Sukses

Top 10 Berita Kesehatan Minggu Lalu

Artikel mengenai kanker otak menarik perhatian para pembaca. Selain itu, ada beragam berita kesehatan menarik lain yang layak untuk disimak.

Klikdokter.com, Jakarta Minggu lalu, berita kesehatan seputar kanker otak menyita perhatian banyak pembaca. Meninggalnya Senator John McCain akibat kanker otak yang dikenal sebagi glioblastoma, menarik minat pembaca. Uniknya, meski perhatian pembaca banyak tertuju pada penyebab kanker otak, pembaca juga masih menaruh perhatian pada isu mengenai kesehatan rahim.

Selain artikel tersebut, masih ada beberapa artikel menarik lainnya yang layak untuk disimak, termasuk bagaimana membangun tubuh bugar ala atlet bulu tangkis, Jonatan Christie. Berikut ini adalah sepuluh artikel terpopuler di KlikDokter pada minggu lalu:

1 dari 11 halaman

1. Awas, 6 Makanan Ini Rentan Memicu Kanker Otak!

Akhir bulan lalu politikus Amerika Serikat, John McCain meninggal dunia akibat penyakit kanker otak atau glioblastoma. John McCain sendiri pernah menjalani perawatan pada 2017 lalu karena penyakitnya tersebut.

Seperti pada umumnya kebanyakan kanker, penyebab kanker jenis ini juga belum diketahui pasti. Namun, ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab mengapa seseorang lebih rentan mengalami kanker otak jenis glioblastoma tersebut. Salah satu pemicunya adalah makanan. Artikel ini mengulas enam jenis makanan yang rentan memicu terjadinya kanker otak.

Selengkapnya baca di sini.

2 dari 11 halaman

2. Ciri-Ciri Rahim yang Sehat dan Subur

Rahim yang sehat bagi seorang wanita adalah awal dari fungsi reproduksi yang sempurna. Beberapa ciri dari rahim sehat, antara lain siklus haid normal, keputihan normal, dan nyeri haid normal.

Maka ketika seorang wanita mengalami gangguan kesehatan pada rahimnya, ketiga ciri rahim sehat tersebut juga akan terpengaruh. Namun, meski kondisi rahim dirasakan sehat, seorang wanita juga tetap memerlukan pemeriksaan kesehatan sistem reproduksi secara menyeluruh dan berkala.

Selengkapnya baca di sini.

3 dari 11 halaman

3. Ini Alasan Mengapa Pria Jadi Buncit Setelah Menikah

Saat ini, perut buncit sering menjadi masalah bagi para pria, terutama mereka yang telah menikah. Istilah "dad bod" yang disematkan bagi pria berperut buncit, menggambarkan kondisi tubuh pria yang makin mirip "bapak-bapak" setelah statusnya berubah menjadi suami atau ayah.

Bahkan ada yang percaya perut pria akan semakin buncit seiring kelahiran anaknya. Ini memang ada benarnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang sudah menikah rata-rata paling sedikit naik 4–5 kilogram dari berat ideal.

Selengkapnya baca di sini.

4 dari 11 halaman

4. Benarkah Janin di Dalam Rahim Bisa Menangis?

Mungkin terdengar sedikit ‘aneh’, namun sebuah studi pada tahun 2004 saat menyelidiki perilaku janin di dalam rahim terhadap paparan rokok dan kokain, menemukan fakta menarik. Terdapat lima aktivitas yang dilihat sebagai respons janin, yakni tidur nyenyak, keaktifan bergerak, terbangun namun tenang, terbangun dan aktif secara tiba-tiba, serta menangis.

Pada awalnya, peneliti berasumsi bahwa hanya empat aktivitas pertama yang terjadi di dalam rahim. Namun faktanya, di dalam rahim janin pun bisa menangis. Bahkan, studi tersebut menunjukkan rekaman video janin menangis di dalam rahim untuk pertama kalinya.

Selengkapnya baca di sini.

5 dari 11 halaman

5. Kantong Teh Celup Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Anda penggemar teh celup? Bisa jadi Anda menjadi salah satu yang resah mengenai kabar bahwa kantong teh celup berpotensi mengandung zat berbahaya. Selain itu, kantong teh celup juga dikatakan rentan menyebabkan kanker.

Pembungkus teh juga diduga mengandung senyawa klorin yang banyak digunakan untuk pemutih kertas dan pembungkus makanan. Namun sebenarnya, saat ini, banyak produsen bahan pangan yang menghentikan penggunaan bahan kimia tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

6 dari 11 halaman

6. Benarkah Pijatan Bikin Bayi Tidur Lebih Lama?

Pijat bayi adalah salah satu teknik stimulasi yang memiliki banyak dampak positif untuk si Kecil. Melalui pijatan dan sentuhan hangat, pertumbuhan saraf-saraf tubuh si Kecil pun dapat terstimulasi. 

Bayi yang dipijat secara teratur, menurut sebuah studi dari Cochrane, lebih jarang menangis dan rewel dibandingkan yang tidak atau jarang menerima sentuhan atau pijatan. Hasilnya, ketika bayi menerima pijatan pun akan merasa lebih nyaman.

Selengkapnya baca di sini.

7 dari 11 halaman

7. Ini Dia Rahasia Tubuh Atletis Jonatan Christie!

Atlet bulu tangkis Jonatan Christie menyabet medali emas dalam Asian Games 2018 yang baru saja berakhir. Teknik permainannya yang memukau dan penampilannya langsung jadi pembicaraan dan menjadi viral.

Tubuh bugar Jonatan Christie pun menjadi dambaan. Namun perlu diketahui, untuk memiliki tubuh atletis dan bugar ala Jojo, Anda perlu berolahraga secara rutin dan teratur sambil menerapkan pola diet yang seimbang.

Selengkapnya baca di sini.

8 dari 11 halaman

8. 4 Bahaya Buah Nangka bagi Ibu Hamil

Buah nangka tidak hanya sedap untuk disantap sebagai sajian di meja. Selain itu kandungan magnesium serta kalsium dalam buah nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Zat besi yang ada di dalam buah tersebut juga dapat mencegah ibu hamil terkena anemia.

Namun sayangnya, di balik rasa lezat dan manfaatnya, buah nangka juga bisa membawa dampak negatif bagi ibu hamil. Jika Anda menggemari buah ini dan saat ini sedang hamil, jangan mengonsumsinya terlalu banyak.

Selengkapnya baca di sini.

9 dari 11 halaman

9. 4 Jenis Minyak yang Aman untuk Kolesterol Tinggi

Jika Anda mengalami kolesterol tinggi, Anda tentu harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Secara umum, makanan berminyak dianjurkan untuk dihindari. Namun sebenarnya tak semua minyak harus dijauhi. Ada beberapa jenis minyak yang justru aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

Selengkapnya baca di sini.

10 dari 11 halaman

10. Miliki Tubuh Bugar ala Jonatan Christie dengan Badminton!

Ketika atlet bulu tangkis Jonatan Christie berhasil menyabet medali emas dalam Asian Games 2018 lalu, olahraga ini kembali digandrungi masyarakat. Bulu tangkis pun semakin mendapat tempat terhormat, dan menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Selengkapnya baca di sini.

Minat pembaca terhadap isu-isu kesehatan yang sedang terjadi saat ini, membuat kesepuluh berita kesehatan di atas menjadi sangat bervariasi.  Selain artikel mengenai kanker otak dan kesehatan rahim, informasi seputar buah yang aman untuk ibu hamil juga menarik minat pembaca. Demikian sepuluh artikel terpopuler di KlikDokter pekan lalu.

[RH]

0 Komentar

Belum ada komentar