Gigi Mulut

Tips Mencegah Munculnya Plak Gigi

drg. Wiena Manggala Putri, 16 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Plak yang menempel pada gigi dapat membuatmu tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Simak cara mencegah munculnya plak di sini!

Tips Mencegah Munculnya Plak Gigi

Rasanya memang mengganggu jika terkena masalah pada rongga mulut. Terlebih, jika masalah yang ditimbulkan adalah karena plak gigi.

Plak adalah lapisan lengket yang terdiri dari sejumlah bakteri yang terus-menerus terbentuk dan menempel pada permukaan gigi dan gusi. 

Umumnya, bakteri ini berasal dari sisa-sisa makanan yang tertinggal karena tidak dibersihkan secara maksimal. 

Selama periode waktu tertentu, asam tersebut dapat merusak lapisan enamel dan menyebabkan kerusakan pada gigi, seperti gigi berlubang hingga peradangan gusi.

Karena itu, jika tidak segera dibersihkan, lama-kelamaan plak akan mengeras menjadi karang gigi. Bila karang gigi ini sudah terbentuk, maka akan sulit untuk dibersihkan hanya dengan menyikat gigi sehingga perlu bantuan seorang dokter gigi. 

Tapi jangan khawatir. Ada sejumlah cara mencegah plak gigi yang bisa kamu terapkan, seperti: 

1. Sikat Gigi secara Teratur

Lakukan sikat gigi sebanyak dua kali sehari selama dua menit. Terutama pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. 

Menyikat gigi sehabis makan pun juga memberikan efek yang tak kalah baik. Sebab pertumbuhan plak setelah makan langsung dihalangi oleh pembersihan gigi. Tetapi, sebaiknya tunggu 30 menit setelah makan.

Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menjaga gigi tetap kuat dan mencegah gigi berlubang. 

Artikel lainnya: Lawan Plak Gigi yang Berbahaya dengan White Tea

2. Bersihkan Sela-Sela Gigi

Membersihkan sela-sela gigi menjadi cara yang juga penting untuk mencegah plak gigi. Sebab, plak tetap masih bisa muncul bila kamu luput membersihkan sela-selanya. 

Oleh karena itu, lakukan pembersihan pada sela-sela gigi (flossing) minimal sekali sehari. Gunakan benang khusus atau dental floss

3. Gunakan Obat Kumur

Penggunaan obat kumur bisa membantu menghilangkan plak yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi. 

Untuk itu, bersihkanlah gigi dan mulutmu dengan cara berkumur menggunakan obat kumur antibakteri. 

Meski demikian, jangan terlalu sering menggunakan obat kumur antibakteri yang mengandung alkohol. Karena efeknya, mulutmu akan terasa kering dan kekurangan air liur. 

Artikel lainnya: Kapan Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi?

4. Kunyah Permen Karet Bebas Gula

Untuk membantu mencegah plak gigi, cara ini juga bisa kamu terapkan. Apalagi, mengunyah permen karet bebas gula dapat meningkatkan produksi air liur di rongga mulut.

Air liur ini berfungsi untuk membersihkan bakteri dan sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut. Namun, perlu diingat untuk memilih permen karet tanpa pemanis buatan.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Banyaknya sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi akan meningkatkan bakteri penyebab plak. 

Tak hanya gula saja, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung pati atau tepung, seperti keripik dan roti, juga dapat menyebabkan munculnya plak. 

Jadi, batasi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Mulailah konsumsi makanan dan camilan bergizi, seperti yogurt, keju, sayur-sayuran dan buah yang mengandung banyak air serta kaya vitamin. 

Artikel lainnya: Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

6. Kunjungi Dokter Gigi secara Rutin

Tak jarang, seseorang melakukan pemeriksaan ke dokter gigi ketika gigi sudah berlubang dan terasa sakit. 

Padahal, dengan pemeriksaan gigi secara teratur dapat mencegah timbulnya masalah-masalah di kemudian hari.

Karena itu, sebagai pencegahan plak gigi, ada baiknya kamu pergi ke dokter gigi sebelum permasalahan gigi muncul atau menjadi lebih parah. Lakukan check up ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Itulah cara mencegah plak gigi yang bisa kamu lakukan. Untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat, menerapkan perawatan gigi yang tepat sangatlah penting. Jadi, lakukanlah langkah-langkah di atas guna menghalau plak gigi serta karang gigi!

Punya pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut? Chat dokter gigi via Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk #JagaSehatmu selalu!

[RS]

plak gigiGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait