Sukses

Pentingnya Sterilisasi Botol Susu dan Alat Makan Anak

Botol susu dan alat makan yang digunakan sehari-hari oleh si Kecil, harus selalu melewati proses sterilisasi untuk menjaga kesehatannya.

Klikdokter.com, Jakarta Karena terburu-buru, terkadang Anda mengabaikan faktor sterilisasi. Waktu yang mendesak bisa saja membuat Anda tak sempat atau bahkan lupa untuk mensterilkan botol susu dan alat makan anak. Padahal, benda-benda tersebut bisa jadi sumber penyakit berbahaya bagi si Kecil.

Dijelaskan oleh dr. Fiona Amelia, MPH, salah satu penyebab terjadinya kontaminasi kuman ke anak adalah pencucian botol dan alat makan anak yang kurang bersih. Hal ini disampaikan pada acara “Steril Pintar untuk Mom Cerdas” yang diselenggarakan oleh Babyologist bekerjasama dengan KlikDokter.

Menurutnya, sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna membuat anak rentan terinfeksi, meskipun hanya terapar sedikit kuman.

“Pada anak, kadar sitokin sebagai pelindung tubuh dari kuman, keluar tidak secepat pada orang dewasa. Hal inilah yang menyebabkan kuman tidak bisa segera dilawan,” jelasnya. Jadi, cara untuk melindungi si Kecil adalah dengan melakukan sterilisasi seluruh peralatan makan dan minumnya sebelum digunakan.

Tips membersihkan peralatan makan anak

Salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak akibat dari penggunaan alat makan dan botol susu yang tidak steril adalah diare. Data dari badan kesehatan dunia WHO tahun 2017 menyatakan bahwa setiap tahunnya, sekitar 1,7 juta anak tewas akibat diare.

Penyakit ini pun telah menjadi penyebab kematian nomor dua pada anak balita. Jangan sampai anak Anda menjadi salah satunya. Lakukan upaya pembersihan botol susu dan alat makan si Kecil yang disarankan oleh dr. Fiona berikut ini:

  1. Cuci dengan sabun dan air mengalir segera setelah digunakan.
  2. Untuk botol susu, pastikan nipple bebas dari robekan. Jikalau robek, segera ganti dengan yang baru, sebab robekan tersebut dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri.
  3. Gunakan sikat untuk membersihkan bagian dalam botol susu dan lubang nipple pada botol susu.
  4. Bilas semua sampai bersih.
  5. Keringkan dengan handuk bersih.

Selain dengan membersihkan berbagai peralatan makan dan minum, langkah yang harus Anda lakukan adalah melakukan sterilisasi, baik dengan cara dikukus atau direbus, maupun menggunakan sinar ultraviolet (UV).

Sterilisasi dengan sinar UV

Mensterilkan peralatan makan dan minum dengan sinar UV dapat mematikan kuman dengan cara merusak DNA kuman tersebut. Dengan demikian, kuman tidak dapat berkembang biak maupun memproduksi protein penting yang seharusnya digunakan tubuhnya untuk bertahan hidup.

Kini telah banyak dijual berbagai produk sterilisasi alat makan dan minum anak yang menggunakan teknologi sinar UV. Tak heran, sebab sterilisasi dengan menggunakan teknologi ini memiliki beberapa keuntungan:

  • Meski harganya jauh lebih mahal dibanding menggunakan teknik kukus, alat sterilisasi yang menggunakan UV tidak mengandung residu kimia.
  • Cukup aman digunakan selama wadah atau alat tertutup dan radiasi tidak menyebar ke luar. Meski demikian, karena pancaran radiasi tidak terlalu dalam, peralatan harus terpapat sinar dalam jarak dekat agar kuman dapat terpapar secara langsung.
  • Tidak menggunakan panas, sehingga lebih cocok untuk materi berbahan plastik dan karet.

Melakukan sterilisasi terhadap alat makan anak termasuk botol susu yang biasa digunakan sehari-hari mungkin terlihat merepotkan. Tapi ingat, kesehatan anak adalah yang utama. Jangan sampai rasa malas Anda akhirnya menyebabkan si Kecil terkena penyakit berbahaya, sehingga tumbuh kembangnya terhambat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar