Sukses

Ingin Jantung Sehat? Yuk, Lakukan Tai Chi ala Jack Ma!

Tertarik mendalami seni bela diri tai chi ala Jack Ma? Manfaatnya ternyata juga bisa berguna untuk membuat jantung sehat, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Sebelum penutupan Asian Games 2018, Minggu (2/9) kamera menangkap pengusaha pendiri e-commerce Alibaba, Jack Ma, melakukan tai chi. Ma melakukan olahraga kegemarannya itu bersama atlet renang asal China, Sun Yang. Seni bela diri tai chi dipercaya dapat membuat jantung sehat.

Olahraga yang satu ini menuntut seni olah pernapasan dan senam dengan gerakan yang tenang. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, salah satu alasan beberapa orang menyukai tai chi adalah karena karakteristik gerakan yang halus. Selain itu, seni bela diri ini juga memberikan manfaat yang beragam.

“Tujuan tai chi adalah untuk mengurangi nyeri, meningkatkan mobilitas, dan menguatkan otot tubuh. Anda bisa meluangkan waktu 20-40 menit setiap harinya untuk melakukan tai chi,” kata dr. Nadia.

Lewat segudang manfaat dari olahraga tai chi tersebut, Anda setidaknya bisa mendapat manfaat yang baik, terutama untuk kesehatan jantung.

Tai chi dan kesehatan jantung

Dilansir dari TIME, Elena Salmoriago-Blotcher, peneliti dari Brown University’s Warren Alpert School of Medicine & Public Health, melakukan penelitian terkait seni bela diri tai chi. Lewat penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, Elena dan rekan-rekannya menemukan bahwa tai chi mungkin menjadi cara yang berguna untuk memperkenalkan olahraga kepada orang-orang yang enggan melakukannya.

Studi tersebut melibatkan 29 pria dan wanita yang memiliki penyakit jantung untuk ditugaskan membentuk dua kelompok tai chi. Kelompok pertama berlatih tai chi dua kali seminggu selama 12 minggu dengan menghadiri sesi di rumah sakit.

Sementara itu, kelompok lain melakukannya tiga kali seminggu selama 24 minggu. Semua relawan juga diberi DVD untuk membantu mereka terus berlatih tai chi di rumah.

Setelah tiga bulan, Elena menemukan fakta bahwa orang-orang dalam kelompok kedua yang melakukan tai chi lebih sering menjadi lebih aktif secara fisik daripada mereka yang berada di dalam kelompok pertama. Bahkan setelah 6 bulan, perbedaannya lebih terasa.

Hal ini juga serupa dengan penelitian yang dilakukan pada responden yang melakukan lebih banyak aktivitas fisik lainnya seperti mengendarai sepeda, memanjat naik dan turun tangga di rumah mereka.

1 dari 2 halaman

Perlu diimbangi dengan olahraga

Dari hasil penelitian yang dilakukan  Elena tersebut menjelaskan bahwa tai chi ternyata mampu menggantikan program latihan biasa terkait dengan rehabilitasi jantung.

Meski demikian, bagi orang-orang yang menolak untuk berolahraga, hal ini masih dipertanyakan apakah mereka masih bisa merasakan efek positif tai chi. Karena hasil terbaik tentu saja bisa diperoleh jika tai chi juga disertai dengan olahraga.

Sayangnya, penelitian ini juga tidak memasukkan cukup banyak partisipan untuk melihat kesanggupan seseorang dalam mengubah tingkat kebugaran. Sehingga, butuh studi lanjutan untuk menelaah kepastian tentang manfaat langsung tai chi untuk tubuh.

Bagi Anda yang tidak melakukan rehabilitasi jantung, seni bela diri favorit Jack Ma ini bisa dijadikan salah satu dari bagian gaya hidup sehat. Menurut Elena, tai chi adalah pilihan latihan yang menarik dan menjanjikan.

“Saya pikir apa yang kami temukan adalah sesuatu yang masuk akal dan aman digunakan untuk menawarkan tai chi dalam rehabilitasi jantung. Jika seseorang mengatakan mereka takut berolahraga, bisa ditanyakan apakah mereka tertarik untuk melakukan tai chi,” kata Elena.

Seni bela diri tai chi ala Jack Ma, nyatanya berguna untuk kesehatan jantung. Bila ingin hasil yang maksimal, imbangi tai chi dengan olahraga teratur, makan makanan bergizi dan istirahat seukupnya agar jantung Anda tak terlalu diforsir. Bagaimana, Anda tertarik untuk mulai berlatih tai chi untuk jantung lebih sehat?

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar