Sukses

6 Buah Ini Kaya Air dan Bisa Cegah Dehidrasi

Ingin cegah dehidrasi atau kekurangan cairan dengan cara yang lebih enak dan menyehatkan? Konsumsi buah ini!

Klikdokter.com, Jakarta Anjuran minum air putih sebanyak dua liter dalam sehari rasanya sudah tak asing lagi di telinga Anda. Ya, anjuran tersebut pada dasarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Apa itu dehidrasi? Ini adalah keadaan ketika jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada yang masuk. Memang, cara terbaik untuk mencegah keadaan ini adalah dengan minum air putih setidaknya dua liter per hari. Akan tetapi, cara tersebut bukanlah satu-satunya jalan yang mesti Anda tempuh jika tak ingin dehidrasi.

Faktanya, dehidrasi juga bisa dicegah dengan mengonsumsi buah-buahan berikut ini:

1. Melon

Terdiri dari 90 persen air, melon merupakan buah yang ideal untuk masa pemulihan setelah Anda berolahraga atau mengeluarkan cairan berlebih. Buah berdaging hijau muda ini juga dapat menggantikan cadangan glikogen dengan cepat.

Dengan makan 170 gram daging buah melon, atau sekitar seperempat buah melon, 100  persen kebutuhan vitamin A dan vitamin C harian Anda dapat terpenuhi. Bagi Anda yang sedang berdiet pun tak perlu khawatir, karena melon rendah akan kandungan kalori.

2. Berry

Berry juga mengandung kadar air yang tinggi. Buah ini juga kaya akan antosianin, yang dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan setelah berolahraga.

Semua jenis buah berry baik untuk mencegah dehidrasi. Namun, yang terbaik adalah stroberi. Ini karena stroberi mengandung kadar air sebesar 91  persen, sementara raspberry 85  persen dan blueberry hanya 88,2  persen.

3. Tomat

Tomat mengandung kadar air yang tinggi, yaitu 94,5  persen. Jika tidak suka memakannya langsung, Anda bisa memotong tomat dan mencampurkannnya pada salad atau roti lapis.

Alternatif lainnya, tomat juga bisa dibuat menjadi jus dan dicampurkan dengan buah atau sayuran lain. Kandungan airnya pun akan lebih tinggi.

4. Semangka

Kadar air dalam buah semangka cukup tinggi, yaitu sebanyak 91.5 persen. Selain kaya air, buah yang satu ini juga kaya akan kandugan likopen (antioksidan) yang dapat menangkal dampak buruk radikal bebas.

5. Belimbing

Buah belimbing mengandung kadar air yang cukup tinggi, yaitu 91,4 persen. Selain itu, buah belimbing juga tinggi akan kandungan epikatekin (antioksidan) yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sayangnya, buah ini tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan ginjal. Hal ini karena belimbing memiliki kandungan asam oksalat yang tergolong tinggi.

6. Jeruk bali

Buah dengan rasa yang masam namun menyegarkan ini kaya akan air, yaitu sekitar 90,5 persen. Selain dapat mencegah dehidrasi, penelitian juga mengatakan bahwa mengonsumsi satu buah jeruk bali setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 15,5 persen dan trigliserida hingga 27 persen.

Tak sekadar itu, buah ini juga baik dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan lantaran dapat membantu mengoptimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Buah mana yang jadi favorit Anda? Tetap ingat untuk mengonsumsinya pada porsi yang tepat alias tidak berlebihan. Dengan demikian, buah favorit Anda tak hanya mampu mencegah dehidrasi, tapi juga mendatangkan segudang manfaat sehat yang lebih besar lagi.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar