Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGigi MulutIni Dia 5 Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi
Gigi Mulut

Ini Dia 5 Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi

Krisna Octavianus Dwiputra, 07 Sep 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sakit gigi memang sangat mengganggu, bahkan bisa membuat Anda tidak bisa beraktivitas. Berikut ini lima cara untuk mengurangi sakit gigi.

Ini Dia 5 Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi

Siapa yang tidak pernah sakit gigi? Rasa-rasanya hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi yang berujung pada terganggunya aktivitas harian. Akan tetapi, ada beberapa cara yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit itu.

Menurut ahli gigi dan mulut drg. Arni Maharani, rasa sakit akibat sakit gigi bisa bermacam-macam. Mulai dari rasa sakit yang ringan, dengan kata lain bisa ditahan, hingga sampai benar-benar mengganggu.

Biasanya rasa sakit itu akan menjalar di area sekitar gigi, pipi, kuping, dan kepala bergantung dari penyebab serta kondisinya. Tanda dan gejala yang muncul ketika sakit gigi, di antaranya sensitif terhadap suhu yang panas dan dingin, pembengkakan sekitar gusi atau rahang pada gigi yang bermasalah, sakit ketika mengunyah, perdarahan sekitar gusi, rasa sakit yang tajam dan konstan, sakit kepala, dan demam.

Sementara itu, penyebab sakit gigi juga beragam. Biasanya sakit gigi timbul karena ada kelainan dan tidak melulu disebabkan oleh gigi yang berlubang.

Cara mengurangi sakit gigi

Sakit gigi bisa dikurangi dengan berbagai cara. Salah satu yang lazim adalah menempelkan koyo pada area yang sakit. Akan tetapi, ada cara lain yang juga jitu dari Healthline dan dr. Callista Argentina dari KlikDokter:

1. Berkumur dengan larutan air garam hangat

Selain menempelkan koyo, ini juga cara mudah mengatasi sakit gigi. Anda siapkan setengah gelas kecil air putih hangat. Tambahkan garam satu sendok makan pada air tersebut dan aduk hingga rata. Berkumurlah selama 1 menit selama 2-3 kali sehari.

Menurut sebuah jurnal kedokteran gigi di Inggris, hawa panas dari larutan tersebut memiliki efek meningkatkan sirkulasi darah di bagian gigi. Hal tersebut membantu penyembuhan lebih cepat.

2. Obat pereda nyeri berbentuk larutan kumur

Biasanya obat ini mengandung benzydamine HCl untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut. Mudah didapatkan, seperti di apotek maupun toko obat lainnya. Berkumurlah sebanyak 1,5 sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

3. Manfaatkan kantong teh celup peppermint

Kantong teh celup peppermint dapat digunakan untuk mematikan rasa sakit dan menenangkan gigi sensitif. Caranya, biarkan kantong teh bekas dingin dahulu sebelum mengaplikasikannya pada area yang sakit. Ketika sudah dingin, taruh pada gigi yang sakit selama 20 menit.

4. Kompres dingin dengan es batu

Kompres pada gigi yang sedang sakit, tahan di samping pipi dengan posisi yang sama selama minimal 20 menit. Lakukan setiap 4 jam sekali untuk membantu mengurangi rasa nyeri.

5. Gunakan minyak cengkeh

Ini mungkin menjadi cara baru yang tidak banyak diketahui oleh orang kebanyakan. Minyak cengkeh ternyata mengandung zat antiseptik, antiradang, dan antinyeri. Ini cocok untuk sakit gigi. Caranya, teteskan pada kapas steril bulat kecil, kemudian tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Untuk minyak cengkeh, bisa dibeli di apotek atau toko obat.

Nah, itulah lima cara mengurangi sakit gigi yang bisa Anda lakukan. Jika sakit gigi Anda berlanjut setelah menjalani tips di atas, segera ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat. Jangan lupa juga untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut Anda dengan mengunjungi dokter gigi secara rutin, yakni 6 bulan sekali.

[RS/ RVS]

kesehatan gigi dan mulutGigisakitHari Kesehatan Gigi dan MulutPenyakit Gigi dan MulutSakit Gigi

Konsultasi Dokter Terkait