Sukses

Kenali Sebab Serangan Jantung yang Renggut Nyawa Burt Reynolds

Aktor senior Burt Reynolds dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung. Apa sebenarnya penyebab seseorang bisa kena serangan jantung?

Klikdokter.com, Jakarta Aktor legendaris industri perfilman Hollywood, Burt Reynolds meninggal di usianya yang menginjak 82 tahun pada Kamis (06/09) waktu setempat, atau Jumat (7/9). Penyebab meninggalnya aktor kelahiran Michigan, Amerika Serikat, itu diduga karena serangan jantung.

Sementara itu, mengutip pernyataan dr. Alvin Nursalim dari Klikdokter, serangan jantung dikenal dengan istilah sindrom koroner akut. Kondisi ini terjadi saat pembuluh darah jantung mengalami penyumbatan sehingga aliran darah menjadi terhambat. Nah, aliran darah yang berkurang inilah yang menyebabkan kerusakan jaringan jantung.

Penyebab serangan jantung

Meskipun Burt Reynolds terkena serangan jantung di usia senja, bukan berarti serangan jantung tidak menyerang orang di usia muda. Menurut dr. Vito A. Damay Sp. JP M.Kes HIHA FICA, dari KlikDokter, adanya faktor genetik atau keturunan menjadi penyebab orang di usia muda mengalami penyempitan pembuluh darah jantung.

Selain faktor genetik, penyakit kencing manis atau diabetes mellitus, kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas atau kegemukan juga bisa menjadi penyebabnya. Terakumulasinya gaya hidup yang tak sehat selama bertahun-tahun juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung di kemudian hari.

Meski kasus serangan jantung banyak menimpa laki-laki, nyatanya perempuan juga memiliki tingkat risiko yang sama. Data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan, satu dari empat wanita di Amerika meninggal karena serangan jantung.

Sebelum menginjak usia 55 tahun, hormon estrogen dalam tubuh wanita berperan sebagai pelindung dinding pembuluh darah dari kerusakan pemicu serangan jantung. Selain itu juga meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Nah, ketika menginjak usia di atas 55 tahun, hormon estrogen itu akan turun signifikan. Itulah mengapa wanita menjadi rentan mengalami kerusakan pembuluh darah, penumpukan kolesterol jahat, sekaligus peningkatan tekanan darah yang berakibat meningkatnya risiko serangan jantung.

1 dari 2 halaman

Kenali gejala serangan jantung

Gejala serangan yang dialami aktor Burt Reynolds sebenarnya dapat dikenali sejak dini. Kondisi ini akan lebih mudah tertangani bila Anda mengenali gejalanya sebagai berikut.

  1. Nyeri dada kiri

Orang yang mengalami serangan jantung umumnya mengeluh adanya rasa nyeri di dada kiri yang menjalar ke lengan kiri, leher, hingga menembus punggung. Terkadang, penderitanya juga merasakan seperti tertindih.

  1. Nyeri perut

Tak hanya dada kiri yang sakit, beberapa orang juga mengeluhkan adanya nyeri pada ulu hati. Jika tidak peka, orang awam akan mengiranya sama dengan gangguan mag.

  1. Sesak napas

Penderita serangan jantung biasanya akan mengalami sesak napas. Kondisi ini terjadi karena terjadinya kegagalan  pada fungsi jantung sehingga aliran darah tidak lancar dan tertumpuk di paru-paru.

  1. Berkeringat dingin dan mual

Orang yang terkena serangan jantung sering berkeringat dingin. Jika tangannya dipegang juga akan  terasa dingin.Hal tersebut akan semakin parah bila penderitanya sedang cemas. Gejala lain yang harus diwaspadai adalah sering merasa mual dan muntah. Bila Anda memiliki gejala-gejala seperti di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Sekilas beda serangan jantung, gagal jantung, dan henti jantung

Masyarakat yang kurang memahami perbedaan tiga penyakit tersebut mungkin akan menganggapnya sama saja. Padahal, menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, ketiganya berbeda.

Pada kasus serangan jantung atau keadaan saat pembuluh darah jantung tersumbat, penderitanya akan merasakan nyeri di dada kiri yang menjalar hingga ke tangan kiri. Selain itu, penderitanya juga merasakan sesak napas, keluar keringat dingin, dan adanya perasaan tercekik.

Berbeda dengan gagal jantung atau kondisi jantung tak mampu menjalankan fungsi pemompaan darah dengan optimal, penderita akan mudah lelah dan sering batuk. Meski begitu, ada pula gejala yang masih sama, yaitu sesak napas.  

Sedangkan henti jantung mendadak, penyakit ini dipicu adanya gangguan irama jantung. Apabila seseorang mengalami henti jantung, maka organ vital seperti otak tidak mendapat asupan darah yang cukup. Hal tersebut memerlukan pemompaan jantung manual atau akrab disebut resusitasi jantung paru (RJP).

Dengan mengenal penyebab, gejala serangan jantung, hingga perbedaan antara ketiga penyakit yang disebut di atas diharapkan Anda lebih peka terhadap kondisi tubuh Anda. Serangan jantung yang merenggut nyawa aktor Burt Reynolds harus menjadi pelajaran bagi semua untuk selalu menjaga kesehatan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar