Sukses

Mengungkap Manfaat Kesehatan Yoga Tertawa

Anda pernah mencoba yoga tertawa? Aktivitas ini dinilai dapat mendatangkan segudang manfaat untuk kesehatan fisik sekaligus mental. Apa saja manfaatnya?

Yoga adalah jenis olahraga yang umumnya meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik, dan postur. Aspek-aspek yang menjadi fokus adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas.

Ada berbagai jenis yoga yang dikenal saat ini, salah satunya adalah yoga tertawa. Bagi Anda yang belum tahu, sekilas mungkin yoga tertawa terdengar seperti sesuatu yang berhubungan dengan humor atau lelucon. Pada kenyataannya tidaklah demikian.

Sama halnya dengan yoga pada umumnya, yoga jenis ini bertujuan untuk memberikan kesejahteraan fisik dan mental orang yang melakukannya. Lalu, apa saja manfaat yoga tertawa yang dilakukan secara rutin?

1 dari 3 halaman

Yoga Tertawa dan Manfaatnya

Yoga jenis ini menggabungkan latihan berkelompok yang menyenangkan dengan bernapas dalam. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan dengan cara memperbanyak tawa.

Pada awalnya, tawa disimulasikan sebagai sesuatu yang mengalir saja. Namun, ketika kelompok sudah saling ‘menghangatkan’ satu sama lain, tawa tersebut menjadi asli dan menular. Ada beberapa manfaat yoga tertawa yang bisa Anda peroleh:

1. Meningkatkan Suasana Hati dan Membawa Banyak Tawa

Salah satu manfaat yoga tertawa adalah memberikan perubahan positif pada suasana hati Anda. Mood Anda dapat berubah dalam beberapa menit. Anda pun akan tampak ceria sepanjang hari dan tertawa lebih sering dari biasanya.

Artikel Lainnya: Yoga untuk Tubuh dan Pikiran Awet Muda

2. Membuat Lebih Berenergi dan Rileks

Terapi yoga tertawa termasuk sebagai latihan aerobik ringan yang dapat membawa lebih banyak oksigen ke otak dan organ tubuh lainnya. Dengan begitu, Anda dapat merasakan lebih banyak energi dan lebih rileks setelah melakukannya.

3. Menurunkan Stres

Manfaat yoga tertawa lainnya adalah menurunkan kadar stres, di saat yang bersamaan sistem daya tahan tubuh Anda dapat meningkat.

Dengan melakukan terapi yoga tertawa, Anda tidak akan mudah terserang sakit. Begitu juga ketika mengidap penyakit kronis. Anda mampu mengontrol gejala yang muncul dengan baik atau bahkan sembuh.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Tertawa merupakan energi positif yang dapat membantu Anda berhubungan dengan orang lain secara cepat serta memperbaiki hubungan sosial. Dengan melakukan yoga tertawa, Anda akan lebih mudah mendapatkan teman baru sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup.

5. Berperilaku Positif di Waktu Sulit Sekalipun

Semua orang dapat tertawa dengan mudah saat tidak memiliki masalah, tetapi berbeda halnya ketika menghadapi masa sulit. Bagaimana bisa Anda tertawa ketika banyak halangan dan rintangan yang menimpa?

Nah, manfaat yoga tertawa salah satunya dapat membantu Anda berpikiran positif untuk menghadapi situasi dan orang yang negatif. Dengan demikian, Anda dapat memiliki kekuatan untuk menghadapi tantangan.

Artikel Lainnya: Tips Memulai Yoga untuk Orang Berbadan Gemuk

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Melakukan Yoga Tertawa?

Yoga jenis ini bisa dilakukan dengan dipandu instruktur ataupun dilakukan sendiri bersama sekitar lima orang teman Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

Pemanasan

Pada saat akan membuka sesi terapi yoga tertawa, duduklah bersila di atas matras membentuk lingkaran dengan peserta yang lain.

Lakukan teknik relaksasi dengan menarik napas panjang, lalu menghembuskannya kembali secara perlahan. Ulangi sebanyak 10 kali.

Saat pemanasan, semua orang dapat mulai menari atau bercakap dalam bahasa yang bahkan tidak dikenali oleh orang lain. Ingatlah, tidak ada kata-kata asli yang boleh terucap saat melakukan yoga ini, kecuali yang diucapkan oleh instruktur untuk memandu peserta.

Tahapan Tertawa

Setelah pemanasan, instruktur dapat memandu peserta dalam bernapas dalam dan latihan peregangan. Buatlah kontak mata dengan peserta lain agar membuat Anda tetap sadar.

Artikel Lainnya: Floating Yoga, Bukan Sebatas Jungkir Balik

Semua peserta biasanya memulai dengan bertepuk tangan sesuai irama, sekalipun sedang tidak dalam kondisi senang. Kontak semua jari dan kedua telapak tangan ini diharapkan dapat meningkatkan level energi di dalam tubuh.

Tepuk tangan bisa dilakukan sambil mengatakan, “Ho, ho, ha, ha, ha!” Tujuannya adalah mengaktifkan otot diafragma Anda untuk bernapas lebih dalam selama latihan berlangsung.

Kemudian, Anda akan masuk ke berbagai jenis tertawa yang dikenal dalam yoga tertawa ini, seperti:

  • Tertawa menyambut: peserta berjalan keliling ruangan dan menyapa yang lainnya dengan tawa.
  • Tertawa bertahap: dimulai dengan senyuman, kemudian mengikik, dan tawa yang lebih besar hingga otot perut terasa bekerja saat tertawa dan suara seluruh peserta menggelegarkan ruangan. Kemudian prosesnya dibalik hingga berakhir pada semua saling tersenyum.
  • Tawa menyetir: peserta berpura-pura sedang menyetir sambil tertawa.
  • Tawa argumen: peserta berargumen dengan peserta lainnya, tetapi bukan dengan saling teriak, melainkan adu tawa.
  • Tawa ke gawai: peserta berpura-pura memegang telepon genggam diikuti tertawa. Peserta dapat memberikan telepon tersebut ke peserta lain atau memberi gestur lucu mengenai telepon yang diterima ke peserta lain.
  • Tawa hati: peserta berpegangan tangan maupun berpelukan satu sama lain ketika tertawa bersama.

Sesi Akhir

Terapi yoga tertawa biasanya diakhiri dengan meditasi tertawa. Pada tahap ini, peserta bernapas dalam dan tertawa ketika merasa ingin tertawa.

Setelah beberapa menit, barulah instruktur memandu untuk berhenti tertawa selama beberapa waktu untuk mulai meditasi. Hal ini dilakukan agar tubuh kembali ke keadaan yang tenang dan stabil.

Tertawa memberikan pijatan dalam terhadap organ tubuh, seperti saluran pencernaan sehingga aliran darah menjadi lancar. Dengan tertawa, Anda akan terhindar dari berbagai macam pikiran yang mengganggu.

Secara keseluruhan, manfaat yoga tertawa membuat Anda merasa bahagia. Ketika tertawa dilakukan dalam suasana berkelompok, Anda akan membentuk suatu ikatan sesama peserta. Bagaimana, sudahkah Anda tertarik untuk mencoba terapi yoga tertawa?

[WA]

1 Komentar