Sukses

8 Gejala Gangguan Kesehatan yang Harus Anda Waspadai

Ada beberapa gejala gangguan kesehatan yang saat terjadi pada tubuh Anda, harus diwaspadai karena bisa berakibat serius. Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala, demam, diare, atau konstipasi merupakan berbagai gejala gangguan kesehatan pada tubuh yang sebaiknya Anda waspadai. Beberapa gejala memang bisa hilang sendiri, tapi tak sedikit pula yang menjadi corak dan tanda adanya penyakit tertentu yang bisa berlanjut pada kondisi yang lebih serius.

Tak sedikit gejala kesehatan yang tampaknya sepele, tetapi menyimpan dampak berbahaya bagi tubuh. Bukan tak mungkin jika tak segera diatasi atau dicari tahu apa penyebabnya, ketika terdiagnosis sudah dalam tahap berat dan bisa berakibat fatal.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, di bawah ini adalah beberapa gejala kesehatan pada tubuh yang sering dialami dan harus diwaspadai.

  1. Corak merah pada mata

Kondisi ini dikenal sebagai perdarahan subconjunctival. American Heart Association mencatat bahwa kondisi ini sering terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) atau diabetes. Sementara kondisi ini tidak menyebabkan munculnya bintik-bintik, tapi keduanya terkait. Inilah salah satu alasan kenapa Anda dianjurkan untuk mengunjungi dokter mata setiap dua tahun.

  1. Jempol kaki bengkak

Ini bisa merupakan gejala awal asam urat yang tak hanya menyakitkan, tetapi dapat menandakan risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal. Butuh pemeriksaan medis untuk memperjelas kondisi ini.

  1. Mata tampak menonjol

Mata menonjol bisa menjadi pertanda tiroid yang terlalu aktif. Gejala lain biasanya turut muncul, seperti penurunan berat badan serta iritabilitas yang tidak dapat dijelaskan. Tes darah dan terapi yodium bisa menjadi solusi, meski sebetulnya kondisi ini juga bisa hilang dengan sendirinya.

  1. Tubuh memendek

Bagaimana bisa tubuh memendek?  Kondisi ini dapat terjadi bila Anda terkena osteoporosis. Ketika tulang melemah, tulang belakang mulai memadat dan perlahan tinggi badan pun menyusut. Segera kunjungi dokter ketika Anda mendapati celana yang biasa Anda pakai terlihat lebih panjang.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Air kencing keruh atau terdapat darah

Ketika Anda kencing, warna urine harus kuning terang seperti limun. Jika warnanya lebih kuning atau lebih gelap, bisa jadi itu adalah dehidrasi. Namun, ketika urine tampak keruh, Anda bisa saja memiliki batu kandung kemih. Pemeriksaan fisis dan urine dapat menunjukkan masalah pada tubuh secara akurat.

Jika urine mengandung darah dibarengi dengan rasa sakit di punggung, bisa jadi Anda terkena batu ginjal. Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di ginjal. Batu ginjal yang keluar dari tubuh saat Anda buang air kecil bisa terasa sangat menyakitkan.

Sementara itu, jika Anda melihat darah tapi tidak merasakan sakit, itu bisa jadi gejala kanker ginjal atau infeksi kandung kemih.

  1. Mulut terasa terbakar

Kondisi ini bisa terjadi karena gangguan saraf. Meskipun tidak ada tes untuk mendiagnosis masalah ini, dokter dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh demi menyingkirkan penyebab potensial lainnya, serta memberi resep yang dapat meringankan ketidaknyamanan Anda.

  1. Rambut rontok, alis menipis

Rambut rontok, termasuk alis, bisa menjadi tanda bahwa sistem tubuh bekerja secara lambat akibat tiroid yang kurang aktif (kerap disebut hipertiroidisme). Waspadalah jika Anda juga mengalami gejala lain seperti merasa dingin sepanjang waktu dan sembelit.

  1. Lengan dan kaki terasa lemah

Jika Anda merasa lemah atau mati rasa di lengah, kaki, atau wajah, bisa jadi itu tanda adanya stoke, terutama bila terjadi pada satu sisi tubuh. Stroke membuat Anda tidak dapat menjaga keseimbangan, merasa pusing, atau sulit berjalan. Segera cari bantuan jika tiba-tiba merasakan sakit kepala yang berat, merasa bingung, tidak bisa melihat dengan baik, atau kesulitan dalam berbicara.

Sebetulnya masih ada banyak lagi gejala gangguan kesehatan yang harus Anda waspadai, yang bisa menjadi tanda adanya penyakit serius. Untuk itu, sangat penting untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan melakukan cek kesehatan atau mengunjungi dokter secara rutin agar kondisi kesehatan Anda terus terpantau.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar