Sukses

Lima Manfaat Sleeping Mask untuk Kulit Wajah

Saat ini penggunaan sleeping mask sangat diminati sebagai salah satu rutinitas perawatan kulit wajah. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Sesuai namanya, sleeping mask digunakan pada malam hari saat tidur. Dengan pemakaian sleeping mask, diharapkan kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan terasa lebih kenyal. Sebetulnya, apa saja manfaat sleeping mask untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah?

Jangan hanya membeli sleeping mask karena tren, tapi Anda juga perlu tahu bahwa pemakaiannya untuk kulit wajah bisa membawa manfaat untuk kulit wajah. Apa saja? Simak di bawah ini.

1. Membantu regenerasi kulit

Saat malam hari, kulit akan melakukan regenerasi, khususnya antara pukul 10 malam hingga 2 pagi. Nah, penggunaan sleeping mask dapat membantu proses ini menjadi lebih lancar, apalagi jika sleeping mask yang dipakai sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Menjaga kelembapan kulit wajah

Salah satu kandungan sleeping mask adalah gliserin dan asam hialuronat. Penggunaan gliserin dapat membantu memperbaiki hidrasi kulit, sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap dan elastis. Sedangkan asam hialuronat sendiri dapat membantu menjaga kandungan air di dalam kulit wajah, sehingga mencegah kulit cepat kering.

3. Membantu produk perawatan wajah bekerja optimal

Ternyata, pemakaian sleeping mask dapat membantu kerja produk perawatan wajah lainnya (tentunya yang sesuai dengan kondisi kulit wajah), agar lebih bisa terserap dengan baik ke dalam kulit.

4. Melindungi wajah saat tidur

Saat Anda tertidur, pemakaian sleeping mask dapat mencegah wajah dari penempelan kotoran dan debu dari bantal atau seprai yang dapat memicu penyumbatan pori-pori kulit dan menimbulkan keluhan kulit seperti jerawat.

5. Menenangkan kulit wajah 

Penggunaan sleeping mask mampu memberikan nutrisi bagi kulit wajah, sehingga dapat memberikan sensasi menenangkan (soothing), khususnya setelah Anda beraktivitas seharian di luar rumah.

Sleeping mask atau yang juga disebut sebagai overnight mask dapat digunakan oleh siapa saja, tapi yang paling bisa merasakan manfaatnya adalah orang dewasa yang sudah masuk usia penuaan. Ini karena semakin bertambahnya usia, tingkat hidrasi dan kelembapan kulit semakin berkurang, sehingga diperlukan produk perawatan tambahan untuk menjaga kadar hidrasi di dalam kulit.

Kiat menggunakan sleeping mask dengan benar

Berbagai manfaat sleeping mask bisa Anda rasakan jika digunakan secara rutin, sesuai dengan kondisi kulit, dan sesuai dengan aturan pakai. Supaya manfaatnya lebih optimal, coba ikuti kiat menggunakan sleeping mask dengan tepat.

  1. Pilihlah varian sleeping mask yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit wajah Anda. Pemilihan sleeping mask yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru efek samping yang Anda dapat, bukannya manfaat.
  2. Gunakan sleeping mask sesuai aturan pakai, jangan digunakan secara berlebihan. Penggunaan yang berlebihan tidak akan memberikan manfaat lebih atau kerja yang maksimal, tapi justru bisa memicu efek samping di kulit wajah.
  3. Waktu penggunaan sleeping mask sebaiknya 10 menit sebelum tidur menyerap ke dalam kulit dan tidak mudah menempel di sarung bantal atau seprai.
  4. Sebelum mengoleskan masker, pastikan cuci bersih wajar dari riasan dan kotoran yang menempel setelah seharian beraktivitas.

Agar penggunaan sleeping mask dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kulit wajah, bagi Anda pemilik kulit wajah sensitif atau bermasalah, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter kulit terlebih dulu. Supaya perawatan kulit wajah lebih maksimal, terapkan pola hidup sehat dengan rutin minum air putih setiap hari minimal 8 gelas, perbanyak konsumsi sayur dan buah, istirahat cukup setidaknya 7-8 jam setiap hari, serta rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Selamat mencoba!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar