Sukses

Mengungkap Manfaat Kesehatan Yoga Tertawa

Yoga tertawa menjadi salah satu aktivitas fisik yang dinilai mendatangkan segudang manfaat kesehatan. Apa saja? Cari tahu di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dikenal sejak zaman dahulu. Aktivitas yoga pada umumnya meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur. Aspek-aspek yang menjadi fokus dari latihan fisik melalui yoga adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, yoga memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah asthanga, hatha, iyengar dan bikram yoga. Masing-masing jenis memiliki kekhususan tertentu, meski secara umum manfaatnya kurang lebih sama.

Selain yang sudah disebutkan oleh dr. Astrid, ternyata ada pula yoga jenis yang kini menarik minat banyak orang. Jenis ini dikenal dengan sebutan yoga tertawa.

Yoga tertawa dan manfaatnya

Yoga tertawa tak jauh beda dengan yoga pada umumnya. Namun, jenis yoga yang dirancang oleh dokter India bernama Madan Kataria pada tahun 1995 ini menggabungkan latihan kelompok yang menyenangkan dan bernapas dalam, untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan dengan memperbanyak tawa.

"Ini disebut yoga tertawa karena pernapasan diafragma yang terjadi ketika kita tertawa," kata salah satu instruktur yoga tertawa dari Atlanta, Celeste Greene.

Pada awalnya, tawa disimulasikan sebagai sesuatu yang mengalir saja. Namun, ketika para siswa saling “menghangatkan” satu sama lain, tawa tersebut menjadi asli dan menular. Efek tertawa dapat menyebabkan relaksasi tubuh dan mengurangi stres.

"Tujuan dalam yoga tertawa adalah membangun kebiasaan sehari-hari dan membawa lebih banyak tawa ke dalam hidup Anda. Semakin Anda tertawa, semakin Anda bisa tertawa pada apa pun yang dibawa kehidupan,” jelas Greene.

Terkait hal tersebut, seorang ahli saraf bernama Sophie Scott menghabiskan 18 tahun untuk mempelajari tawa. Scott adalah profesor di Universitas College London sekaligus pelaku stand-up comedian.

"Salah satu manfaat besar tertawa adalah rasanya sangat menyenangkan. Anda mendapatkan perubahan dalam penyerapan endorfin yang beredar secara alami, dan itu adalah penghilang rasa sakit,” ujarnya.

Lebih lanjut, Scott menjelaskan bahwa tertawa dapat menurunkan produksi kortisol, yaitu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenalin ke dalam aliran darah pada saat stres. Dengan adanya efek ini, risiko terjadinya kenaikan berat badan dan hilang ingatan menjadi semakin kecil.

Kombinasi yoga dan tawa yang kemudian menjadi yoga tertawa disebut sebagai gabungan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Para ahli menyarankan aktivitas ini, meski edukasi dan caranya belum tersebar luas di dunia.

Manfaat yoga secara menyeluruh

Secara garis besar, dr. Astrid menjelaskan bahwa manfaat olahraga yoga dapat dibagi menjadi manfaat fisiologis dan psikologis.

Beberapa yang termasuk manfaat fisiologis, yaitu:

  • Kelenturan tubuh (tulang dan otot) meningkat
  • Postur tubuh menjadi lebih baik
  • Ketahanan dan kekuatan otot meningkat
  • Kapasitas dan efektivitas sistem pernapasan meningkat
  • Kelincahan dan ketangkasan meningkat
  • Koordinasi visual motorik meningkat
  • Keseimbangan tubuh meningkat
  • Ketahanan atau imunitas tubuh meningkat

Sementara itu, manfaat psikologis yang bisa Anda dapat dari yoga adalah:

  • Kemampuan konsentrasi meningkat
  • Daya ingat lebih baik
  • Risiko depresi dan kecemasan menurun
  • Atensi meningkat

“Manfaat yang ditawarkan menjadikan yoga sebagai pilihan yang tepat bagi hampir seluruh lapisan masyarakat, termasuk ibu hamil dan orang dengan risiko terhadap olahraga intensitas tinggi seperti penderita hipertensi atau penyakit jantung,” kata dr. Astrid.

Setelah tahu manfaat yang ditawarkan yoga, apakah Anda tertarik untuk mencoba olahraga yang satu ini? Jenis apa pun yang dipilih, baik itu yoga tertawa, atau lainnya, pastikan Anda melakukannya secara rutin dan mematuhi setiap aturan yang diberikan instruktur. Dengan demikian, manfaat sehatnya bisa segera Anda rasakan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar