Sukses

Dapatkan Rahim Sehat dengan Konsumsi 4 Makanan Ini

Setiap wanita pasti ingin rahim yang sehat. Jika Anda juga demikian, konsumsilah empat makanan sehat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Rahim merupakan organ yang sangat penting bagi wanita. Tak hanya berperan penuh saat hamil dan melahirkan, organ berongga di belakang kandung kemih dan depan rektum tersebut juga menjalankan fungsinya ketika wanita mengalami haid atau menstruasi.

Saking pentingnya fungsi rahim, setiap wanita ditekankan untuk selalu memperhatikan kesehatan organ tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar rahim tetap sehat dan fungsinya terjaga dengan baik adalah dengan mengonsusmi makanan yang bernutrisi. Ya, beberapa makanan terbukti dapat meningkatkan dan menjaga fungsi rahim wanita.

Lantas, apa saja makanan yang bisa bermanfaat demikian?

1. Makanan mengandung asam folat

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari Klikdokter, asam folat merupakan vitamin B9 yang sifatnya larut dalam air dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Zat gizi ini juga tidak diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan kaya asam folat untuk mendapatkan zat gizi tersebut.

Beberapa makanan kaya asam folat yang mudah dijumpai, misalnya:

  • Hati ayam. Dalam 100 gram hati ayam terkandung 578 mikrogram asam folat.
  • Kacang koro. Dalam satu cangkir kacang koro terkandung 358 mikrogram asam folat
  • Asparagus. Satu cangkir asparagus mengandung 262 mikrogram asam folat.
  • Sayur bayam. Satu cangkirnya mengandung 194 mikrogram asam folat.
  • Kuning telur yang mengandung asam folat sebanyak 145 mikrogram.

Kelima makanan di atas adalah yang mengandung kadar asam folat paling tinggi. Sebenarnya, masih ada alpukat, buah bit, roti gandum, kacang hijau, dan sebagainya, namun kandungan asam folatnya tidak sekaya lima yang telah disebutkan di atas.

2. Makanan mengandung vitamin D

Dilansir dari Livestrong, tak hanya baik untuk kesehatan tulang, rupanya vitamin D juga bermanfaat bagi kesehatan ovarium. Vitamin ini mampu meningkatkan kesuburan wanita dan proses produksi, serta pelepasan progesteron.

Tak hanya itu, vitamin D pun dapat membantu menyeimbangkan kadar AMH pada wanita yang terkena sindrom ovarium polikistik―yaitu kelainan di indung telur wanita akibat ketidakseimbangan hormon dan bisa menimbulkan gangguan menstruasi maupun gangguan kesuburan.

Vitamin D bisa Anda temukan pada susu, ikan salmon, jamur, kuning telur, sinar matahari pagi

3. Makanan mengandung antioksidan tinggi

Seiring bertambahnya usia, antioksidan yang mengelilingi sel telur Anda akan berkurang. Semakin tipis kadar antioksidan, semakin besar pula kemungkinan radikal bebas untuk menyebabkan masalah di sel telur Anda.

Jika Anda tak ingin hal itu terjadi, konsumsilah aneka sayur dan buah-buahan setiap hari, secara rutin dan teratur. Antioksidan bisa Anda temukan apel, pir, anggur, jeruk, brokolo, asparagus, tomat, kacang kenari, dan kacang almond.

4. Makanan mengandung omega-3

Tak cuma jantung yang mendapatkan manfaat dari asam lemak omega-3, tetapi indung telur dan rahim juga. Asam lemak omega-3 akan melindungi organ dalam tersebut dari kerusakan yang bersifat oksidatif.

Untuk mendapatkan kebaikan omega-3, Anda bisa menyantap beragam makanan berikut ini:

  • Ikan salmon
  • Ikan makarel
  • Biji rami
  • Kacang walnut
  • Kacang kedelai
  • Minyak kedelai
  • Biji labu

Konsumsilah pilihan makanan di atas pada porsi yang sesuai, agar kesehatan rahim Anda terus terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk menyandingkannya dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, cukup istirahat, menghindari rokok dan alkohol agar manfaatnya lebih terasa.

[NB/ RVS]

2 Komentar