Sukses

Cegah Aroma Tak Sedap di Penis dengan Cara Ini

Tentunya Anda tahu aroma tak sedap di penis bisa memadamkan gairah seksual. Jangan khawatir, simak enam langkah pencegahannya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Penis merupakan salah satu bagian tubuh pria yang rentan memiliki bau yang tidak sedap. Bau tak sedap ini tentunya akan sangat mengganggu pria (termasuk pasangannya), terutama saat ingin melakukan hubungan intim. Jika aroma tak sedap pada penis tidak dicegah, ini bisa menurunkan rasa percaya diri, dan perlahan berpotensi mengganggu kesehatan penis. Untuk mencegah bau tak sedap di penis, ada beberapa langkah yang bisa dengan mudah Anda lakukan.

Mengapa penis bisa berbau tak sedap?

Area selangkangan, penis, hingga dubur merupakan salah satu bagian tubuh yang sering dalam kondisi lembap. Hal ini disebabkan oleh adanya lipatan pada area tersebut, ditambah dengan kondisinya yang sering tertutup sehingga dapat menghambat proses penguapan cairan.

Cairan di area tersebut bisa berasal dari keringat maupun sisa cairan setelah mandi, buang air kecil (BAK), dan buang air besar (BAB) yang tidak dibersihkan dengan baik. Cairan tersebut dapat mengundang kuman untuk tumbuh dan berkembang, hingga akhirnya menyebabkan bau tidak sedap pada penis.

Segera lakukan ini untuk mencegah aroma tak sedap di penis

Untuk mencegah penis berbau tak sedap, ada beberapa hal sederhana yang bisa dengan mudah Anda lakukan, seperti:

1. Bersihkan penis dan area di sekitarnya

Saat mandi, bersihkan penis dan daerah di sekitarnya dengan sabun untuk menghilangkan kuman, sisa kotoran, dan minyak pada area tersebut. Setelah BAK dan BAB, pastikan Anda tak luput membersihkan penis dan area sekitarnya dengan benar, karena sisa kotoran dan sisa urine juga dapat menyebabkan bau tak sedap pada penis.

2. Keringkan penis dan area sekitarnya

Setelah mandi, BAK, dan BAB, keringkan penis dan area di sekitarnya dengan sempurna, agar tidak memicu tumbuhnya kuman-kuman yang dapat menyebabkan penis berbau tak sedap.

3. Pemilihan celana dalam harus diperhatikan

Celana dalam yang terlalu ketat akan menghambat sirkulasi udara pada penis dan area di sekitarnya. Kondisi ini akan membuat area tersebut lebih berkeringat dan membuat proses penguapan keringat lebih sulit terjadi, apalagi jika Anda menggunakan celana dalam berbahan poliester. Untuk itu, coba ganti celana dalam Anda dengan ukuran yang pas, serta pilihlah yang berbahan nyaman dapat menyerap keringat dengan baik, seperti katun, untuk mencegah aroma tak mengundang pada penis.

4. Mengganti celana dalam secara teratur

Mengganti celana dalam 2 kali sehari, apalagi setelah berolahraga, sangat penting agar penis dan area di sekitarnya tidak lembap, sehingga kebiasaan ini dapat mencegah bau tak sedap pada penis.

5. Mencukur atau memendekkan rambut kemaluan secara berkala

Rambut di sekitar penis merupakan salah satu tempat favorit berkumpulnya kuman. Dengan mencukur atau memendekkan rambut kemaluan secara rutin, otomatis Anda menghilangkan sarang tempat kuman bersembunyi. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari ancaman bau penis yang tak sedap.

6. Segera berobat jika terdapat infeksi jamur, parasit, atau bakteri pada penis dan area di sekitarnya

Jika bau tak sedap disertai dengan rasa gatal, inilah saatnya Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Mungkin Anda mengalami infeksi jamur, parasit, atau bakteri di daerah tersebut. Infeksi tersebut tak hanya berefek pada tak sedapnya bau penis, tapi juga dapat mengancam kesehatan alat reproduksi pria tersebut. Oleh karena itu, kondisi ini harus segera diobati.

Penis yang sehat dan bersih tentunya diinginkan oleh pria dan pasangannya. Oleh karena itu, mencegah aroma tak sedap pada penis sangat penting dengan melakukan cara-cara yang disebutkan di atas. Sebagai tambahan, setialah dengan pasangan untuk mencegah risiko tertular penyakit menular seksual. Jika kondisi penis dirasa tak normal seperti: terdapat benjolan, perubahan pada kulit, rasa gatal atau nyeri, atau keluar cairan yang tak biasa dari penis, segera periksakan diri ke dokter.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar