Sukses

Kebiasaan Sebelum Tidur yang Merusak Rambut

Kerusakan rambut bisa terjadi akibat kebiasaan buruk yang Anda lakukan sebelum tidur. Simak kebiasaan sebelum tidur penyebab rambut rusak di sini!

Selain kulit, rambut yang sehat dan terawat juga menjadi hal penting bagi wanita untuk menunjang penampilan. Tak heran berbagai perawatan rambut kerap dilakukan, mulai dari penggunaan bahan alami hingga teknologi modern di salon. Semua dilakukan demi menjaga kesehatan rambut.

Namun, beberapa kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut terkadang dilakukan tanpa sadar. Akibatnya, manfaat dari perawatan rambut jadi terbuang sia-sia! 

Untuk menghindari hal tersebut dan tetap menjaga keindahan rambut, Anda perlu mengetahui beragam penyebab rambut rusak yang kerap menjadi kebiasaan sebelum tidur. Simak di bawah ini:

1 dari 5 halaman

1. Tidur dengan Rambut Basah

Rambut mudah rapuh dan patah dalam keadaan basah. Oleh karena itu, tidur dalam keadaan rambut basah bisa menjadi penyebab rambut rusak dan bercabang.

Banyaknya gesekan rambut basah pada sarung bantal berpotensi menyebabkan kutikel rambut rapuh. Rambut jadi cenderung terlihat kering dan sulit diatur nantinya. 

Jadi, bila Anda terbiasa keramas sebelum tidur, pastikan rambut sudah dikeringkan terlebih dahulu sebelum tidur.

Artikel lainnya: 6 Kesalahan ini Bikin Anda Rambut Cepat Rusak

2. Mengikat Rambut

Anda harus menghadiri acara di pagi hari tapi tak sempat ke salon? Salah satu cara mudah agar rambut tampil prima di pagi hari adalah mengikat atau menyanggul rambut di malam sebelumnya dan membiarkannya semalaman.

Tunggu dulu, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut bila tak ingin rambut mudah rusak. Mengikat rambut dengan kencang akan membuatnya rapuh dan mudah patah, terlebih bila Anda mengikatnya saat basah. 

Ketimbang menggunakan ikat rambut, Anda bisa menggunakan jepit rambut yang lebih aman untuk kesehatan rambut.

2 dari 5 halaman

3. Malas Menyisir Rambut

Menyisir rambut –terutama sebelum tidur– akan membuat rambut lebih sehat. Karena, menyisir rambut dapat menyebarkan minyak alami di kulit kepala.

Kulit kepala memiliki kelenjar yang memproduksi minyak. Menyisir rambut saat kering akan mendistribusikan minyak alami tersebut ke sepanjang batang rambut. 

Selain itu, menyisir rambut sebelum tidur dapat menstimulasi kulit kepala dan folikel rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut.

4. Menggunakan Sarung Bantal Berbahan Katun

Apa sarung bantal Anda berbahan katun? Sayangnya, sarung bantal dengan bahan ini berpotensi menyebabkan gesekan pada rambut ketika tidur. 

Kalau ingin rambut halus dan sehat, coba ganti sarung bantal dan seprai Anda dengan bahan silk (sutra). Kain yang lembut seperti sutra dapat mengurangi gesekan penyebab rambut rusak.

Artikel lainnya: 8 Hal Sepele yang Bisa Merusak Rambut Anda

3 dari 5 halaman

5. Malas Menggunakan Kondisioner

Bila terbiasa keramas sebelum tidur, jangan lupa pakai kondisioner. Produk pelembap rambut tersebut dapat menutrisi kutikel rambut dan membantu melembapkannya selama delapan jam saat Anda tidur.

Bila lebih menyukai produk alami, Anda dapat menggunakan produk berbahan dasar minyak kelapa sebagai pengganti kondisioner. 

Jangan lupa, pakai kondisioner mulai dari batang hingga ujung rambut. Kondisioner tidak perlu dioleskan di bagian akar rambut.

6. Tidur Tanpa Membersihkan Hairspray di Rambut

Agar tatanan rambut dapat bertahan lama, hairspray biasanya jadi solusi andalan. Nah, kalau Anda menggunakan hairspray setelah menghadiri undangan, jangan lupa keramas setibanya di rumah. 

Sebab, sisa zat dari hairspray akan membuat rambut mudah rapuh dan patah. Pastikan keramas sampai bersih hingga sisa hairspray hilang. Gunakan kondisioner untuk membuat rambut Anda halus kembali.

4 dari 5 halaman

7. Tidak Melakukan Perawatan Rambut Sebelum Tidur

Siapa bilang hanya wajah yang perlu dirawat dengan berbagai beauty routine sebelum tidur? Mulai saat ini, pastikan rambut dan kulit kepala juga mendapat perhatian ekstra sebelum tidur!

Perawatan rambut dan kulit kepala sebelum tidur bermanfaat untuk membuat tampilan rambut lebih indah di pagi harinya. Selain itu, dapat membantu mengembalikan kesehatan rambut setelah terpapar berbagai penyebab rambut rusak di siang hari.

Anda bisa mengaplikasikan serum rambut pada batang rambut. Serum akan memberikan nutrisi yang dapat mengembalikan kekuatan dan mengurangi kerusakan di batang rambut. 

Perawatan khusus lainnya adalah memberikan pijatan lembut pada kulit kepala sebelum tidur. 

Jadi, jangan lupa menyertakan perawatan rambut sebagai kebiasaan sebelum tidur. Hindari berbagai penyebab rambut rusak di atas agar rambut tetap sehat dan Anda dapat tampil lebih percaya diri! 

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar kesehatan rambut dan kulit kepala, pakai Live Chat dari KlikDokter. Anda juga bisa baca banyak artikel menarik lainnya seputar perawatan rambut di KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar