Sukses

Pilihan Susu yang Aman untuk Orang dengan Diabetes

Temukan pilihan susu yang aman diminum, termasuk bagi penderita diabetes. Berikut ini adalah penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Bingung memilih susu yang aman untuk masalah diabetes Anda? Sebelum membeli susu, perhatikan komposisi yang tertera pada label untuk memastikan susu yang akan diminum tak mengganggu upaya Anda dalam mengontrol kadar gula darah.

Secara umum, susu kaya akan kalsium dan protein. Namun, susu juga mengandung karbohidrat dan asam lemak jenuh. Kedua komponen ini, terutama karbohidrat, amat memengaruhi kontrol gula darah penderita diabetes.

Karbohidrat dan gula tambahan dalam susu

Karbohidrat di dalam susu berbentuk laktosa. Kurang lebih terdapat 12 gram laktosa dalam 1 gelas berisi 240 ml susu sapi. Jumlah ini sudah bisa memenuhi sepertiga hingga seperempat kebutuhan karbohidrat penderita diabetes, yang umumnya dibatasi 45-60 gram setiap kali makan.

Agar lebih aman, perhatikan pula apakah susu tersebut mengandung gula tambahan atau pemanis. Bila ya, maka jumlah total karbohidrat di dalam satu takaran saji produk susu adalah hasil penjumlahan laktosa dan gula tambahan, yang biasanya ada dalam bentuk sukrosa.

Selain itu, penderita diabetes juga dianjurkan untuk menghindari susu dengan kadar asam lemak jenuh dan asam lemak trans yang tinggi.

Sebaiknya, pilih susu yang mengandung asam lemak sehat seperti MUFA (monounsaturated fatty acids) dan PUFA (polyunsaturated fatty acids). Kedua jenis asam lemak sehat ini amat baik untuk menjaga kestabilan kadar gula darah serta menyehatkan jantung dan pembuluh darah Anda.

Susu yang aman untuk orang dengan diabetes

Bagi penderita diabetes, jenis susu yang dianggap terbaik bisa bervariasi pada tiap individu. Sebab, hal ini sangat dipengaruhi oleh kegemaran seseorang terhadap rasa tertentu dan kebutuhan asupan karbohidrat hariannya.

Berikut ini adalah komposisi beberapa jenis susu yang cukup umum ditemui per satu takaran saji 240 mL. Komposisi di bawah ini adalah kandungan murni susu tanpa ditambahkan pemanis.

  • Susu sapi (whole milk)

Kalori            158 Kkal

Karbohidrat   11,5 gr

Lemak          9,05 gr

Protein          8,11 gr

Kalsium        294,2 mg

  • Susu skim

Kalori            91 Kkal

Karbohidrat   12 gr

Lemak          0,61 gr

Protein          8 gr

Kalsium        316 mg

  • Susu kedelai

Kalori            95 Kkal

Karbohidrat   4 gr

Lemak          4,5 gr

Protein          8 gr

Kalsium        330 mg

  • Susu beras (rice milk)

Kalori            130 Kkal

Karbohidrat   26 gr

Lemak          2,5 gr

Protein          1 gr

Kalsium        315 mg

  • Susu kelapa (coconut milk)

Kalori            45 Kkal

Karbohidrat   1 gr

Lemak          4,25 gr

Protein          0 gr

Kalsium        220 mg

  • Susu almon (almond milk)

Kalori            35 Kkal

Karbohidrat   1 gr

Lemak          2,5 gr

Protein          1 gr

Kalsium        330 mg

1 dari 2 halaman

Jadi, pilih susu yang mana?

Setelah menyimak komposisi masing-masing susu di atas bisa disimpulkan bahwa susu beras memiliki kadar karbohidrat yang tertinggi, diikuti oleh susu sapi whole milk maupun susu skim.

Bila tujuannya untuk membatasi asupan karbohidrat, susu almon merupakan pilihan terbaik karena hampir tidak mengandung karbohidrat. Akan tetapi, kandungan proteinnya sangat sedikit. Susu kelapa juga rendah karbohidrat, tetapi kandungan lemak cukup tinggi dan tidak mengandung protein.

Bila ingin membatasi asupan karbohidrat dengan tetap mendapatkan cukup protein dan kalsium, susu kedelai merupakan pilihan terbaik. Dan bila ingin membatasi konsumsi lemak, Anda bisa memilih susu skim.

Bila Anda penderita diabetes dengan alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, maka alternatif susu yang aman dikonsumsi yakni susu kedelai atau susu almon. Keduanya rendah kalori dan rendah karbohidrat, namun kaya kalsium.

Semua jenis susu pada dasarnya aman dikonsumsi saat Anda mengalami diabetes. Asalkan, Anda tahu cara menghitung dan membatasi asupan karbohidrat harian. Yang terpenting, ingatlah untuk selalu memeriksa fakta nutrisi pada kemasan susu dan mengonsumsinya dalam batas wajar, yakni kurang lebih 2 gelas dalam sehari.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar