Sukses

Sebelum Donor Platelet, Ini Persiapan yang Harus Anda Lakukan

Memperingati Hari Palang Merah Indonesia, ketahui apa itu donor darah platelet dan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum donor.

Klikdokter.com, Jakarta Mungkin Anda sudah paham mengenai donor darah, baik manfaat dan cara untuk mendonorkan darah Anda. Tapi, ada juga donor darah selain yang Anda ketahui selama ini, yakni donor platelet atau keping darah. Lalu, apakah ini sama dengan donor darah biasa, baik dari persiapan atau manfaatnya?

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, donor darah platelet merupakan proses penyumbangan komponen darah yang bernama platelet tersebut dari satu manusia ke manusia yang lain. Secara garis besar sama, tetapi yang ditransfusikan komponen darahnya berbeda.

Cara untuk mendonorkan darah platelet ini adalah dengan menggunakan alat atau melalui proses apheresis. Komponen darah yang bernama platelet dipisahkan dari komponen darah lainnya sebelum disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Sementara itu, komponen darah yang tidak digunakan dikembalikan lagi ke tubuh di pendonor darah. Platelet sendiri memiliki fungsi utama dalam proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Ada beberapa persiapan sebelum melakukan donor darah platelet. Sebagai besar memang sama seperti melakukan donor darah biasa, tapi untuk interval donor bisa dilakukan lebih sering.

Menurut Palang Merah Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum donor darah platelet:

  1. Berat badan pria minimal 55 kg dan wanita minimal 60 kg.
  2. Kadar hemoglobin 13–17 gr/dL.
  3. Tekanan darah sistol antara 110–150 mmHg dan diastol 70–90 mmHg.
  4. Interval donor minimal 2 minggu sekali.

Selain itu, seperti lazimnya orang mendonorkan darah, Anda harus tidur cukup. Sebelum mendonorkan darah platelet, Anda harus tidur 7-8 jam serta banyak minum air putih. Ini dilakukan agar kadar hemoglobin dan tekanan darah menjadi stabil.

Manfaat bagi pendonor dan penerima

Donor platelet memiliki beberapa manfaat baik bagi pendonor maupun bagi si penerima, yakni:

Pendonor

  • Bisa mengecek kesehatan secara rutin karena secara tidak langsung kesehatan tubuh Anda akan diperiksa apakah layak untuk mendonorkan darah atau tidak.
  • Mengurangi stres karena dengan mendonorkan darah dapat timbul perasaan bersyukur telah berbagi untuk kebaikan orang lain.
  • Dengan mendonorkan darah dipercaya dapat membakar sejumlah kalori di dalam tubuh Anda.
  • Mendonorkan darah dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Penerima

  • Platelet dapat diberikan untuk seseorang yang mengalami kekurangan kadar platelet di dalam darahnya karena suatu penyakit infeksi, seperti pada demam berdarah dengue.
  • Orang dengan penyakit autoimun butuh donor darah platelet. Karena biasanya, penyakit autoimun justru menghancurkan pletlet dalam tubuh penderita autoimun.
  • Pasien kanker akan membutuhkan donor platelet karena efek samping pengobatan kanker yang dilakukan dapat menurunkan kadar platelet tubuh.
  •  pendarahan pada bagian tubuh yang disebabkan oleh suatu kecelakaan atau operasi, kadang memerlukan donor platelet untuk mengganti darah yang terbuang.

Anda kini sudah mengetahui jenis donor platelet dan manfaatnya bagi tubuh penerima dan pendonor. Tidak ada salahnya rutin melakukan donor darah untuk membantu sesama. Jangan lupa perhatikan persiapannya dan syarat untuk bisa melakukan donor darah platelet ini!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar