Sukses

4 Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang merupakan salah satu upaya untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari. Cari tahu caranya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan tulang adalah satu hal yang tak bisa diabaikan. Sebab, semakin tua usia seseorang, kesehatan tulang juga semakin berkurang. Jadi, jika Anda tak menjaga kesehatan tulang sejak sekarang, osteoporosis alias tulang keropos sangat mungkin untuk terjadi di masa mendatang.

“Menjaga kesehatan tulang dan otot merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan, khususnya jika usia Anda sudah menginjak 40 tahun. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, pengeroposan tulang juga kian mengintai Anda,” kata dr. Irma Rismayanty.

Cara menjaga kesehatan tulang

Anda tentu ingin memiliki tulang yang kuat sepanjang masa, bukan? Dilansir dari Men’s Journal, berikut empat cara yang bisa Anda terapkan:

  1. Diet tinggi kalsium

Kalsium adalah mineral penting yang memberikan kekuatan pada tulang dan gigi. Zat gizi tersebut juga membantu berbagai fungsi tubuh, seperti pembekuan darah dan kontraksi otot.

Sebagai upaya menjaga kesehatan tulang, Anda disarakan untuk mengonsumsi 1.000 hingga 1.200 miligram kalsium setiap hari. Zat gizi tersebut bisa Anda temukan pada susu, keju, ikan sarden, ikan salmon, kale, dan brokoli.

  1. Perbanyak asupan vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Menurut The National Osteoporosis Foundation,orang dewasa di bawah usia 50 tahun membutuhkan 400 hingga 800 IU vitamin D dalam sehari. Sedangkan orang dewasa di atas usia 50 tahun membutuhkan 800 hingga 1000 IU vitamin D dalam sehari.

Asupan vitamin D terbaik berasal dari sinar matahari pagi. Di samping itu, vitamin tersebut juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi susu, ikan tuna, ikan makerel, ikan salmon, dan minyak ikan.

  1. Olahraga secara rutin dan teratur

Tulang adalah jaringan hidup yang terus berubah, beberapa sel menambahkan kalsium ke tulang dan sisanya mengeluarkan mineral dari tulang. Ketika Anda memperkuat tulang melalui aktivitas fisik, sel-sel meningkatkan laju penambahan kalsium sehingga tulang tumbuh lebih padat dan kuat.

Adapun beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan agar kesehatan tulang tetap terjaga hingga tua, misalnya berjalan kaki, melompat, berlari, dan bersepeda. Olahraga tersebut sangat baik untuk dilakukan selama 30 menit setiap hari.

  1. Hindari rokok

Banyak penelitian ynag telah membuktikan bahwa rokok mengandung ribuan racun berbahaya, yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kerusakan pada tulang.

Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa kebiasaan merokok bisa menyebabkan lonjakan tingkat protein yang terlibat dengan resorpsi tulang. Kondisi ini sering dikaitkan dengan faktor risiko lain yang memengaruhi kesehatan tulang.

Tak sebatas itu, rokok pun telah terbukti menjadi salah satu hal yang dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk memiliki kesehatan tulang yang terus terjaga hingga tua? Jangan lupa untuk mengombinasikan tips di atas dengan penerapan gaya hidup sehat, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar