Sukses

5 Tips Mudah Bangun Rasa Percaya Diri Anda

Salah satu cara hidup bahagia dan sukses adalah percaya diri. Anda bermasalah dengan itu? Ada cara mudah bangun rasa percaya diri Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Percaya diri merupakan salah satu kunci hidup sukses. Dengan rasa percaya diri, Anda mampu menciptakan dan membagikan hal-hal positif, bukan hanya untuk diri Anda sendiri, tapi juga untuk orang banyak. Meski demikian, tak sedikit orang yang bermasalah dengan kepercayaan dirinya. Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk membangun rasa percaya diri Anda.

Kurangnya atau tidak memiliki rasa percaya diri bisa jadi masalah, karena bisa jadi Anda melewatkan peluang, tapi gagal Anda raih hanya karena alasan minder. Kalau ini pernah Anda alami, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki dan membangun kembali rasa percaya diri tersebut.

Bangun rasa percaya diri Anda dengan lima tips mudah ini

Dilansir dari Psychology Today, ada beberapa cara yang perlu Anda coba untuk memiliki rasa percaya diri yang lebih baik.

  1. Rancang dulu tujuan Anda

Hidup yang mengalir apa adanya memang baik, tapi akan lebih baik lagi jika Anda juga memiliki target-target atau tujuan tertentu dalam hidup yang ingin Anda capai. Saat Anda memiliki sebuah tujuan, cara Anda hidup sehari-hari pun akan berubah. Nah, dari situlah akan timbul optimisme atau keyakinan bahwa bagaimanapun caranya (dalam artian yang positif), Anda harus berhasil mencapai target yang sudah ditentukan. Bila target atau tujuan tercapai? Wah, tentu Anda sangat senang dan semakin percaya diri karena berhasil membuktikan kepada diri sendiri dan orang lain bahwa Anda bisa menyelesaikan sesuatu.

  1. Selalu buat persiapan yang matang

Coba bayangkan, ketika Anda sudah ditetapkan untuk mempresentasikan sebuah materi dalam beberapa hari ke depan, tetapi sebelumnya Anda sama sekali tidak mempelajari atau tidak mempersiapkannya dengan baik. Hasilnya? Mungkin saja saat presentasi apa yang Anda utarakan akan melenceng dari konsep utama presentasi, atau lebih buruk lagi, Anda jadi gugup dan membantu karena tidak mampu menyampaikan materi dengan baik.

Beda halnya jika Anda melakukan persiapan secara matang, saat nama Anda dipanggil ke depan, Anda akan melangkah penuh percaya diri dan menyampaikan materi presentasi tepat sasaran. Tak hanya itu, jika Anda yang bertanya, Anda pun mampu menjawabnya dengan singkat, jelas, dan padat.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Jangan lupakan rencana cadangan atau antisipasi

Meski sudah dilakukan persiapan matang, tapi tak selamanya rencana berjalan mulus. Untuk itu, Anda perlu membuat langkah antisipasi dengan cara membuat rencana cadangan apabila rencana utama gagal. Dengan selalu membuat rencana cadangan atau plan B, Anda pun masih punya rasa percaya diri untuk melanjutkan suatu pekerjaan dengan baik.

  1. Terimalah kekurangan Anda

Ingatlah bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Ya, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan atau mempertahankan rasa percaya diri, tak ada salahnya untuk menerima kekurangan diri terlebih dulu.

Contohnya begini, ketika Anda sedang presentasi di depan banyak orang, tanpa disadari ada pendapat Anda yang dianggap kurang tepat, dan ini disadari oleh orang lain yang menyaksikan presentasi Anda. Jika ada yang menyampaikan sanggahan atau tidak setuju, jangan bereaksi berlebihan dan defensif, sebab ini hanya menandakan Anda mulai kehilangan kepercayaan diri. Jika memang Anda salah, lebih baik akui saja dengan mengatakan ini:

  • “Saya belum memikirkan hal itu sebelumnya. Terima kasih atas umpan baliknya.”
  • “Saya akan pikirkan lagi lebih lanjut mengenai hal itu.”
  • “Saya pikir pendapat Anda ada benarnya juga. Saya akan coba untuk mengubahnya.”
  • Atau sekadar mengucapkan, “Terima kasih atas saran Anda.”

Dengan menerima kekurangan Anda dan bersikap kooperatif, pada akhirnya Anda akan tetap percaya diri untuk terus mengembangkan pengetahuan yang dimiliki. Ketika Anda bisa bekerja sama dengan orang lain, akan banyak pula orang yang mendukung Anda dan hal itu tentu bisa menambah rasa optimis dalam diri.

Tak ada kata terlambat untuk belajar!

Setujukah Anda bahwa semakin banyak ilmu yang Anda miliki atau semakin banyak keterampilan yang Anda miliki, makin besar pula rasa percaya diri Anda? Meski kini usia Anda bisa dibilang tak lagi muda, tak ada salahnya untuk terus mempelajari hal-hal baru yang menarik. Tak hanya menambah nilai plus di tempat Anda bekerja, tapi keterampilan atau hobi baru yang Anda tekuni bisa mendatangkan teman-teman baru. Menyenangkan, bukan?

Setiap orang memang memiliki tingkat percaya diri yang berbeda-beda. Ada yang terlahir dengan rasa percaya diri tinggi, ada pula yang selalu minder atau merasa tidak percaya diri. Meski begitu, dengan menerapkan tips untuk bangun rasa percaya diri dengan menerapkan kelima hal di atas, percayalah rasa percaya diri Anda akan perlahan meningkat. Semoga sukses!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar