Sukses

Bisakah Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah?

Membersihkan karang gigi secara mandiri tentu akan menghemat waktu dan biaya. Tetapi, mungkinkah hal tersebut? Simak di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Penumpukan karang gigi adalah salah satu gangguan rongga mulut yang tergolong sering terjadi. Tak hanya menganggu kenyamanan mulut, keadaan ini juga dapat menurunkan rasa percaya diri pada orang yang mengalaminya.

Faktanya, karang gigi merupakan kotoran berupa sisa-sisa makanan atau plak yang melekat erat pada permukaan gigi. Kotoran ini dapat menempel di sekitar leher gigi, atau bahkan menyelimuti seluruh permukaan gigi.

Karang gigi perlu segera dibersihkan, agar kotoran tersebut tidak mengeras akibat adanya proses pengendapan mineral. Bila karang gigi dibiarkan menumpuk, maka akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan rongga mulut seperti radang gusi dan gusi berdarah, bau mulut, atau kerusakan jaringan penyangga gigi yang menyebabkan gigi menjadi goyang dan terlepas dengan sendirinya.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan karang gigi? Apakah bisa dilakukan sendiri di rumah? Jawabannya adalah tidak, karang gigi tidak bisa dibersihkan sendiri di rumah. Pasalnya, bila karang gigi sudah terbentuk, sikat gigi dengan bulu sikat sekeras apapun tidak akan mampu menghilangkannya. Untuk itu, pembersihan karang gigi memerlukan bantuan seorang dokter gigi yang ahli dan memiliki alat-alat kedokteran gigi khusus.

Perlu Anda ketahui, proses pembersihkan karang gigi atau yang disebut dengan scalling memerlukan bantuan alat ultrasonik. Alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujung yang berbentuk sedikit runcing, agar dapat memecah karang gigi hingga ke bawah gusi atau bagian lain yang sulit dijangkau. Dengan cara penggunaan yang benar dan tepat, alat ultrasonik ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya.

Tak hanya sampai di situ. Seseorang yang sudah melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi juga harus melakukan upaya tambahan agar kotoran tersebut tidak muncul kembali. Beberapa upaya yang dimaksud, meliputi:

  • Menggosok gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur selama dua menit. Untuk hal ini, penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus sangat dianjurkan. Metode penyikatan cara yang tepat juga wajib dilakukan agar karang gigi benar-benar tak muncul kembali.
  • Lakukan flossing dengan cara tepat, agar sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dapat sepenuhnya terangkat. Flossing dianjurkan untuk dilakukan setidaknya satu kali dalam sehari.
  • Berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride.
  • Penggunaan pasta gigi yang mengandung baking soda dipercaya mampu membersihkan gigi dari plak. Baking soda memiliki butiran halus yang dapat membantu membersihkan noda pada permukaan gigi.

Jika saat ini kondisi rongga mulut Anda dipenuhi oleh karang gigi, sebaiknya tak perlu menunda lagi untuk berkunjung ke dokter gigi. Tindakan ini bertujuan agar karang gigi yang bersemayam di dalam mulut Anda bisa segera dibersihkan dengan sempurna.

Jangan lupa untuk melakukan pembersihan karang gigi secara rutin setiap enam bulan sekali. Di samping itu, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, gosoklah gigi Anda setidaknya dua kali sehari dengan cara yang baik dan benar. Tujuannya agar karang gigi dan gangguan rongga mulut lainnya tak terjadi di kemudian hari.

[NB/ RVS]

1 Komentar