Diet dan Nutrisi

Buah Ini Kaya Air dan Bisa Cegah Dehidrasi

Ingin cegah dehidrasi? Anda bisa mengonsumsi berbagai buah yang mengandung banyak air! Apa saja? Simak daftar buah yang mengandung air di sini.

Buah Ini Kaya Air dan Bisa Cegah Dehidrasi

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu hal yang harus selalu dijaga. Saat dehidrasi telanjur terjadi, Kamu akan merasa nyeri kepala, masalah pada kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung lebih cepat.

Apabila tubuh mengalami dehidrasi dalam keadaan lama, komplikasi yang serius seperti kegagalan organ pun mungkin terjadi. Selain dari air, Kamu juga bisa mendapatkan asupan air dari makanan, termasuk dari buah. Berikut beberapa pilihan buah yang mengandung banyak air.

1. Semangka

Semangka mengandung kadar air hingga 92 persen. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka amat rendah kalori dan dapat membantu menurunkan berat badan dengan rasanya yang mengenyangkan.

Semangka juga baik bagi daya tahan tubuh karena kandungan likopen, suatu antioksidan yang kuat, di dalamnya.

2. Stroberi

Stroberi termasuk buah yang banyak mengandung air. Buah ini mengandung kadar air hingga 91 persen. Mengonsumsi stroberi dapat menyumbang asupan cairan Kamu sehari-hari.

Selain menyediakan serat, buah masam ini juga tinggi antioksidan, berbagai vitamin dan mineral termasuk vitamin C, folat, serta mangan.

3. Jeruk

Jeruk mengandung kadar air sebanyak 88 persen. Kadar vitamin C dan potasium yang tinggi berkontribusi pada peningkatan daya tahan tubuh dan kesehatan jantung.

Flavonoid yang merupakan antioksidan dalam jeruk juga mampu melawan radikal bebas, serta memberi rasa kenyang dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Tomat

Tomat mengandung kadar air sebanyak 94 persen. Satu buah tomat berukuran sedang memiliki kadar air hingga setengah gelas atau 118 ml.

Buah yang mengandung air ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta likopen yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah kanker prostat.

5. Jeruk Bali

Jeruk bali punya konsentrasi air hingga 88 persen. Buah ini dapat berperan untuk diet Kamu dengan membantu penurunan berat badan, serta menjaga kadar kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah. Jadi, jangan sampai ketinggalan manfaat sehat buah yang mengandung banyak air ini, ya.

6. Air Kelapa

Air kelapa mengandung kadar air sebanyak 95 persen. Tidak hanya karena kandungan air yang banyak, air kelapa juga punya kandungan elektrolit, termasuk potasium, sodium, dan klorida.

Pemulihan setelah berolahraga juga menjadi lebih mudah dengan air kelapa karena kandungan elektrolitnya. Minuman alami ini menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan sports drink yang sering kali mengandung banyak gula.

7. Blewah

blewah

Dengan kandungan air 90 persen, buah blewah tak akan terlewatkan sebagai buah pelepas dahaga Kamu.

Selain kaya air, blewah juga mengandung berbagai nutrisi dan serat yang mampu memberi rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Vitamin A yang dikandung di dalamnya juga mampu memberi perlindungan terhadap infeksi.

8. Peach

Peach mengandung kadar air sebanyak 89 persen. Buah ini mengandung kadar air dan serat yang tinggi sehingga mampu memberi rasa kenyang dan aman dikonsumsi karena rendah kalori. Peach ukuran sedang diketahui hanya memiliki 60 kalori.

Selain mengandung vitamin A, B, C, serta potasium, makan peach dengan kulitnya berkontribusi terhadap asupan antioksidan, seperti asam klorogenik, untuk melawan penyakit.

9. Apel

apel

Apel mengandung air sekitar 86% dan kaya akan serat, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain mengandung air apel juga memiliki nutrisi penting lainnya seperti serat, vitamin C, antioksidan, kalium dan karbohidrat.

10. Pisang

Pisang mengandung sekitar 74% air dan merupakan sumber potasium yang baik, yang penting untuk menjaga elektrolit. Bukan hanya air, pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh seperti, vitamin C, vitamin B6, riboflavin, folat, magnesium, potassium, dan mangan.

Artikel lainnya: 19 Manfaat Buah Pisang yang Bisa Kamu Rasakan

11. Melon

Melon mengandung kandungan air sebanyak 90% dan kaya akan vitamin A dan vitamin C. Buah melon juga mengandung Kolin yang penting untuk fungsi otak, dan metabolisme lemak. 

Itulah beberapa pilihan buah yang mengandung banyak air yang menyehatkan dan menyegarkan. Kombinasikan juga dengan variasi asupan seimbang lainnya agar kesehatan tetap terjaga.

Kamu bisa kosultasi dengan dokter menggunakan fitur tanya dokter dan buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis. Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter!

Yuk, #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

(HNS/AYU)

buah

Konsultasi Dokter Terkait