bahwa kopi bisa membuat Anda lebih terjaga dan berenergi, tapi tidak dalam waktu yang lama. Efek kopi hanya bekerja sekitar 2 jam saja. Jika Anda tetap meminum banyak kafein saat jet lag melanda, kondisi jet lag yang sedang dialami bisa menjadi semakin parah.

Bagaimana dengan alkohol? Sama saja. Baik alkohol ataupun kopi, keduanya tidak akan menghilangkan jet lag. Akan lebih baik jika Anda menggantinya dengan banyak minum air putih supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan efek jet lag pun dapat berkurang.

3. Berjemur di bawah sinar matahari

JIka ingin mencoba cara ini, Anda dianjurkan untuk menggunakan sunblock saat berliburan. Sebab, sinar matahari di siang hari penting untuk circadian rhythm, sebagai stimulan yang kuat untuk mengatur jam biologis agar gangguan tidur akibat jet lag bisa menghilang. Hal ini juga dijelaskan pada laman Real Simple.

4. Makan secukupnya

Salah satu cara paling menyenangkan untuk mengatasi jet lag adalah dengan makan. Namun, Anda mesti menghindari makan terlalu banyak menjelang waktu tidur. Pasalnya, hal itu hanya akan mengacaukan jam tubuh Anda. Ikutilah pola dan waktu makan yang biasa dilakukan.

Makan di waktu yang terlalu cepat atau terlalu lambat bisa menyebabkan tubuh semakin “kaget”. Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi.

Kelima tips di atas diharapkan bisa membantu Anda meredakan jet lag dengan cepat dan mudah saat traveling. Kondisi tubuh yang belum mampu beradaptasi dengan waktu tentunya bisa mengganggu liburan Anda jika tidak diatasi dengan baik. Nah, Anda tak mau hal tersebut sampai terjadi, bukan? Jadi, selamat mencoba mengaplikasikannya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar