Sukses

Tips Mudah Bangun Rasa Percaya Diri Anda

Setiap orang memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda. Jangan selalu merasa minder, berikut tips untuk membangun kepercayaan Anda.

Percaya diri merupakan salah satu kunci hidup sukses. Dengan rasa percaya diri, Anda mampu menciptakan dan membagikan hal-hal positif untuk diri sendiri maupun orang lain.

Meski demikian, tak sedikit orang yang bermasalah dengan kepercayaan diri. Kurang atau tidak memiliki rasa percaya diri bisa jadi masalah. Misalnya, Anda menemukan peluang tapi akhirnya gagal diraih karena alasan minder.

Kalau pengalaman ini pernah dialami, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki dan menerapkan cara membangun rasa percaya diri untuk pribadi yang lebih baik.

Berikut ini beberapa tips menumbuhkan rasa percaya diri yang perlu Anda coba:

1 dari 5 halaman

1. Memilah dan Merespons Perkataan Orang Lain dengan Baik

Saran, kritik, dan perkataan orang lain sering kali dapat berpengaruh cukup besar pada seseorang. Salah satu cara membangun rasa percaya diri yang baik adalah dengan tidak terlalu memikirkan perkataan orang lain, terutama yang bersifat menurunkan rasa percaya diri.

Anda perlu memilah saran dan kritik. Jadi, bisa mengetahui mana yang dapat berkontribusi terhadap perbaikan diri dan yang hanya bertujuan untuk menjatuhkan rasa percaya diri.

2. Rancang Tujuan Anda

Hidup yang mengalir apa adanya memang baik, tapi akan lebih baik lagi bila Anda juga memiliki target atau tujuan tertentu dalam hidup. Saat memiliki sebuah tujuan, cara Anda hidup sehari-hari pun berubah.

Bila target tercapai? Wah, tentu rasanya sangat menyenangkan dan semakin percaya diri. Karena, Anda berhasil membuktikan kepada diri sendiri dan orang lain bahwa Anda bisa menyelesaikan sesuatu.

2 dari 5 halaman

3. Selalu Buat Persiapan Matang

Coba bayangkan, ketika Anda diminta untuk mempresentasikan sebuah materi tetapi sama sekali tidak mempersiapkannya dengan baik. Hasilnya? Mungkin saja saat presentasi, apa yang diutarakan tidak fokus. Lebih buruknya lagi, Anda jadi gugup sehingga tidak mampu menyampaikan materi dengan baik.

Beda halnya bila Anda telah mempersiapkannya dengan matang. Saat nama Anda dipanggil, Anda akan melangkah penuh percaya diri dan menyampaikan materi presentasi tepat sasaran.

Tak hanya itu, kalau ada yang bertanya, Anda pun mampu menjawabnya dengan singkat, jelas, dan padat!

4. Jangan Lupakan Rencana Cadangan atau Antisipasi

Meski sudah melakukan persiapan matang, tak selamanya rencana berjalan mulus. Untuk itu, Anda perlu membuat langkah antisipasi dengan menyiapkan rencana cadangan seandainya rencana utama gagal.

Dengan selalu membuat rencana cadangan atau plan B, Anda pun punya rasa percaya diri untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik.

Artikel lainnya: Ini 8 Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak Broken Home

3 dari 5 halaman

5. Terimalah Kekurangan Diri

Ingatlah, di dunia ini tidak ada yang sempurna. Sebagai salah satu upaya meningkatkan atau mempertahankan rasa percaya diri, tak ada salahnya menerima kekurangan diri terlebih dulu.

Contohnya, ketika sedang presentasi di depan banyak orang, ada pendapat Anda yang dianggap kurang tepat dan disadari oleh orang lain. Jika ada yang menyampaikan sanggahan atau tidak setuju, maka tidak perlu bereaksi berlebihan dan defensif. Sebab, sikap ini hanya menandakan Anda mulai kehilangan kepercayaan diri.

Bila memang salah, lebih baik akui saja dengan mengatakan ini:

  • “Saya belum memikirkan hal itu sebelumnya. Terima kasih atas umpan baliknya.”
  • “Saya akan pikirkan lagi lebih lanjut mengenai hal itu.”
  • “Saya pikir pendapat Anda ada benarnya juga. Saya akan coba untuk mengubahnya.”
  • “Terima kasih atas saran Anda.”

Dengan menerima kekurangan dan bersikap kooperatif, pada akhirnya Anda akan tetap percaya diri untuk terus mengembangkan pengetahuan yang dimiliki.

Ketika Anda bisa bekerja sama dengan orang lain, akan banyak pula orang yang mendukung. Hal itu tentu bisa menambah sikap optimistis dalam diri.

6. Perhatikan Penampilan Diri

Mengenakan pakaian rapi, berdandan, atau sekadar merapikan potongan rambut merupakan cara-cara membangun rasa percaya diri yang sering kali dilupakan.

Beberapa pakar menyatakan, memerhatikan penampilan diri dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri yang sederhana, lho.

Tapi, Anda perlu berhati-hati agar tidak terjebak dalam cara ini. Terlalu mengandalkan penampilan dapat membuat Anda melupakan inti cara membangun percaya diri yang benar: memperbaiki apa yang ada dalam diri Anda.

4 dari 5 halaman

7. Miliki Lingkungan yang Positif

Memiliki teman yang banyak memang penting, tapi punya teman yang positif lebih baik lagi. Kelilingi diri Anda dengan teman-teman yang dapat memberikan pengaruh positif.

Mempunyai teman-teman yang positif akan membangun rasa percaya diri. Karena, lingkungan ini akan memberikan saran yang membangun dan mengatakan hal-hal yang meningkatkan rasa percaya diri.

8. Mempelajari Hal Baru

Setujukah Anda, semakin banyak ilmu dan keterampilan yang dimiliki maka makin besar pula rasa percaya diri Anda? Meski misalnya usia Anda bisa dibilang tak lagi muda, tak ada salahnya untuk terus mempelajari hal-hal baru yang menarik sebagai cara membangun rasa percaya diri.

Tak hanya memberikan nilai tambah di lingkungan Anda, tapi juga bisa menjadi keterampilan atau hobi baru.

Berada di antara teman-teman baru yang positif juga akan semakin meningkatkan rasa percaya diri Anda. Menyenangkan, bukan?

Setiap orang memang memiliki tingkat percaya diri yang berbeda-beda. Ada yang terlahir dengan rasa percaya diri tinggi, ada pula yang selalu minder atau merasa tidak percaya diri. Dengan menerapkan cara-cara membangun percaya diri di atas, rasa percaya diri Anda perlahan akan meningkat!

Ingin tahu tips seputar hidup sehat dan kesehatan mental yang menarik dari dokter? Yuk, download aplikasi KlikDokter, Anda juga bisa langsung konsultasi lebih praktis dengan Live Chat.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar