Sukses

Ikut Car Free Day? Lakukan Ini untuk Lindungi Kulit Anda

Takut kulit rusak saat car free day? Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan perlindungan kulit terbaik.

Klikdokter.com, Jakarta Beraktivitas fisik di akhir pekan, seperti joging atau bersepeda saat car free day, merupakan hal yang positif. Apalagi bila Anda mengajak kerabat dekat, aktivitas pasti terasa lebih menyenangkan. Adanya flashmob serta jajanan semasa kecil di lokasi, juga bikin makin antusias. Saat seru-seruan, tetaplah ingat untuk menjaga kesehatan kulit apalagi Anda akan terpapar sinar matahari.

Kurangnya persiapan dalam menjaga kesehatan kulit sebelum maupun sesudah car free day, akan membuat kulit cepat rusak. Tentunya hal tersebut jangan sampai menimpa kulit Anda. Untuk mencegah hal tersebut, sebelum beraktivitas di car free day, perhatikanlah beberapa hal di bawah ini agar kulit senantiasa tetap terlindungi.

1. Gunakan tabir surya

Selalu gunakan tabir surya sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Perhatikan juga nilai SPF-nya. Sebab, minimal yang dianjurkan sebanyak 25-30. Bagaimana dengan SPF yang lebih tinggi? Tentu lebih baik! Dipakainya pun tidak hanya sekali. Anda harus mengulangi pemakaiannya tiap jam. Meski sudah memakai tabir surya, tetap pastikan Anda tidak terlalu lama berada langsung di bawah sinar matahari.

2. Bila perlu gunakan manset tangan

Tidak suka sensasi lengket yang terkadang muncul setelah memakai tabir surya? Kalau begitu, coba saja kenakan manset untuk berolahraga. Saat mengenakan kaus lengan pendek untuk beraktivitas di car free day, tak jarang setelahnya tubuh Anda, khususnya di bagian lengan, akan menjadi “zebra” karena belang. Maka, gunakanlah manset tangan dan pilih bahan mudah yang menyerap keringat.

3. Kompres air dingin & gunakan aloe vera

Tak punya tabir surya, malas pakai manset, dan kulit telanjur “gosong” sehabis car free day? Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes yang dilansir dari KlikDokter, mengompres kulit dengan air dingin atau mandi air dingin setelah “panas-panasan”, akan membantu mengatasi rasa perih, panas, dan kemerahan yang timbul akibat terpapar sinar matahari. Apabila kulit masih terasa kering, manfaatkanlah gel aloe vera yang bisa memberikan sensasi dingin pada kulit supaya kelembapan kembali terjaga.

4. Siapkan handuk lembut

Untuk mengelap keringat, khususnya di daerah wajah, gunakanlah handuk yang berbahan lembut supaya tidak mengiritasi kulit Anda. Kondisi kulit yang kering akibat sinar matahari akan makin memburuk jika Anda mengelap keringat dengan handuk kasar dan dengan gerakan yang kasar pula.

5. Konsumsi cukup air dan vitamin C

Hendak melakukan aktivitas apa pun, minum cukup air adalah solusi terbaik. Dengan minum banyak air, kesegaran tubuh selalu terjaga dan memengaruhi kesehatan serta kecantikan kulit Anda. Konsumsi pula vitamin C supaya daya tahan tubuh tetap terjaga, mengingat saat car free day nanti, akan banyak sekali orang yang datang. Hal itu tentu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kulit menular, seperti cacar air dan campak.

Kelima tips di atas diharapkan bisa membantu melindungi kulit Anda sebelum dan sesudah car free day. Ingat, beraktivitas fisik di luar ruangan memang berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, jangan lupa untuk selalu melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan polusi sekitar.

[RS/ RVS]

5 Komentar