Diabetes

Cara Masak yang Baik untuk Penderita Diabetes

dr. Arina Heidyana, 03 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan memilih bahan makanan, begitu pun dengan cara mengolahnya. Berikut penjelasan mengenai cara masak untuk penderita diabetes.

Cara Masak yang Baik untuk Penderita Diabetes

Menurut American Heart Association (AHA), penderita diabetes lebih mungkin untuk mengalami penyakit jantung atau stroke yang mengancam jiwa dibandingkan orang tanpa diabetes.

Pada diabetes yang tidak terkontrol dengan baik, kemungkinan timbul komplikasi dari diabetes dapat meningkat secara eksponensial. Karena itu, penderita diabetes wajib mengontrol kadar gula darahnya, salah satunya melalui pola makan yang sehat.

Menu makanan untuk penderita diabetes tidak selalu hambar dan membosankan. Bahkan, sering kali tidak jauh berbeda dengan menu makanan pada umumnya. 

Hanya saja, tetap ada beberapa perbedaan dalam hal memilih bahan makanan, cara memasak, dan mengatur porsi.

Penderita diabetes dituntut untuk memilih menu makanan yang sehat, begitu pula dengan proses memasak. Nah, berikut adalah beberapa cara mengolah makanan untuk penderita diabetes:

1. Cermat dalam Memilih Bahan Makanan

Bahan makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah makanan yang rendah lemak. 

Sebagai contoh, saat memilih ayam, pilih bagian dada tanpa kulit. Demikian pula saat mengonsumsi daging sapi, pilih bagian yang tidak berlemak atau buang bagian lemak yang terlihat.

Perhatikan pula saat memilih minyak, pilihlah minyak dengan kandungan lemak trans rendah, minyak kanolam dan minyak jagung. Selain itu, penderita diabetes dianjurkan untuk memilih produk susu dengan kandungan yang rendah lemak dan rendah gula. 

Buah dan sayur juga penting untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, baik sebagai camilan maupun diolah dalam satu set menu.

Buah mengandung gula yang aman bagi penderita penyakit gula, sedangkan kandungan serat dalam sayur baik untuk sistem pencernaan.

Sementara itu, pantangan bagi penderita diabetes, yaitu bahan makanan yang mengandung lemak tinggi dan gula tinggi, seperti krimer kental manis dan nasi putih dalam porsi besar. Bahan makanan tersebut akan membuat gula darah sulit terkontrol. 

Artikel lainnya: Pilihan Minyak Memasak yang Baik untuk Diabetesi 

2. Perhatikan Cara Memasak yang Tepat

Setelah memilih bahan makanan yang tepat, cara memasak yang benar tak kalah penting untuk penderita diabetes. 

Sedapat mungkin, hindarilah menggoreng dan beralih ke pilihan cara memasak yang lain. Cara memasak yang dianjurkan, yakni:

  • Panggang 

Cara memasak dengan dipanggang akan membuat makanan matang secara merata dan mengandung sangat sedikit lemak. 

  • Kukus 

Dengan cara mengukus, Anda mematangkan bahan makanan dengan uap air. Cara ini akan membuat gizi dalam makanan tidak hilang dalam proses masak. 

  • Rebus 

Cara mengolah makanan yang baik untuk penderita diabetes juga bisa dengan merebus. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan durasi waktunya. Bila direbus dengan tepat, kandungan gizi akan tetap bertahan. 

  • Tumis

Tumis dapat dilakukan dengan menggunakan minyak sedikit. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan menumis makanan terlalu lama agar lemak tak jenuh tidak berubah menjadi lemak jenuh. 

Artikel lainnya: Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

3. Pilih Bumbu dengan Saksama

Perhatikan pula bumbu yang digunakan. Garam dan gula yang tinggi wajib dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini dilakukan agar tekanan darah tidak otomatis meningkat. 

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan bumbu rempah aromatik, seperti bawang merah, bawang bombay, bawang putih, merica, dan kaldu jamur sebagai penambah rasa gurih. 

4. Atur Porsi Makan

Selain mengetahui cara mengolah makanan, penting juga bagi penderita diabetes untuk mengatur porsi makan.

Ingat, meski semua bahan makanan sudah dipilih dengan baik dan diolah dengan tepat, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi dalam jumlah banyak. Anda tetap perlu mengatur porsi dengan tepat. 

Bila kebutuhan kalori adalah 2.000 kalori per hari, maka jumlah tersebut harus dibagi dalam tiga kali porsi makan. 

Artikel lainnya: Pemanis Buatan untuk Penderita Diabetes, Apakah Aman?

5. Ganti Karbohidrat Anda

Untuk Anda penderita diabetes yang mencintai nasi goreng, mi instan, atau makanan bertepung lainnya, sekarang adalah saatnya untuk mengganti karbohidrat Anda menjadi lebih diabetes friendly. 

Makanan-makanan seperti beras shirataki, mie konyaku, atau nasi kembang kol merupakan pengganti karbohidrat yang baik. Selain rasanya yang lezat, kandungan karbohidratnya tentu jauh lebih rendah.

6. Masak dengan Lemak Cair daripada Lemak Padat

Ada kalanya resep makanan membutuhkan penggunaan lemak padat, seperti mentega biasa, mentega putih, ataupun lemak babi. Bahan-bahan tersebut lebih banyak mengandung lemak jenuh atau lemak trans yang harus dibatasi bagi penderita diabetes.

Cobalah mengganti lemak padat tersebut dengan sumber lemak cair, seperti minyak zaitun, minyak jagung, ataupun margarin bebas lemak jika tetap ingin menggunakan lemak padat. 

Tidak sulit, bukan, cara mengolah makanan untuk penderita diabetes? Bila Anda masih bingung, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui menu makanan yang tepat bagi diabetes. 

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Kencing Manisgula darahDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait