Sukses

Tips Mencegah Munculnya Plak Gigi

Plak yang menempel pada gigi dapat membuat Anda tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Simak cara mencegah munculnya plak di sini!

Rasanya memang mengganggu jika terkena masalah gigi dan mulut. Terlebih jika sumber masalahnya adalah plak.

Sebenarnya, apa itu plak? Plak adalah lapisan lengket yang terdiri dari berbagai jenis mikroorganisme dan menempel pada permukaan gigi dan gusi. Umumnya mikroorganisme ini berasal dari sisa-sisa makanan. Tanpa pembersihan yang tepat, plak lama kelamaan akan menumpuk dan mengeras menjadi karang gigi. 

Penyebab Munculnya Plak pada Gigi

Plak berkembang jika makanan yang mengandung karbohidrat (gula dan pati) tertinggal di gigi dan tidak dibersihkan dengan baik. Hal ini membuat bakteri yang hidup di mulut tumbuh dan menghasilkan asam.

Selama periode waktu tertentu, asam tersebut dapat merusak lapisan enamel dan menyebabkan kerusakan pada gigi, seperti gigi berlubang, hingga peradangan gusi.

Artikel lainnya: Yuk, Ketahui Bedanya Plak dan Karang Gigi

1 dari 2 halaman

Tips Mencegah Plak Gigi

Sebelum plak gigi semakin parah dan menimbulkan berbagai masalah pada rongga mulut, Anda dapat mencegahnya dengan berbagai cara, seperti:

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Lakukan sikat gigi setidaknya dua kali sehari. Namun perlu diingat, bahwa menyikat gigi sehabis makan juga memberikan efek yang tak kalah baik. Sebab pertumbuhan plak setelah makan langsung dihalangi oleh pembersihan gigi. Tetapi sebaiknya tunggu 30 menit setelah makan.

Menyikat gigi sebelum tidur pun tak kalah penting. Karena saat Anda tidur, apalagi tanpa membersihkan gigi terlebih dahulu, bakteri-bakteri akan berkembang sepanjang malam dan akhirnya dapat menimbulkan plak.

Selain memperhatikan frekuensi dan waktu untuk menyikat gigi, perhatikan pula sikat gigi Anda. Gunakan sikat gigi berbulu halus supaya dapat membersihkan sela-sela gigi secara optimal dan tidak melukai gusi.

Artikel lainnya: Malas Gosok Gigi? Waspada Masalah Kesehatan Ini!

2. Fokus pada Sela-Sela Gigi

Meskipun Anda rajin membersihkan permukaan gigi, plak tetap masih bisa muncul bila Anda luput membersihkan sela-selanya. Untuk itu, jangan lupa bersihkan sela-sela gigi dengan cermat. Gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkannya dan lakukan minimal sekali dalam sehari

3. Rajin Berkumur

Berkumur-kumur setelah makan sebenarnya bukanlah hal yang jorok. Meski begitu, ada sebagian orang yang menganggapnya sebagai hal yang tidak sopan. Padahal dengan berkumur, itu adalah upaya untuk membersihkan mulut dan gigi yang paling sederhana.

Bersihkanlah gigi dan mulut Anda dengan cara berkumur menggunakan obat kumur antibakteri. Sebab, selain membuat napas lebih segar, obat kumur antibakteri membuat plak-plak yang membandel pada gigi jadi lebih mudah untuk disikat dan dihilangkan.

Meski begitu, jangan terlalu sering menggunakan obat kumur antibakteri yang mengandung alkohol. Karena efeknya, mulut Anda akan terasa kering dan kekurangan air liur. Padahal air liur juga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Supaya tak salah dalam memilih obat kumur, konsultasikanlah dulu dengan dokter gigi Anda.

Artikel lainnya: Alasan Anda Perlu Menyikat Gigi di Malam Hari

4. Hindari Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Banyaknya sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi akan meningkatkan bakteri penyebab plak. Menyantap asupan manis seperti permen, soft drink, donat, dan lainnya secara berlebih juga dapat menyebabkan pembusukan pada gigi.

Tak hanya gula saja! Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung pati atau tepung, seperti keripik dan roti, juga dapat menyebabkan munculnya plak yang membandel.

5. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Sering kali Anda berkunjung ke dokter gigi saat gigi sudah telanjur bermasalah, misalnya saja ketika gigi sudah berlubang dan terasa sakit.

Ada baiknya Anda pergi ke dokter gigi sebelum permasalahan gigi menjadi lebih parah agar dokter bisa menanganinya lebih dini. Jadi, lakukanlah pemeriksaan secara teratur setiap 6 bulan sekali.

Terkadang, padatnya aktivitas sering membuat Anda lupa dalam memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Padahal untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat, menerapkan perawatan gigi yang tepat itu sangatlah penting. Karena itu, lakukan langkah-langkah di atas agar plak gigi yang muncul dapat dicegah.

Jangan lupa, bagi Anda yang punya pertanyaan seputar kesehatan gigi atau penyakit lainnya, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar