Sukses

Tumbuh Kembang Anak Optimal ala Montessori dan Nippon Spot-Less Plus

Anak mahir berkesenian menjadi hal yang didambakan orang tua. Bagaimana Nippon Spot-Less Plus dan lingkungan Montessori mewujudkannya?

Klikdokter.com, Jakarta Kehadiran buah hati di dalam keluarga merupakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya. Tak jarang demi tumbuh kembang anak yang optimal, orang tua sering harus merelakan perabotan bahkan dinding dan lantai rumah menjadi objek corat-coret bagi si Kecil.  demi tumbuh kembang yang optimal.

Kemampuan anak dalam berkreasi dan berkesenian merupakan tanda perkembangan kognitifnya. Anda sebagai orang tua perlu memberikan dukungan terhadap segala bentuk kreasi yang diwujudkan anak Anda. Meski untuk itu, anak sering kali memilih objek eksperimen yang tidak terduga.

Objek eksperimen pilihan anak

Berbicara tentang “objek eksperimen” anak di rumah, yang paling menjadi favorit adalah dinding. Ya, anak sering menganggap dinding sebagai papan tulis terluas dan terasyik untuk menuangkan segala bentuk dan warna sesuai imajinasinya.

Meski begitu, sebanyak 86 persen dari 200 orang tua yang disurvei oleh Nippon Paint pada 2017 mengaku, mereka lebih sering membersihkan lantai dan mengabaikan kebersihan dinding rumahnya. Padahal, mereka menghabiskan waktu di dalam rumah sekitar 8-20 jam. Cukup mengkhawatirkan, bukan?

Hal itulah yang menjadi perhatian dari Nippon Paint sebagai pelopor industri cat di Jepang. Nippon Paint di Indonesia sudah mulai berdiri sejak 1969 di Indonesia dan turut menjadi produsen cat terbesar. Kali ini, perusahaan cat ini meluncurkan Nippon Spot-Less Plus dalam acara ART in The Montessori Environment,  hari Minggu (09/09) lalu. Produk inovatif ini diluncurkan demi mewujudkan rumah dan keluarga sehat Indonesia. 

Nippon Spot-Less Plus dilengkapi dengan penambahan formula silver-ion yang sering dipakai pada alat kesehatan dan tidak mengandung VOC (volatile organic compound) pemicu kanker. Kedua komponen tersebut dapat membasmi beragam bakteri jahat pada dinding dan tak menimbulkan gangguan kulit serta pernapasan. Produk ini dilengkapi juga dengan stain-guard, sehingga Anda tidak perlu pusing lagi saat membersihkan dinding rumah yang telah tercorat-coret si buah hati. Tinggal disemprot dengan air dan dilap dengan kain bersih, atau digosok dengan deterjen, maka dinding yang penuh coretan pun bisa bersih kembali dengan mudah.

Sementara itu, Linda Kam, ATL Marketing Manager  dari Nippon Paint menyarankan kepada orang tua untuk tetap memperhatikan aneka mainan anak yang dilapisi cat. Jangan sampai hanya dinding rumah yang aman, namun mainan yang digenggam setiap saat masih berbahaya untuk kesehatan anak Anda.

Pemilihan warna pun juga sebaiknya bisa lebih diperhatikan oleh orang tua. Misalnya saja, warna hangat, seperti oranye, kuning, dan cokelat dipilih untuk merangsang perkembangan otak. Warna tenang, seperti biru, hijau, dan ungu bisa dipilih untuk membuat anak Anda cepat tidur.

1 dari 2 halaman

Memadukan kreativitas dan logika anak

Lantas, bagaimana unsur Montessori mendukung terwujudnya kreativitas yang optimal pada anak Anda? Dalam metode Montessori, tugas orang tua adalah proaktif serta mendukung anak Anda untuk berkembang menjadi dirinya sendiri. Sebab, setiap anak memiliki sifat dan karakter  berbeda dan memiliki minat serta potensi masing-masing.

Itulah mengapa dalam Montessori, orang tua wajib melakukan observasi halus dan memberikan kebebasan belajar kepada buah hatinya. Dengan memberikan suasana yang nyaman untuk belajar, si kecil akan terlatih untuk mandiri meskipun terkadang melewati beberapa kegagalan terlebih dulu. Si Kecil juga akan memiliki kepercayaan diri dalam menciptakan sesuatu, seperti dalam hal seni.

Menurut Elvina Lim Kusumo, pendiri Indonesia Montessori, meskipun si anak menyukai sains dan teknologi, seni tetap dibutuhkan dalam kehidupannya. Seni membutuhkan tingkat imajinasi yang tinggi, sedangkan sains-teknologi membutuhkan logika yang berjalan baik. Maka, tak ada yang lebih baik lagi selain memadukan kreativitas dan logika untuk menciptakan suatu inovasi.

Berkesenian adalah salah satu cara anak mengekspresikan dirinya. Cara termudah bagi anak untuk menciptakan karya seni adalah dengan menggambar di mana saja. Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan media yang digunakan oleh anak dalam membuat karya seni, seperti menggambar. Orang tua juga perlu menyediakan media yang aman dan sehat. Dengan mengaplikasikan cat dinding Nippon Spot Less Plus pada dinding, maka aktivitas seni dan berkreasi yang dilakukan anak - seperti melukis pada dinding rumah – bisa lebih sehat dan menyenangkan. 

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar