Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Lebih dari Sekadar Hobi, Merajut Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Lebih dari Sekadar Hobi, Merajut Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Merajut identik dengan kegiatan orang yang sudah lanjut usia. Padahal, manfaat kesehatannya bisa dirasakan oleh semua orang di segala usia.

Merajut kerap diidentikkan dengan kegiatan yang dilakukan generasi tua untuk menghabiskan waktu senggang. Namun, beberapa waktu belakangan merajut pun sudah mulai digandrungi generasi muda karena dianggap sebagai hobi yang classy.

Rupanya, kegiatan merajut lebih dari sekadar hobi yang menenangkan. Manfaat merajut bagi kesehatan pun terbilang cukup banyak dan signifikan.

Apa sajakah manfaat merajut tersebut? Inilah beberapa di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian tahun 2007 yang dilakukan di Harvard Medical School menunjukkan bahwa proses merajut dapat memicu respons relaksasi dan menurunkan detak jantung yang cepat hingga 11 denyut per menit. Tekanan darah juga mengalami penurunan saat merajut.

Tangan dan jemari yang terus bergerak dalam sebuah pola tertentu dapat membantu terjadinya relaksasi, penurunan kadar kortisol dalam tubuh, sehingga denyut nadi, tekanan darah, dan ketegangan otot pun menurun.

2. Mengurangi Nyeri Kronis

Nyeri kronis biasanya dialami oleh mereka yang memiliki penyakit sendi dan tulang seperti radang sendi (artritis) maupun berjuang untuk pengobatan kanker. Jika dikombinasikan dengan pengobatan antinyeri yang tepat, merajut dapat menjadi salah satu metode yang efektif untuk mengelola nyeri tersebut.

Saat merajut, akan terjadi relaksasi dan sedikit interupsi di otak sehingga membuat nyeri sedikit berkurang.

Artikel Lainnya: 5 Hobi yang Bikin Mental Anda Lebih Sehat

3. Menjaga Fungsi Kognitif

Sebuah studi yang dilakukan Mayo Clinic menunjukkan bahwa aktivitas membuat prakarya seperti merajur berhubungan dengan penurunan kejadian gangguan kognitif seperti demensia.

Di pihak lain, sebuah studi kasus terhadap pasien Alzheimer berusia 70 tahun menunjukkan bahwa kegiatan merajut dapat menurunkan perasan apatis dan penurunan mood. Dengan terlibat dalam kegiatan merajut, Anda dapat memelihara kemampuan kognitif dan daya pikir Anda.

2 dari 4 halaman

4. Menjaga Kesehatan Mental

Kegiatan kreatif seperti merajut bermanfaat dalam meningkatkan kepercayaan diri, penerimaan diri, dan kesehatan mental secara umum.

Saat merajut, senyawa yang disebut serotonin akan dilepaskan dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan mood.

Artikel Lainnya: Hobi Berkebun? Ini 5 Manfaat Sehat yang Tidak Anda Sangka

5. Membantu Mengatasi Depresi

Saat merajut, seseorang akan menghasilkan suatu produk rajutan. Hal ini akan membantu penderita depresi yang merasa tak ada harapan dan tak mampu melakukan atau menghasilkan sesuatu.

Mereka akan merasa lebih percaya diri, menerima kondisi diri, dan kualitas hidup akan cenderung meningkat.

6. Menangani Ketergantungan

Sebuah penelitian di Journal of Groups in Addiction and Recovery menunjukkan bahwa dengan kegiatan merajut di pusat rehabilitasi dapat meningkatkan keberhasilan seseorang bebas dari adiksi atau ketergantungan terhadap zat tertentu.

3 dari 4 halaman

7. Membantu Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah kondisi yang sangat menyiksa karena membuat seseorang sulit untuk tidur atau mempertahankan tidurnya sepanjang malam. Dengan merajut, seseorang akan mudah untuk rileks dan memperbaiki kualitas tidur.

8. Membantu Proses Berduka

Bagi mereka yang sedang mengalami kedukaan, seperti kematian orang terdekat, kegiatan merajut dapat membantu untuk melalui proses berduka tersebut. Merajut merupakan suatu kegiatan yang dilakukan perlahan-lahan sehingga energi yang dikeluarkan relatif sedikit tetapi dapat menghasilkan sesuatu.

Itulah sebabnya, merajut dapat menjadi pilihan kegiatan ringan bagi mereka yang masih dalam proses berduka.

Ada banyak keuntungan yang diperoleh saat Anda merajut. Manfaat merajut sendiri tak hanya soal kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Bagi Anda yang sebelumnya memiliki hobi merajut, tetapi sudah lama meninggalkannya, mungkin ini saatnya untuk membongkar jarum rajut atau crochet hook Anda kembali dan mulai lagi merajut.

Jika Anda belum pernah merajut, Anda dapat mempelajarinya perlahan untuk mendapatkan manfaat merajut bagi kesehatan fisik dan mental. Selamat mencoba, ya!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar