Sukses

Tips Mata Bebas Lelah ala Pramugari

Ingin punya mata yang selalu melek dan bebas lelah seperti pramugari? Terapkan tips berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Mata merupakan salah satu aspek penting yang menunjang penampilan. Namun terkadang, padatnya aktivitas, terlalu lama menatap layar, dan kurangnya waktu istirahat membuat mata terlihat lelah dan lesu. Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan, dan menurunkan rasa percaya diri.

Berbicara tentang mata, pernahkah Anda memperhatikan pramugari yang ada di pesawat? Pernahkah Anda melihat kondisi mata mereka? Ya, sangat segar dan terlihat jernih meski harus tetap terjaga berjam-jam lamanya.

Jadi, apakah Anda ingin kondisi mata yang demikian? Tidak perlu repot. Ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan mata bebas lelah seperti pramugari:

1. Basahi mata dengan air hangat dan dingin

Untuk “membangunkan” mata yang lelah dalam waktu 30 detik, Anda membutuhkan air hangat dan dan air dingin.

Pertama, tutup mata Anda dan basahi dengan air air hangat. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran di sekitar mata, juga membuka pori-pori dan membuat sirkulasi darah ke permukaan kulit lebih lancar.

Kemudian, setelah dibasuh air hangat, basuh kembali mata Anda dengan air dingin. Ini bertujuan agar kondisi kulit sekitar mata kembali kencang, dan pori-pori yang tadinya terbuka lebar kembali mengecil.

Untuk hasil yang lebih baik, basahi seluruh bagian wajah Anda―termasuk mata―dengan air hangat dan diikut dengan air dingin setelahnya.

2. Pijat area kulit di sekitar mata

Memijat area sekitar mata merupakan cara yang cepat, mudah, dan efektif untuk menyegarkan mata yang lelah. Pijatan lembut akan melancarkan sirkulasi di sekitar mata, sehingga akan mengurangi bengkak pada mata.

Ketika melakukannya, pijat mata Anda menggunakan jari-jari kedua tangan dengan gerakan melingkar. Mulailah dari bagian bawah mata dekat hidung, dan buat gerakan ke arah ujung pinggir mata. Setelah itu, lakukan gerakan naik ke kelopak mata bagian atas, dan menuju kembali ke bagian tengah wajah dekat hidung.

3. Gunakan masker mata

Masker mata dapat dibuat dari bahan-bahan alami, seperti timun, semangka, alpukat, dan apel. Jika digunakan secara teratur selama 15 menit sehari, mata akan terlihat lebih segar. Hal ini karena bahan-bahan tersebut dapat mengurangi peradangan dan memberikan nutrien yang baik untuk menunjang kesehatan kulit sekitar mata

4. Hindari alergen

Bagi Anda yang memiliki alergi, alergen seperti debu, bulu, asap, udara dingin, atau makanan tertentu dapat membuat alergi kambuh. Orang yang memiliki bakat alergi akan mengalami peradangan berulang pada area sekitar mata, sehingga terlihat lebih gelap dan tampak lelah.

Itulah sebabnya Anda harus menghindari alergen jika memiliki bakat alergi, agar mata tetap cerah. Jika Anda sedang mengalami serangan alergi, minumlah obat pereda alergi Anda.

5. Tidur cukup

Tidur dalam waktu yang cukup merupakan salah satu kunci utama agar mata tampak segar. Anda perlu tidur selama 7–8 jam dalam sehari.

Saat tidur, pastikan kualitas tidur Anda terjaga dengan baik dan tidak mengalami gangguan dalam bentuk apa pun.

6. Hindari terlalu lama menatap layar

Terlalu lama melihat layar televisi, laptop, komputer, atau handphone akan membuat mata kering dan lelah sehingga mata akan terlihat tidak segar. Untuk itu, pastikan Anda tidak menatap layar terlalu lama.

Jika memang pekerjaan menuntut Anda harus menghabiskan waktu lama di depan layar, maka istirahatkan mata Anda 5–10 menit setiap jam dan gunakan kacamata pelindung mata.

7. Gunakan krim pelembap mata

Menggunakan krim pelembap mata dan krim antikerutan di sekitar mata juga bermanfaat untuk membuat mata segar dan bebas lelah. Gunakan satu hingga dua kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

8. Kurangi konsumsi garam

Pola hidup sehat seperti mengurangi konsumsi garam juga bermanfaat untuk mengurangi mata bengkak. Ini karena kadar garam yang terlalu tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan penumpukan cairan, termasuk di kantung bawah mata.

Sebagai gantinya, konsumsilah sayur dan buah yang mengandung vitamin C dan E pada porsi yang sesuai agar kesehatan kulit tubuh dan sekitar mata terjaga dengan baik.

Terapkan tips di atas dengan saksama, agar hasil yang Anda dapatkan benar-benar sesuai harapan. Sekarang, penampilan mata Anda akan mirip seperti pramugari; cerah, bebas lelah, dan tidak memilik kerutan. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

1 Komentar