Sukses

6 Manfaat Sehat Bersepeda Saat Car Free Day

Hari Minggu adalah waktunya car free day! Karena punya segudang manfaat kesehatan, yuk bersepeda bersama teman, pasangan, atau keluarga.

Klikdokter.com, Jakarta Berbagai kota besar di Indonesia memiliki program car free day alias Hari Bebas Kendaraan tiap akhir pekan. Momen ini tentunya dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari belanja, wisata kuliner, hingga berolahraga. Apa pun kegiatan yang Anda pilih, pastikan untuk menyelipkan kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan, yang salah satunya adalah bersepeda, sekaligus selebrasi Hari Olahraga Nasional yang jatuh setiap tanggal 9 September!

Bersepeda tak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan! Melintasi ruas jalan yang steril dari kendaraan bermotor saat car free day bisa membuat tubuh tetap bergerak aktif, sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh terjaga.

Apa saja manfaat sehat bersepeda saat car free day?

Jika ini menjadi ini menjadi salah satu kebiasaan, tanpa Anda sadari bersepeda bisa membuat tubuh Anda lebih sehat. Berikut ini adalah manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari bersepeda saat car free day:

1. Bersepeda membuat Anda bahagia

Anda sedang suntuk dengan pekerjaan dan tumpukan deadline? Cobalah manfaatkan akhir pekan dengan bersepeda saat car free day. Menurut studi yang dilakukan oleh organisasi amal YMCA, dilaporkan bahwa individu yang aktif berolahraga memiliki tingkat kebahagiaan 32 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang berolahraga.

Hal ini dikarenakan saat berolahraga terdapat pelepasan hormon endorfin dan adrenalin yang membuat seseorang menjadi bahagia sekaligus lebih percaya diri. Selain membuat Anda aktif bergerak, bersepeda saat car free day akan merasa lebih bahagia karena terpapar Anda berada di alam terbuka dan melihat pemandangan (yang pada hari-hari lainnya didominasi macet dan penuh polusi)

2. Bersepeda menurunkan berat badan

Berolahraga saat car free day memang memiliki tantangan tersendiri karena Anda dihadapkan dengan berbagai jajanan serta kuliner lezat setiap ruas jalan. Untuk menurunkan berat badan dan membakar kalori dari makanan yang Anda santap, bersepeda bisa menjadi solusi. Dengan bersepeda selama 1 jam, maka Anda dapat membakar 400–1000 kalori, tergantung intensitas bersepeda dan berat badan Anda.

3. Bersepeda menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menurunkan berat badan, bersepeda dapat meningkatkan denyut jantung dan memperbaiki sirkulasi tubuh Anda. Menurut studi yang dilakukan Universitas Glasgow, Skotlandia, selama 5 tahun pada 260.000 responden, ditemukan ditemukan bahwa bersepeda secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker hingga 50 persen.

4. Bersepeda meningkatkan kualitas tidur

Universitas Georgia, Georgia, meneliti pria dan wanita usia 20-85 tahun selama 35 tahun lama. Penelitian ini menemukan bahwa terjadi penurunan level aktivitas fisik dapat menurunkan kualitas tidur dan pada akhirnya bisa menyebabkan timbulnya gangguan tidur. Hal ini terutama dialami pada pria dan wanita usia 40-60 tahun.

5. Bersepeda dapat meningkatkan kesehatan otak

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari bersepeda secara rutin adalah mengurangi penurunan risiko demensia atau fungsi kognitif (daya pikir). Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2013, dilaporkan bahwa selama bersepeda, aliran darah di otak dapat meningkat (atau lebih lancar) hingga 28 persen, bahkan 70 persen di area otak tertentu.

Peningkatan aliran darah ke otak berarti oksigen dan nutrisi yang diterima oleh otak juga akan semakin maksimal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dianjurkan untuk bersepeda rutin selama 45-60 menit.

6. Bersepeda meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, berolahraga (termasuk bersepeda) secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh hingga 40 persen dibandingkan dengan orang tidak berolahraga sama sekali.

Selain itu, penelitian tersebut juga melaporkan angka kejadian infeksi virus influenza berkurang pada orang yang rutin berolahraga.

Cuma seminggu sekali, tak ada ruginya memanfaatkan car free day. Apa pun aktivitas yang Anda lakukan, cobalah untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah dengan bersepeda saat car free day. Lakukan secara rutin untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar