Sukses

3 Tips Gigi Sehat untuk Para Atlet

Bagi Anda, para atlet dengan jadwal latihan padat, ini dia tips gigi sehat dan kuat. Tips ini tentu juga berlaku bagi Anda yang bukan atlet.

Klikdokter.com, Jakarta Gigi sehat adalah idaman semua orang, termasuk para atlet. Bagaimana tidak, aktivitas fisik yang terus dipacu dalam intensitas tinggi, konon dapat memengaruhi kesehatan gigi serta mulut Anda.

Selain itu, kebiasaan menggigit medali yang kerap dilakukan atlet usai menang saat berlomba juga mengundang komentar. Menurut dr. Wiena Manggala Putri dari KlikDokter, hal tersebut memang wajar dilakukan atlet karena satu dan dua alasan.

Lebih lanjut, dr. Wiena menjelaskan bahwa dahulu, tradisi menggigit medali emas bertujuan untuk memastikan apakah emas tersebut benar keasliannya atau hanya sebuah batu yang dilapisi emas.

Pada pembuktikan tersebut, gigitan akan meninggalkan bekas pada permukaannya, sehingga seorang atlet harus memiliki gigi yang sehat dan kuat untuk dapat melakukannya.

Lalu, apalagi yang harus dipersiapkan atlet guna menjaga gigi tetap sehat? Dilansir dari Mouthhealthy.org, berikut ini adalah tipsnya:

1. Menggunakan mouth guard atau pelindung mulut

Mouth guard merupakan alat yang dapat melindungi gigi geligi dan rahang saat Anda mengikuti pertandingan olahraga. Alat ini mampu melindungi gigi dan rahang dari benda-benda keras yang mungkin akan menabraknya,” ujar dr. Wiena.

Pelindung mulut ini biasanya menutupi gigi atas, gigi bawah, bibir, lidah, wajah dan rahang, sehingga atlet yang mengenakannya akan terlindung dari cedera. Memakai mouth guard juga dapat mengantisipasi benturan. Tak peduli apa jenis olahraga yang Anda lakukan, pastikan untuk menggunakan mouth guard dengan benar.

Faktanya, banyak jenis olahraga yang mengharuskan pemainnya untuk turun mengenakan mouth guard sebelum turun ke lapangan.

Pada olahraga hoki misalnya, mengharuskan semua pemain mengenakan pelindung mulut. Para wasit juga harus bisa melihat warna mouthguard antar tim yang tak boleh sama.

2. Menghindari minuman pembangkit stamina

Jika Anda perlu memuaskan dahaga, minumlah air mineral, bukan minuman pembangkit stamina. Atlet yang mencoba merehidrasi dirinya dengan minuman pembangkit stamina yang biasanya tersedia dalam berbagai rasa, hanya akan menambah kadar gula dalam tubuhnya.

Bakteri di mulut akan menggunakan gula dari minuman tersebut untuk menghasilkan asam yang dapat melemahkan kulit luar dan struktur gigi Anda. Hal ini yang kemudian dapat meningkatkan risiko gigi berlubang dari waktu ke waktu.

“Menjaga kebugaran tubuh saat berolahraga memang penting, namun mengonsumsi minuman olahraga atau pembangkit stamina yang mengandung gula tinggi dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut. Gula yang tinggi pada minuman tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya karies,” kata dr. Wiena.

3. Rajin sikat gigi dan perawatan mulut

Faktanya, gigi yang telah mengalami banyak pembusukan dan banyak tambalan, konon tidak sekuat gigi yang masih normal. Oleh sebab itu, jaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan menyikat dua kali sehari selama dua menit dan lakukan flossing sekali setidaknya dalam sehari.

Terakhir, jangan lupa gunakan obat kumur untuk membersihkan kuman di sela-sela gigi secara optimal.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tak kalah pentingnya dengan berolahraga, terutama bagi Anda para atlet. Agar aktivitas Anda tetap dapat dilakukan secara maksimal, ikuti dan terapkan tips gigi sehat di atas. Dengan demikian, Anda akan merasa tetap aman dan nyaman dalam beraktivitas.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar