Sukses

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian

Sudahkah Anda memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari? Jangan sampai tidak! Ini alasan medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu zat gizi yang wajib Anda dapatkan dalam jumlah cukup setiap hari adalah kalsium. Bila zat ini tidak tercukupi, kesehatan tulang dan gigi Anda yang akan terancam.

Pada tubuh, 99% kalsium disimpan di tulang dan gigi untuk mendukung struktur dan fungsinya. Saat kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil cadangan kalsium dari tulang dan gigi.

Kalsium itu sendiri memiliki fungsi penting untuk kontraksi dan dilatasi pembuluh darah, kerja otot (termasuk jantung), transmisi sistem saraf, sekresi hormon, membuat tulang dan gigi yang kuat, serta menjamin pembekuan darah normal.

Kebutuhan kalsium, ini pedomannya

Memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari bukanlah perkara mudah. Ini karena setiap rentang usia memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda-beda. Berdasarkan Recommended Dietary Allowance (RDA) yang dibuat oleh Institute of Medicine of the National Academies, berikut adalah acuan kebutuhan kalsium yang dimaksud:

  • Usia 0–6 bulan: 200 miligram per hari, baik untuk pria maupun wanita
  • Usia 7–12 bulan:  260 miligram per hari, baik untuk pria maupun wanita
  • Usia 1–3 tahun: 700 miligram per hari, baik untuk pria maupun wanita
  • Usia 4–8 tahun: 1000 miligram per hari, baik untuk pria maupun wanita
  • Usia 9–13 tahun: 1300 miligram per hari, baik untuk pria maupun wanita
  • Usia 14–18 tahun: 1300 miligram per hari, baik untuk pria maupun wanita (termasuk wanita hamil dan menyusui)
  • Usia 19–50 tahun: 1000 miligram per hari, baik untuk pria maupun wanita (termasuk wanita hamil dan menyusui)
  • Usia 51–70 tahun: 1000 miligram per hari untuk pria, 1200 miligram per hari untuk wanita
  • 71 tahun: 1200 miligram per hari, baik untuk pria maupun wanita
1 dari 3 halaman

Sumber kalsium yang bisa Anda peroleh

Kalsium bisa Anda dapatkan dari makanan dan minuman, suplemen, maupun obat.

  • Makanan dan minuman

Untuk sumber kalsium yang pertama, susu dan produk dairy seperti keju dan yoghurt merupakan yang paling baik dan dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, kalsium juga banyak ditemukan pada sayuran yang berdaun hijau seperti brokoli, kale, kubis, kecuali bayam.

  • Suplemen

Jika Anda tak terlalu gemar mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium, zat gizi ini juga bisa ditemukan pada suplemen yang dijual bebas di pasaran.

Terdapat dua bentuk suplemen kalsium, yaitu kalsium karbonat yang perlu dikonsumsi bersama makanan agar penyerapannya efektif, dan kalsium sitrat yang diserap dengan baik bagaimana pun cara mengonsumsinya.

Setiap suplemen mengandung kandungan kalsium elemental yang berbeda-beda. Jadi, kandungannya perlu dibaca kembali pada kemasan produk. Penyerapan kalsium paling baik terjadi pada dosis di bawah 500 mg.

  • Obat

Obat antasid mengandung kalsium karbonat, dan berfungsi menetralkan asam lambung. Umumnya, kalsium karbonat mengandung 200–400 mg kalsium elemental, tergantung pada sediaan obat.

2 dari 3 halaman

Risiko kekurangan kalsium

Ada beberapa faktor yang memengaruhi penyerapan kalsium, sehingga penting untuk diperhatikan.

  • Jumlah kalsium yang dikonsumsi. Efisiensi penyerapan akan berkurang jika intake kalsium bertambah
  • Usia. Penyerapan kalsium terbaik terjadi di masa balita dan anak-anak. Akan berkurang setelah dewasa
  • Faktor vitamin D. Vitamin akan meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh
  • Makanan yang mengandung phytic acid―misalnya kacang-kacangan, dan oxalic acid―misalnya bayam dan ubi, yang dapat mengikat kalsium sehingga mengganggu proses penyerapan di dalam tubuh.

Selain yang sudah disebutkan, risiko kekurangan kalsium juga bisa terjadi akibat hal-hal lainnya. Contohnya: menopause, amenorea, atlet wanita, alergi susu sapi atau mengalami intoleransi laktosa, serta gaya hidup vegetarian.

Dengan mengetahui betapa pentingnya kalsium bagi tubuh, diharapkan Anda tak lagi luput untuk mengonsumsi asupan yang mengandung zat gizi ini. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium dan zat gizi lain setiap hari, kesehatan tubuh pasti akan Anda miliki.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar