Sukses

4 Alasan Roti Gandum Baik untuk Diet Anda

Roti gandum merupakan sumber karbohidrat yang kaya serat, namun memiliki sedikit kalori. Yuk, konsumsi roti gandum untuk program diet Anda!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, tentunya membutuhkan alternatif pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Roti gandum sendiri adalah salah satu menu karbohidrat yang paling sering dipilih untuk menggantikan nasi saat makan. Namun, bagaimana jika dikonsumsi saat diet?

Roti gandum vs roti tawar biasa

Roti gandum memang belum banyak dikonsumsi secara luas di Indonesia. Banyak masyarakat lebih mengenal roti tawar biasa atau sering disebut roti putih sebagai roti yang dikonsumsi sehari-hari, misalnya saat sarapan.

Selain itu, banyak yang menganggap dengan mengganti nasi menjadi roti putih saja sudah dapat membantu program diet dan memperbaiki kesehatan, misalnya pada penderita diabetes. Kenyataannya, persepsi ini tidaklah benar.

Roti gandum berbeda dengan roti putih. Meskipun keduanya sama-sama terbuat dari bahan dasar gandum, namun ternyata dari bagian yang berbeda. Gandum yang digunakan dalam pembuatan roti sendiri memiliki beberapa bagian utama, yaitu kulit (bran), tengah (endosperma) dan lembaga (germ).

Bagian endosperma atau bagian tengah adalah bagian gandum yang paling kaya akan pati. Nah, bagian inilah yang kemudian digunakan sebagai bahan dasar pembuatan roti putih.

Sedangkan, roti gandum terutama whole-wheat, menggunakan ketiga bagian gandum tersebut dalam pembuatannya, sehingga menjadikannya lebih kaya akan serat dan berbagai vitamin serta mineral.

Kelebihan roti gandum untuk program diet

Memilih roti gandum tentu lebih baik untuk diet Anda dibandingkan roti putih, apalagi nasi. Beberapa kelebihan roti gandum yang bermanfaat untuk diet Anda antara lain:

  1. Kenyang lebih lama

Roti gandum mengandung lebih dari dua kali serat roti putih. Kandungan serat ini akan menambah volume pada makanan tanpa menambah jumlah kalori, sehingga dapat membuat Anda tidak cepat lapar. Dengan demikian, Anda pun tidak terlalu banyak makan dalam sehari.

Bersama buah-buahan dan sayuran lainnya, konsumsi roti gandum sebagai makanan pokok akan membantu menurunkan berat badan Anda dengan lebih cepat dan tentunya lebih sehat.

  1. Mengunyah lebih lama

Makanan tinggi serat seperti roti gandum membuat Anda mengunyah lebih lama untuk memproses makanan. Mengunyah lebih lama akan membuat Anda menjadi lebih cepat kenyang dengan memicu peregangan lambung, memicu respon hormon pencernaan, dan menurunkan kecepatan makan.

Singkatnya, konsumsi roti gandum akan mencegah Anda makan terburu-buru dan membantu Anda menyadari saat merasa kenyang, sehingga tidak makan berlebihan.

  1. Melancarkan pencernaan

Anda tentu sudah sering mendengar bahwa serat baik untuk pencernaan dan kekurangan serat dapat menyebabkan Anda sulit BAB. Padahal, dalam program diet untuk menurunkan berat badan, pencernaan yang sehat dan lancar adalah hal yang sangat penting.

Konsumsi roti gandum dengan kandungan serat yang cukup tinggi akan membantu melancarkan pencernaan Anda.

  1. Tinggi nutrisi, namun rendah kalori

Saat menjalani program diet, tentu penting untuk tetap mencukupi kebutuhan berbagai vitamin dan mineral, meski mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Roti gandum memiliki lebih banyak kandungan vitamin B, vitamin E, dan berbagai mineral dibandingkan dengan sumber karbohidrat lain dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kebutuhan mikronutrien ini tanpa harus waswas akan kelebihan kalori.

Jika Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, roti gandum adalah salah satu pilihan untuk menggantikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Namun, hati-hati dengan jenis roti dengan embel-embel gandum yang dijual di pasaran. Prinsipnya, utamakan memilih roti gandum berlabel whole-wheat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar