Sukses

4 Olahraga Luar Ruangan yang Baik untuk Anak

Anak perlu aktif bergerak agar tubuhnya tetap sehat. Ini beberapa olahraga luar ruangan yang bisa mendatangkan banyak kebaikan untuknya.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Hal ini penting, khususnya untuk anak. Pasalnya, masa anak-anak adalah usia dimana setiap organ tubuh membutuhkan stimulasi agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan optimal. Di samping itu, anak yang berolahraga secara rutin dan teratur juga terbukti memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik hingga dewasa kelak.

Terkait itu, dr. Fiona Amelia dari KlikDokter mengatakan bahwa olahraga yang dilakukan sejak dini terbukti efektif menurunkan risiko obesitas, diabetes, serta tekanan darah dan kolesterol tinggi.

“Manfaat tersebut mampu membuat anak terhindar dari penyakit jantung dan stroke di kemudian hari,” lengkap dr. Fiona.

Tak sekadar itu, lanjut dr. Fiona, anak yang rutin berolahraga juga akan memiliki perkembangan fisik, mental, emosi, dan sosial yang lebih baik.

“Jaringan penyangga tubuh, seperti otot, sendi, dan tulang, juga akan lebih kuat dan lentur. Selain itu, kualitas tidur anak juga menjadi lebih baik sehingga tubuhnya lebih berenergi, lebih fokus, dan siap dalam menerima setiap pelajaran,” jelas dr. Fiona.

1 dari 2 halaman

Olahraga yang bisa dipilih untuk Anak

Untuk mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan dr. Fiona di atas, beberapa jenis olahraga luar ruangan yang bisa dipilih anak, antara lain:

1. Sepak bola

Selain menyenangkan, sepak bola juga menyehatkan. Dengan olahraga ini, sikap sportif, disiplin, dan kepemimpinan pada anak juga bisa terasah dengan baik.

Melansir Parents, anak yang rutin melakukan olahraga sepak bola juga akan merasakan manfaat berupa: kesehatan pembuluh darah yang lebih optimal, otot lebih kuat, keseimbangan terjaga baik, fleksibilitas dan koordinasi tubuh yang lebih mumpuni, serta berat badan tetap di rentang ideal.

2. Bersepeda

Naik sepeda keliling lingkungan sekitar rumah rupanya tak hanya memberikan kesenangan pada si Kecil, tapi juga beragam manfaat kesehatan. Faktanya, olahraga luar ruangan yang satu ini bisa mendatangkan manfaat dari segi fisik maupun sosial.

Beberapa manfaat bersepeda untuk kesehatan fisik anak, termasuk membuat kekuatan kaki; keseimbangan dan koordinasi tubuh yang lebih baik. Bila dilakukan secara rutin dan teratur, bersepeda juga membuat kesehatan jantung dan pembuluh darah lebih optimal.

Dari segi sosial, bersepeda bisa mengasah sikap disiplin dan rasa kepedulian anak terhadap lingkungkan. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa olahraga ini juga bisa membuat anak merasa lebih bebas dan leluasa dalam berekspresi.

3. Jalan santai

Siapa bilang berjalan kaki mengelilingi rumah tak mendatangkan manfaat sehat? Ya, aktivitas sederhana yang praktis dan murah ini bisa mendatangkan beragam manfaat bagi orang yang melakukannya, termasuk pada anak.

Seperti dilansir Pare nts, berjalan bisa bermanfaat untuk melatih keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan kaki pada anak. Di samping itu, aktivitas sederhana ini juga terbukti mampu menjaga berat badan anak tetap ideal.

4. Berenang

Selain menjadi alternatif liburan bagi anak, berenang juga bisa mendatangkan beragam manfaat sehat. Misalnya, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, melatih sikap disiplin dan keberanian pada anak.

Tak hanya itu, berdasarkan penjelasan dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, olahraga berenang juga bisa melatih kecerdasan otak si Kecil.

“Sebuah penelitian di Australia yang dilakukan selama tiga tahun menyebutkan bahwa anak yang belajar berenang di usia dini mempunyai nilai yang tinggi pada tes bakat,” kata dr. Vita.

Itulah beberapa jenis olahraga luar ruangan yang bisa dilakukan oleh anak. Selain membuat anak terhindar dari kecanduan gawai, aktivitas sehat tersebut juga mendatangkan manfaat dari segi fisik maupun sosial pada si Kecil jika dilakukan secara rutin dan teratur. Jadi, yuk ajak anak berolahraga!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar