Sukses

4 Manfaat Krim Malam untuk Kesehatan Kulit

Dari menjaga kekenyalan kulit hingga menangkal penuaan ini, inilah empat manfaat di balik kebiasaan baik memakai krim malam secara rutin.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap harinya, tiap sel dalam tubuh beregenerasi mengganti sel yang rusak dengan sel yang baru, termasuk sel kulit. Walaupun aktivitas ini berlangsung sepanjang hari, nyatanya regenerasi paling optimal terjadi pada malam hari saat Anda terlelap. Perihal kulit wajah, krim malam adalah salah satu yang paling berperan dalam regenerasi kulit. Bukan hanya membantu menggantikan sel kulit mati, tapi ada segudang manfaat krim malam untuk kesehatan kulit yang belum Anda ketahui. 

Gunakan krim malam secara rutin dan dapatkan manfaat ini

Rekomendasi untuk mengaplikasikan krim malam sebelum tidur bukanlah tanpa alasan. Berikut ini adalah rangkaian manfaat yang bisa Anda capai jika rutin menggunakan krim malam.

  1. Mengurangi kerut halus di wajah

Salah satu bahan yang umumnya terkandung dalam krim wajah adalah retinol. Retinol merupakan turunan vitamin A yang berperan aktif dalam memerangi kerut halus di wajah.

Karena kerjanya ini sangat mudah terhambat oleh sinar matahari, retinol memang dianjurkan hanya digunakan pada malam hari. Dengan penggunaan rutin, krim malam yang mengandung retinol mampu menyamarkan kerut yang banyak muncul di dahi, pipi, dan di pelipis wajah. Sebuah studi yang dipublikasi di jurnal “Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology” menyebutkan, kerutan di wajah ini dapat dikurangi hingga 15 persen.

  1. Menjaga kelembapan kulit

Krim malam yang bagus memiliki tekstur yang tidak terlalu tebal saat digunakan di wajah. Ingat, tebalnya produk yang digunakan dapat berakibat pada penutupan pori kulit, yang selanjutnya bisa menimbulkan komedo dan jerawat. Walaupun tidak tebal, bahan aktif yang terkandung di dalamnya harus mampu terserap sempurna dan menutrisi wajah dengan optimal.

Untuk menjaga sempurnanya penyerapan bahan, krim malam umumnya mengandung air dengan kandungan yang cukup tinggi. Tingginya kandungan air ini tidak hanya berfungsi untuk menjaga penyerapan bahan aktif, tapi juga berfungsi untuk rehidrasi kulit dan mengurangi risiko kulit kering hingga 60 persen.

Apakah Anda termasuk orang yang tidur di kamar berpendingin ruangan? Jika ya, ancaman kekeringan kulit jadi berlipat ganda dibanding orang-orang yang tidur tanpa pendingin ruangan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Menjaga kekenyalan kulit

Bila kulit wajah terjaga kelembapannya, bonus yang bisa Anda rasakan adalah kulit yang kenyal. Kekenyalan wajah karena penggunaan krim malam ini telah terbukti pada suatu penelitian medis. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan krim malam secara teratur dapat meningkatkan elastisitas kulit hingga 30 persen.

Kenyalnya wajah ini penting untuk melindungi diri dari potensi kerutan halus di kemudian hari. Bayangkan bila kulit Anda kering, pergerakan pada wajah yang dilakukan berulang seperti tersenyum atau mengernyitkan dahi dapat mengakibatkan terbentuknya garis-garis halus  di sekitarnya. Bila kekenyalan kulit terjaga, kulit akan tetap berada pada kondisi awalnya: kencang dan bebas dari ancaman kerutan yang bisa bikin frustasi.

  1. Menghindari penuaan dini

Radikal bebas dari polusi udara dapat merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Untuk menangkal bahaya radikal bebas ini, tubuh membutuhkan pasokan antioksidan dalam jumlah yang cukup.

Tidak hanya dari makanan, antioksidan juga banyak terdapat dalam produk perawatan wajah. Beberapa krim malam diperkaya dengan antioksidan ini dalam bentuk vitamin C. Jadi, bila ingin kulit wajah terlihat senantiasa muda dan bebas dari tanda- tanda penuaan, krim malam adalah kunci rahasianya.

Mengingat banyaknya manfaat krim malam, sudah sepatutnya bila rutinitas ini dijadikan kebiasaan sebelum jam tidur tiba. Pastikan wajah sudah dibersihkan dengan sempurna sebelum krim diaplikasikan pada wajah. Anda dianjurkan untuk memilih krim malam yang bebas pewarna, pewangi, dan noncomedogenic agar tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari. Dengan penggunaan rutin, krim malam dapat menjaga kesehatan kulit, melindungi Anda dalam melawan penuaan dini, serta kulit pun tetap tampak awet muda.

[RN/ RVS]

1 Komentar