Sukses

Mengapa Jam 3 Sore Badan Lemas dan Tidak Fokus Bekerja?

Makin sore biasanya badan terasa lemas dan sulit fokus untuk bekerja. Mengapa hal itu bisa terjadi? Simak penjelasan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian dari Anda mungkin merasakan bahwa di pagi hari, tingkat fokus dan semangat masih terbilang tinggi untuk mengerjakan beragam tugas kantor. Nah menjelang sore hari, Anda akan mulai sulit fokus dan merasakan badan lemas.

Anda pun mulai membuka ponsel, bermain media sosial, cari-cari barang murah di internet, hingga menyenderkan kepala di meja. Itulah tandanya bahwa semangat Anda kendor dan tak lagi fokus menyelesaikan pekerjaan. Mengapa bisa demikian?

Kurang minum air

Dilansir dari Livestrong, seorang pakar kesehatan olahraga bernama Brad Thomas mengatakan, sebanyak 80 persen orang Amerika mengaku bahwa mereka tidak minum cukup air saat bekerja.

Hal itu menyebabkan tubuh tidak terhidrasi dengan baik dan bisa memicu hilangnya konsentrasi serta badan lemas. Apalagi bila suhu ruang kerja cukup dingin, keinginan untuk minum air pun jadi berkurang.

Sementara itu, dehidrasi juga menyebabkan adanya peningkatan laju otot untuk menggunakan glikogen (unsur glukosa yang berfungsi sebagai penyimpanan energi). Maka dari itu, umumnya Anda mulai mencari-cari makanan atau minuman manis untuk dikonsumsi saat jam 3 sore.

Bila tak terpenuhi, hal ini bisa menyebabkan hilangnya energi yang sebelumnya ada di tubuh Anda.

"Otak manusia mengandung 85 persen air. Apabila tidak terhidrasi dengan baik bisa memengaruhi kinerja mental seseorang," jelas Dr. Thomas.

Namun tanpa disadari, dengan mereka tidak menghidrasi tubuh dengan baik justru akan semakin memperburuk kondisi tubuh, mental, kemampuan berpikir, hingga hasil pekerjaan seseorang.

Efek kebiasaan minum kopi di sore hari

Saat Anda mulai sulit fokus dan badan terasa lesu, minum kopi untuk melanjutkan aktivitas memang tak salah. Sebab, menurut ahli dari Institute of Food Technologist, stimulan seperti kafein bisa meningkatkan adrenalin, sehingga membuat jantung bekerja lebih keras dan memberikan perasaan lebih berenergi. Namun, efek tersebut hanya berlangsung selama kurang lebih 2 jam.

Perlu diingat, jika Anda mengonsumsi kopi terus-menerus demi mendapatkan konsentrasi tinggi, maka efek yang dihasilkan bisa sebaliknya. Anda akan merasakan lelah dan kehilangan fokus bekerja.

Oleh sebab itu, batasi konsumsi kopi Anda mulai sekarang (tidak lebih dari 2 gelas sehari) supaya di sore hari Anda tidak kehilangan semangat yang akibatnya dapat mengganggu waktu istirahat Anda di malam hari.

Dijelaskan oleh dr. Dewi Ema Anindia dari KlikDokter, selain kurang terhidrasi dengan baik, ada lagi faktor lainnya yang menyebabkan Anda kehilangan fokus, yaitu faktor teknologi serta stres. Dari pagi sampai sore, tentunya banyak produk teknologi yang Anda gunakan. Mulai dari gawai, tablet, hingga komputer. Bahkan, ada orang yang bekerja dengan 2 layar komputer sekaligus.

Jika kebiasaan tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup lama, mata akan kelelahan. Apalagi bila pekerjaan yang sedang diselesaikan cukup menguras otak dan energi. Akibatnya semangat akan berkurang dan yang tersisa hanya perasaan stres.

Nah agar jam 3 sore tak lagi menjadi "jam malas" Anda di kantor, penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan cukup minum air. Jangan minum kopi secara berlebihan. Luangkan waktu sebentar untuk berdiri dan berjalan-jalan di sekitar kantor. Semua itu perlu Anda lakukan untuk memulihkan kondisi yang Anda alami akibat badan lemas, sehingga bisa kembali fokus untuk bekerja.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • Salim Gate

    bu anak saya lgi diare trus di kasih obat cacing ampe skrg diare malah lebih dari kmren apakah ada kndala krna lg gg sehat di kasih obat cacing