Sukses

Alasan Roti Gandum Baik untuk Diet Anda

Roti gandum bisa jadi pilihan asupan untuk diet Anda. Apa manfaat roti gandum untuk diet? Mari ketahui penjelasan dan cara konsumsinya di sini.

Orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badan biasanya akan mencari alternatif pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Dari sekian banyak pilihan yang tersedia, roti gandum mulai dilirik. 

Tapi, benarkah roti gandum bisa menurunkan berat badan? Cek dulu manfaat roti gandum untuk diet di artikel ini.

1 dari 4 halaman

Roti Gandum Vs Roti Tawar Biasa

Roti gandum yang terbuat dari gandum untuh atau yang dikenal dengan whole grain. Roti ini berbeda dengan roti tawar putih biasa yang lebih dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Meski keduanya berbahan dasar yang sama, yaitu gandum, roti gandum dibuat dari bagian yang berbeda.

Gandum yang biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan roti memiliki tiga bagian utama, yaitu kulit (bran), tengah (endosperma), dan lembaga (germ).

Bagian kulit atau bran mengandung banyak serat, mineral, dan antioksidan. Bagian tengah atau endosperma mengandung banyak pati yang tinggi karbohidrat. Adapun bagian lembaga atau germ mengandung banyak vitamin, mineral, protein, dan zat-zat tanaman lainnya.

Bagian endosperma, yang paling kaya akan pati, kemudian digunakan sebagai bahan dasar pembuatan roti putih. Adapun, roti gandum yang whole wheat atau whole grain menggunakan gandum utuh dalam pembuatannya, yaitu yang masih menggandung bran, endosperma, dan germ.

Karena dibuat dari gandum utuh, roti gandum kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Artikel lainnya: Asyik, Simak Manfaat Gandum untuk Kecantikan Ini

2 dari 4 halaman

Kelebihan Roti Gandum untuk Program Diet

Beberapa manfaat roti gandum untuk diet dan kesehatan secara umum adalah:

1. Mengandung Serat yang Tinggi

Roti gandum cocok untuk diet karena mengandung serat yang tinggi karena terbuat dari gandum utuh. Asupan tinggi serat akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Anda pun terhindar untuk ngemil dan mengonsumsi makanan lain. Mengonsumsi roti gandum akan mendukung penurunan berat badan karena dapat membuat Anda menghindari konsumsi jumlah kalori yang berlebihan.

2. Mengunyah Lebih Lama

Karena mengandung banyak serat, mengunyah roti gandum akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Aktivitas ini membuat Anda merasa lebih cepat kenyang karena memicu peregangan lambung, memicu respons hormon pencernaan, dan menurunkan kecepatan makan.

Dengan mengunyah lebih lama dan tidak terburu-buru, Anda akan menyadari rasa kenyang sehingga tidak makan berlebihan. 

3. Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada roti gandum akan membantu proses pencernaan dan mencegah konstipasi. Hal ini tentu akan mendukung program diet yang sedang dijalankan, bukan?

Artikel lainnya: Kenali Makanan Whole Grain dan Manfaatnya bagi Tubuh

4. Tinggi Nutrisi dan Rendah Kalori

Roti gandum mengandung banyak vitamin dan mineral dibandingkan sumber karbohidrat lain dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

Vitamin B, vitamin E, seng, zat besi, magnesium, dan mangan adalah beberapa nutrisi penting dalam roti gandum. 

5. Membantu Menghindari Berbagai Jenis Penyakit

Sering kali makanan atau minuman yang diklaim dapat membantu program diet malah memberi efek buruk pada kesehatan. Lain halnya dengan roti gandum yang dapat membantu menghindari berbagai jenis penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes melllitus, obesitas, dan kanker.

3 dari 4 halaman

Tips Turunkan Berat Badan dengan Roti Gandum

Anda kini tertarik mendapatkan manfaat roti gandum untuk diet di atas? Cara penyajiannya cukup mudah kok. Anda bisa mengombinasikannya roti gandum dengan buah-buahan, sayuran segar, telur (putihnya saja).

Perlu diingat, prinsip diet untuk menurunkan berat badan adalah defisit kalori, yaitu kalori yang masuk ke dalam tubuh harus lebih sedikit dibandingkan kalori yang keluar dari tubuh.

Untuk dapat menurunkan berat badan, Anda harus mengontrol jumlah makanan yang dimakan serta memperbanyak olahraga dan aktivitas fisik.

Mengonsumsi roti gandum atau makanan apa pun akan sia-sia bila jumlah kalori yang dimakan lebih banyak dibandingkan kalori yang dibakar. Ketahui berat badan ideal Anda dengan Kalkulator BMI dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar