Sukses

5 Tips Mudah Atasi Kulit Kering

Kulit yang kering memang mengganggu dan membuat penampilan berantakan karena riasan jadi pecah-pecah. Atasi dengan tips ini!

Klikdokter.com, Jakarta Kulit kering bikin Anda merasa tak nyaman bahkan mengganggu? Ya, hal ini memang benar adanya. Kulit kering, atau kerap disebut asteatosis, membuat kulit terasa kasar bahkan bersisik. Angka kejadian kulit kering ini akan meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Menurut penjelasan dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, beberapa area yang paling sering terlihat kering adalah kulit bagian tulang kering, bawah panggul, dan garis aksila bagian belakang. Pada kasus yang lebih parah, kulit kering juga akan terlihat pada bagian wajah.

“Ada faktor internal dari dalam tubuh yang dapat memicu kulit kering, misalnya pada kondisi malnutrisi, penurunan fungsi ginjal, dan kelainan bawaan kulit,” kata dr. Melyarna.

Lebih lanjut, dr. Melyarna turut menjelaskan bahwa kebiasaan atau paparan dari luar juga dapat memperparah kulit kering. Kondisi ini dapat diperburuk dengan suhu udara yang dingin, iklim yang kering, dan kebiasaan mandi atau berendam dalam waktu yang lama.

1 dari 3 halaman

Mengatasi kulit kering

Seperti diuraikan di atas, ada banyak penyebab kulit kering. Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada beragam cara untuk mengatasi kondisi kulit kering. Seperti dilansir Medical News Today, kondisi kulit kering dapat diatasi dengan menggunakan bahan ini:

1. Minyak biji bunga matahari (sunflower seed oil)

Studi tahun 2013 menemukan bahwa minyak biji bunga matahari dapat dijadikan sebagai pelembap karena fungsinya yang meningkatkan hidrasi kulit. Sedangkan pada studi yang sama disebutkan bahwa minyak zaitun dapat merusak pelindung kulit. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua minyak alami cocok digunakan sebagai pelembap kulit.

2. Minyak kelapa (coconut oil)

Minyak alami lainnya yang baik untuk merawat kulit kering adalah minyak kelapa. Studi tahun 2014 menemukan bahwa minyak kelapa aman dan efektif untuk merawat kulit kering. Ia berfungsi meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan jumlah lipid (lemak) di permukaan kulit.

Sebagaimana dijelaskan oleh penelitian lainnya, minyak kelapa turut mengandung asam lemak jenuh yang memiliki sifat emolien. Kondisi tersebut mampu menciptakan lemak atau minyak yang berfungsi sebagai pelembap dengan mengisi kekosongan pada kulit kering, sehingga membuatnya halus.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3.  Oatmeal

Oatmeal adalah bahan alami lain yang dapat membantu mengobati kulit kering. Studi yang dilakukan tahun 2015 menemukan bahwa ekstrak dari oatmeal memiliki sifat anti peradangan dan antioksidan. Jadi, menambahkan bahan makanan ini ke dalam bak mandi atau menggunakan krim yang mengandung oatmeal, dapat membantu meredakan kulit kering.

4. Minum susu

Susu juga bisa memberikan solusi untuk kulit kering. Studi tahun 2015 menunjukkan bahwa minum susu dapat memperbaiki kondisi kulit kering. Para ilmuwan menemukan bahwa lemak yang terkandung dalam susu, disebut fosfolipid, dapat meningkatkan perlindungan pada kulit tikus. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih tetap diperlukan.

5. Madu

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa madu bermanfaat bagi banyak jenis penyakit kulit, termasuk kulit kering. Tak heran jika banyak sekali pelembap dan sabun yang sengaja diberi kandungan madu agar fungsinya dapat terasa pada kulit.

Cara-cara di atas sangat mudah, praktis, dan tentunya murah. Jika ingin hasilnya maksimal, tentu Anda harus melakukan perawatan dengan rutin dan konsisten. Bahan alami lainnya, seperti petroleum jelly dan aloe vera, juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi kulit kering. Selamat mencoba!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar